Top 10 Tips Hemat BBM

Berikut ini adalah sepuluh tips hemat BBM yang dapat membantu Anda meningkatkan nilai ekonomi BBM mobil Anda dan menghindari sengatan dari kenaikan harga BBM yang tinggi.

1. Mengurangi Kecepatan
Salah satu cara terbaik untuk menghemat BBM adalah dengan mengurangi kecepatan Anda. Dengan meningkatnya kecepatan, nilai ekonomi BBM menurun secara eksponensial. Cobalah mengemudi dengan kecepatan yang lebih lambat untuk beberapa hari. Anda akan menghemat banyak BBM.

2. Periksa tekanan ban mobil Anda
Ban di bawah tekanan normal adalah salah satu penyebab turunnya efisiensi kendaraan yang paling sering diabaikan. Ban di bawah tekanan normal meningkatkan gesekan saat bergulir, yang berarti Anda perlu membakar lebih banyak BBM untuk membuat mobil Anda bergerak. Beli pengukur tekanan ban yang handal dan periksa ban Anda setidaknya sebulan sekali. Pastikan untuk memeriksa mereka ketika mereka dingin, karena mengemudi mobil akan menghangatkan ban dan udara di dalamnya, yang meningkatkan tekanan dan memberikan kesalahan pembacaan yang tinggi. Gunakan tekanan ban yang ditunjukkan dalam buku manual kendaraan Anda.

3. Periksa saringan udara mobil Anda
Saringan udara yang kotor membatasi aliran udara ke dalam mesin, yang merugikan kinerja dan nilai ekonomi. Saringan udara mudah untuk diperiksa dan diganti. Lepaskan saringan dan arahkan ke matahari. Jika Anda tidak dapat melihat cahaya yang melaluinya, Anda perlu mengganti dengan yang baru. Pertimbangkan untuk menggunakan saringan "permanen" yang dapat dibersihkan ketimbang untuk diganti.

4. Mempercepat kendaraan dengan perlahan
“Ngegas pol” jelas boros BBM - tapi ini tidak berarti Anda harus merangkak setiap lampu menyala hijau di perempatan. Jika Anda menggunakan kendaraan otomatis, gas secara moderat sehingga transmisi dapat bergeser ke gigi yang lebih tinggi.
Perhatikan kecepatan jika ada tanda-tanda Anda mungkin harus berhenti tiba-tiba. Jika Anda mempercepat kendaraan dan kemudian menurunkan laju dengan tiba-tiba, banyak BBM yang akan terbuang.

5. Contohlah truk
Pernah melihat bagaimana, dalam kemacetan lalu lintas, mobil tampaknya terus mempercepat dan memperlambat laju, sementara truk cenderung bergerak konstan dengan laju santai? Kecepatan konstan meningkatkan nilai ekonomi BBM, karena dibutuhkan BBM yang lebih banyak untuk membuat kendaraan bergerak daripada yang digunakan untuk tetap bergerak dengan kecepatan konstan.

6. Kembali ke alam
Pertimbangkan untuk mematikan AC, membuka jendela dan menikmati angin. Mungkin akan terasa lebih hangat, tapi pada kecepatan yang lebih rendah Anda akan menghemat BBM. Namun, pada kecepatan tinggi AC mungkin lebih efisien daripada hambatan angin yang ditimbulkan jendela yang terbuka dan sunroof.

7. Kembali ke mode standar
Roda dan ban baru mungkin terlihat keren, dan mereka pasti dapat meningkatkan handling. Tetapi jika mereka lebih lebar dari ban standar, kemungkinan mereka akan menciptakan lebih banyak gesekan saat bergulir dan mengurangi nilai ekonomi BBM. Jika Anda meng-upgrade roda dan ban Anda, simpan yang lama. Untuk perjalanan panjang, roda standar dapat berfungsi lebih mulus dan memiliki nilai ekonomi BBM yang lebih baik.

8. Bersihkan mobil Anda
Bersihkan mobil secara berkala, dan perhatikan apa-apa yang dapat dipindahkan keluar atau dibawa ke rumah. Karena, semakin berat mobil Anda, semakin banyak BBM yang mesti dibakar.

9. Memperkecil ukuran atau menggunakan mobil hibrida
Jika Anda ingin membeli mobil baru, saatnya untuk mengevaluasi kembali berapa banyak mobil yang Anda benar-benar butuhkan. Mobil kecil secara inheren lebih hemat BBM, dan mobil kecil saat ini lebih aman dan lebih lapang dari sebelumnya. Dan jika Anda belum pernah mencoba hibrida, mungkin sudah waktunya Anda mencobanya.

10. Jangan mengemudi
Mungkin tidak terdengar populer, tetapi kenyataannya adalah bahwa jika Anda dapat menghindari mengemudi, Anda akan menghemat BBM. Naik kereta api, bus way, dan konsolidasikan beberapa perjalanan belanja Anda. Berjalan atau bersepeda baik untuk dompet dan kesehatan Anda. Dan sebelum Anda masuk ke dalam mobil Anda, selalu tanyakan pada diri sendiri: "Apakah perjalanan ini benar-benar perlu?"



IndoEnergi Home