Top 10 Tips Hemat Energi Sekarang Juga

Menghemat energi tidak selalu membutuhkan perencanaan yang lama. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan sekarang juga untuk mulai menghemat dan mengurangi biaya energi.

1. Mengatur Termostat Anda
Anda dapat menginstal termostat yang telah diprogram dan kompatibel dengan sistem pemanas dan/atau sistem pendingin Anda. Pastikan untuk mengaturnya sehingga suhu menjadi nyaman baik di saat dingin maupun di saat panas.

2. Turunkan Suhu Pemanas Air Anda
Atur termostat pada pemanas air panas ke 120 derajat F.

3. Mesin Cuci Pakaian atau Piring
Ikuti pedoman pencucian pada kapasitas penuh. Jangan gunakan mesin cuci pakaian atau mesin cuci piring kecuali dalam kondisi penuh.

4. Menggunakan Saklar Kontak
Colok alat elektronik Anda ke sambungan listrik. Ketika mematikan alat elektronik ini, matikan saklar kontak untuk mencegah mode standby, menghindari penggunaan listrik yang tidak perlu.

5. Matikan Komputer dan Monitor
Matikan komputer dan monitor ketika mereka tidak sedang digunakan. Gunakan pula opsi power saving pada perangkat komputer Anda.

6. Pengering Piring 
Sebaiknya menggunakan mode pengering udara dibandingkan dengan pengeringan panas.

7. Mencuci dengan Air Dingin
Cuci pakaian dengan air dingin. Ini tidak hanya mengurangi penggunaan air panas, tetapi lebih baik untuk pakaian Anda pula.

8. Gunakan Lampu Hemat Energi
Gunakan lampu hemat energi untuk menerangi rumah Anda. Tidak hanya menggunakan lebih sedikit energi, lampu ini dapat bertahan lebih lama dibandingkan lampu tradisional.

9. Gunakan Shower
Gunakan shower, bukan gayung. Jumlah air yang digunakan dan dipanaskan untuk mandi akan berkurang secara signifikan.

10. Membeli Produk dengan Label Energy Star
Belilah produk yang memiliki label Energy Star (untuk produk-produk Amerika Serikat). Semua produk Energy Star memenuhi pedoman yang ketat yang ditetapkan oleh Departemen Energi Amerika Serikat.


IndoEnergi Home