10 Cara Berkemah Ramah Lingkungan

Berada di alam dapat menjadi waktu yang tepat bagi kita untuk memfokuskan diri dalam mengambil keputusan yang benar untuk bumi kita. Berikut adalah daftar sepuluh cara agar Anda dapat meminimalkan dampak terhadap lingkungan sembari berkemah dengan aman dan menyenangkan.

1. Mencuci Dengan Sabun Ramah Lingkungan
Bahan kimia yang dikandung sebagian besar sabun dapat menimbulkan berbagai efek negatif pada lingkungan. Misalnya, fosfat, bahan yang umum ditemukan dalam deterjen, mengganggu keseimbangan nutrisi di air dan dapat menyebabkan pertumbuhan ganggang yang merajalela. Jadi, jika Anda akan menggunakan sabun, termasuk sampo, atau sabun cuci piring, cobalah untuk memilih yang biodegradable, yang tidak merusak lingkungan. Carilah pembersih dan sabun cuci piring berbasis jeruk.

2. Jauhkan Limbah dari Badan Air
Bahkan jika Anda menggunakan sabun biodegradable dan ramah lingkungan, Anda tidak boleh membuang sabun atau limbah lainnya langsung ke badan air. Sebaliknya, kumpulkan air hujan sehingga Anda dapat mandi dan mencuci piring setidaknya 30 meter dari danau atau sungai.

3. Tidak Menggunakan Baterai
Daripada mengandalkan baterai sekali pakai yang beracun, gunakan senter “shake” atau senter surya. Jika Anda memang membutuhkan baterai, pastikan mereka dapat diisi ulang.

4. Gunakan Botol Air Bebas BPA
Tetap terhidrasi dengan baik adalah bagian penting kehidupan dalam suasana apapun, jadi pastikan untuk membawa cukup air dalam botol air bebas BPA yang terbuat dari plastik bebas BPA atau stainless steel. BPA adalah adiktif yang terkandung dalam beberapa jenis plastik, meniru hormon manusia dan dapat larut ke dalam makanan dan air.

5. Bawa Persediaan yang Dapat Digunakan Kembali
Biasanya Anda akan tergoda untuk membawa barang sekali pakai. Anda akan sangat membantu lingkungan dengan menggunakan kemasan, piring, sendok garpu, dan cangkir yang dapat digunakan kembali.
Tidak perlu membeli banyak peralatan baru jika Anda bukan tipe yang sering berkemah. Sebaliknya, cobalah untuk meminjam dari teman atau cari produk second online untuk tenda, kantong tidur, dan kompor lapangan.

6. Kemasi Sampah
Jangan pernah meninggalkan sampah di tempat perkemahan. Sebaliknya, bawa selalu kantong sampah untuk mengumpulkan sampah Anda dan pastikan membuangnya ke tempat/kotak sampah daur ulang.

7. Kurangi Kemasan yang Akan Dibuang
Kurangi limbah kemasan (dan kantong plastik) dengan membeli makanan dalam jumlah besar dan mengemasnya dalam wadah yang dapat digunakan kembali. Anda bisa menggunakan stainless steel atau bioplastik.

8. Beli Produk “Hijau”
Carilah perlengkapan berkemah seperti tenda, ransel, dan sepatu hiking yang terbuat dari bahan daur ulang. Banyak pilihan backpack dan termos air yang terbuat dari 100% plastik daur ulang, dan sangat mudah untuk menemukan kantong tidur yang terbuat dari serat daur ulang.

9. Buat Api Unggun Anda dengan Aman
Selalu ikuti pedoman untuk menyalakan api unggun yang benar. Hidupkan mereka dalam lubang yang jauh dari tenda dan vegetasi sekitarnya. Jangan membawa kayu bakar dari luar – yang dapat membawa serangga, biji, atau mikroorganisme yang bisa membahayakan spesies asli.

10. Lindungi Kondisi Tanah
Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan ketika berkemah adalah melindungi tanah di sekitar Anda. Anda dapat mencegah erosi dan kerusakan kehidupan tanaman dengan berkemah pada tempatnya dan tidak pernah membawa pulang batu, bunga, atau souvenir alam lainnya.


IndoEnergi Home