10 Cara Liburan Ramah Lingkungan

Musim liburan memang menyenangkan. Mungkin Anda ingin membawa anak-anak ke pantai atau berkunjung ke rumah teman/saudara. Apapun rencana Anda, Anda bisa mendapatkan liburan yang aman, bahagia, dan ramah lingkungan. Ingat, saat liburan pun Anda bisa berkontribusi positif pada lingkungan!

1. Cabut kontak listrik ketika Anda meninggalkan rumah
Sebagian besar peralatan di rumah Anda akan terus menyerap listrik saat Anda pergi berlibur, bahkan saat mereka telah dimatikan. Untuk mengurangi energi yang terbuang saat Anda pergi, cabut kontak peralatan seperti TV, printer, oven microwave, dan komputer.

2. Setel peralatan elekronik 
Jika peralatan elektronik Anda tidak bisa dimatikan, Anda harus menyetelnya. Setel lemari pendingin dan freezer Anda pada setting terendah, juga pemanas air Anda, dan jika Anda perlu untuk meninggalkan pendingin udara dalam keadaan hidup, pastikan untuk mengaturnya di atas 27° C.

3. Kunjungi lokasi wisata di dekat rumah
Jangan tergoda untuk mengunjungi tempat-tempat yang eksotis, tapi jauhnya bermil-mil, dan ditempuh dengan pesawat atau mobil yang menggunakan banyak bahan bakar dan menimbulkan emisi gas rumah kaca. Jadi, mengapa tidak membantu lingkungan dengan mencari tempat liburan di dekat rumah? Ini merupakan kesempatan sempurna untuk menghemat uang dan menjelajahi taman, restoran, dan museum lokal.

4. Travel cerdas
Jika Anda menjelajah ke tempat yang jauh dari rumah, gunakan transportasi yang akan meminimalkan jejak karbon Anda (karena jumlah emisi gas rumah kaca menjadi tanggung jawab Anda). Pilihan seperti bus dan kereta api membutuhkan bahan bakar lebih sedikit per orang. Bahkan, menggunakan kereta api dibandingkan pesawat dapat mengurangi emisi hingga 75%.

5. Beli offset karbon
Tidak peduli ke mana Anda melakukan perjalanan, Anda masih akan meningkatkan jejak karbon. Untuk membantu membuat liburan ramah lingkungan, carilah tempat untuk “membayar” jejak karbon Anda, temui pihak-pihak yang memungkinkan Anda untuk menyumbang organisasi yang menggunakan uang Anda untuk proyek-proyek lingkungan seperti penanaman pohon atau mengembangkan sumber energi alternatif.

6. Memilih hotel hijau
Carilah hotel yang memiliki kebijakan ramah lingkungan yang mencakup pembelian produk hijau, konservasi air dan energi, dan memiliki program pengembangan masyarakat lokal. Anda dapat membantu hotel-hotel ini dengan menjaga termostat ruang diatur di atas 24 ° C dan tidak menggunakan handuk harian yang disediakan (di rumah, Anda tidak mencuci handuk setiap hari bukan?).

7. Berlibur di Luar Ruangan
Susun waktu berlibur Anda untuk mengeksplorasi alam. Apakah dengan piknik ke taman, mengambil tur ke sebuah cagar alam, atau hanya melompat ke danau atau sungai untuk berenang, tidak ada cara yang lebih baik untuk merasakan kedekatan dengan lingkungan kecuali dengan menikmatinya.

8. Ambil gambar, tinggalkan jejak kaki
Bila Anda sedang berlibur di alam, Anda harus meninggalkannya dalam keadaan jauh lebih baik dibandingkan saat Anda memasukinya. Kumpulkan sampah Anda dan juga sampah yang mungkin ditinggalkan orang lain. Jangan pernah membawa pulang bunga, batu, atau benda alam lainnya dari mana mereka berasal.

9. Gunakan bahan bebas kimia
Perlengkapan liburan seperti penyemprot nyamuk dan tabir surya bisa jadi penuh bahan kimia beracun, sehingga Anda harus mencari alternatif yang aman, ramah bagi keluarga. Gunakan semprotan nyamuk bebas racun atau buat sendiri dari minyak alami, dan selalu gunakan pakaian pelindung ketika Anda keluar di bawah sinar matahari.

10. Berbelanja di toko lokal
Memilih hotel, restoran, dan toko-toko lokal saat berwisata dapat membantu mendukung komunitas yang Anda kunjungi. Dan tentu saja Anda meminimalkan jejak karbon alat transportasi Anda dan ini baik untuk lingkungan.



IndoEnergi Home