10 Cara Mudah Menghemat Air di Halaman Rumah Anda

Selang tetes
Jumlah penggunaan air di luar ruangan bisa mencapai 30% dari semua penggunaan air di rumah. Itu sebabnya meluangkan waktu untuk mengurangi penggunaan air di luar ruangan merupakan bagian penting dari gaya hidup hijau di rumah Anda, dan berikut ini sepuluh cara mudah untuk mengurangi penggunaan air di halaman rumah Anda.

1. Miliki gentong penampung air hujan
Cara terbaik untuk menyiram halaman atau taman Anda secara efisien adalah dengan menggunakan sistem sprinkler alami, dengan memasang gentong hujan. Gentong dapat diletakkan di bawah pancuran atap atau sistem drainase lain untuk menangkap dan menyimpan air agar dapat digunakan nantinya. Gentong hujan dapat menyimpan hingga 50 galon air dan memiliki keran yang mempermudah untuk menghubungkan ke selang. Carilah sistem penyaring air hujan yang akan Anda pasang di gentong sekaligus menyalurkan air ke selokan untuk mencegah limpasan air yang terlalu penuh.

2. Cerdas saat mengairi halaman Anda
Apakah Anda menggunakan gentong hujan atau pipa air, Anda harus pintar-pintar dengan air Anda. Metode terbaik untuk menyiram taman, rumput, pohon, dan perdu adalah menggunakan “selang tetes” atau sistem irigasi tetes: jenis selang yang ditaruh di atau di bawah permukaan tanah dan perlahan-lahan meneteskan air ke tanah. Karena mereka memberikan air langsung di tempat ia dibutuhkan, selang tetes membutuhkan lebih sedikit air dibandingkan sistem sprinkler, yang dapat menggunakan hingga 500 galon air dalam dua jam (lebih dari kebutuhan keluarga dengan empat orang dalam sehari!).

3. Menyiram dengan bijak
Jika penyiraman adalah satu-satunya pilihan, pastikan Anda menggunakannya seefisien mungkin. Hindari pemborosan air pada permukaan non-penyerap seperti trotoar atau jalan, dan hanya hidupkan mereka ketika matahari rendah untuk meminimalkan kerugian akibat penguapan. Anda juga dapat menginstal sensor yang akan mencegah sistem penyiraman bekerja saat hujan.

4. Tahu kapan halaman Anda membutuhkan air
Gunakan obeng atau sekop kecil untuk menguji kondisi tanah di halaman Anda: jika ada 3 - 5 inci tanah yang basah, Anda dapat menunda penyiraman. Kebanyakan rumput hanya akan membutuhkan air seminggu sekali di musim panas dan bahkan kurang di musim hujan.

5. Tanam tanaman asli, tanaman tahan kekeringan
Tanaman telah berevolusi selama jutaan tahun untuk cocok dengan sempurna ke lingkungan mereka, jadi jika Anda tinggal di iklim kering, tanaman asli adalah salah satu senjata terbaik untuk mengurangi pemborosan air. Tanaman tahan kering seperti kaktus dan rosemary dapat mengurangi jumlah kebutuhan air di halaman Anda, jadi tanyakan pada penjual bibit setempat untuk menemukan tanaman yang terbaik untuk wilayah Anda.

6. Atur lokasi tanaman sesuai dengan kebutuhan airnya
Anda dapat dengan mudah mengairi tanaman di halaman Anda sesuai dengan kebutuhkan jika Anda membuat lanskap dengan cerdas. Tempatkan tanaman yang haus air bersama-sama di daerah yang lebih rendah untuk membuat penyiraman lebih mudah dan efisien, dan kelompok tanaman tahan panas di tempat yang kering seperti daerah miring atau berangin.

7. Meng-aerasi halaman Anda
Meng-aerasi rumput Anda akan membantu menyerap air dengan cepat dan mengurangi limpasan air, terutama jika halaman Anda sering dilalui atau memiliki tanah yang mudah padat seperti tanah liat.

8. Singkirkan rumput
Jika Anda tinggal di daerah rawan kekeringan, Anda mesti menyingkirkan rumput yang haus akan air. Anda dapat mengganti rumput dengan kerikil, paving batu, atau lempeng marmer yang akan membuat halaman Anda terlihat rapi tanpa air yang terbuang.

9. Menggunakan mulsa di taman Anda
Mulsa adalah cara yang baik untuk menjaga air tanah karena mereka menyimpan kelembaban di bawah tanah, di tempat yang paling dibutuhkan. Sebarkan serpihan kayu, jerami, kompos, atau daun di kebun atau sekitar pangkal pohon dan perdu untuk membantu tanah tetap lembab. Sebagai bonus tambahan, mulsa akan membantu mencegah erosi dan juga akan memberikan nutrisi ekstra ketika mulai membusuk. Membiarkan rumput Anda tumbuh panjang (sekitar 3 inci) akan membantu halaman Anda menahan air.

10. Pemeliharaan kolam renang 
Periksa kebocoran di sekitar pompa, filter, dan pipa; dan tutupi kolam renang untuk mencegah kehilangan air akibat penguapan.



IndoEnergi Home