7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Pemanas Air Tenaga Surya

  1. Sistem pemanas air tenaga surya biasanya digunakan untuk menggantikan sistem berbahan bakar listrik atau gas alam.
  2. Teknologi pemanas air tenaga surya yang masih kuno sudah diperkenalkan oleh Leonardo da Vinci. Pada tahun 1909 seorang penemu Amerika mematenkan “nenek moyang”-nya pemanas air, dengan tangki penyimpanan terpisah. Sayangnya, penemuan bahan bakar alam yang "berlimpah" dan "murah" merusak pengembangan pemanas air tenaga surya. Pada milenium baru dimana munculnya kesadaran mengenai terbatasnya sumber energi fosil, terjadi booming pada pemakaian pemanas air tenaga surya. Kali ini dengan teknologi bersertifikat dan installer yang berkualitas.
  3. Menggunakan pemanas air tenaga surya membutuhkan biaya sepertiga dari pemanas air listrik.
  4. Bayangan tidak menjadi ada masalah. Atribut lain yang menakjubkan dari sistem pemanas air tenaga surya adalah sistem ini menghasilkan panas, bukannya arus listrik, kolektor pemanas air matahari tidak peka terhadap naungan atau cuaca berawan.
  5. Rata-rata tangki pemanas air di sebuah rumah berkapasitas 50 galon, sedangkan rata-rata tangki penyimpanan air panas tenaga surya berkapasitas 80 galon. Ini berarti lebih banyak air panas untuk mandi dan mencuci.
  6. Sistem  pemanas air tenaga surya memiliki efisiensi 70% -90%, dibandingkan dengan 16% -24% fotovoltaik untuk sistem listrik tenaga surya. Tidak dibutuhkan inverter pada sistem pemanas air tenaga surya, energi langsung digunakan untuk memanaskan air sehingga efisiensi sistem pemanas air tenaga surya menjadi lebih tinggi.
  7. Hanya dibutuhkan dua kolektor pemanas air tenaga surya untuk menyediakan 60% -75% pemanas air setiap tahunnya bagi rumah dengan anggota keluarga 4 orang.


IndoEnergi Home