7 Tips Liburan Ramah Lingkungan

Lampu LED untuk dekorasi
Kesibukan dan keceriaan saat liburan bisa membuat kita lupa akan gaya hidup hijau. Inilah sebabnya mengapa kita harus tetap mengingat tips-tips bermanfaat mengenai cara untuk tetap ramah lingkungan sembari tetap menikmati masa-masa liburan yang menyenangkan. Mari tetap mendukung gerakan ramah lingkungan, terlebih lagi saat liburan, saat bersama orang-orang yang paling Anda cintai.

1. Hemat Air - Katering pesta, tidak peduli seberapa besar atau kecil, dapat menggunakan hingga dua galon air terbuang per menit. Karenanya, penuhi wastafel Anda dengan air sabun hangat, buang sisa makanan dan bersihkan permukaan piring Anda, lalu kumpulkan. Di akhir malam Anda bisa menggunakan mesin cuci piring atau mencucinya hingga bersih.

2. Hemat Listrik - Penggunaan listrik meningkat cukup banyak selama liburan. Awasi pemakaian semua televisi, komputer, game, lampu dan lampu pesta selama liburan. Matikan lampu hiasan atau lampu natal sebelum tidur.

3. Berbelanja dengan Benar -Sediakan tas atau kantong reusable di mobil; saat berbelanja, hindari penggunaan kantong plastik yang melepaskan racun, dan mencemari TPA. Juga, minta tanda terima digital sedapat mungkin.

4. CO2 - Periksa generator, perapian dan knalpot mobil di-garasi. Semua ini dapat memancarkan emisi CO2 yang mematikan. Pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang tepat.

5. Lampu - Lampu hias yang efisien sangatlah penting. Gunakan LED di pohon natal, untuk lampu dekorasi atau pencahayaan rumah yang menghemat uang serta mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran.

6. Keamanan Lilin – Lilin banyak dipakai di hari Natal dan Tahun Baru. Kebakaran akibat lilin bisa menghancurkan liburan Anda, ditambah lagi, lilin yang murah dapat memancarkan racun. Gunakan lampu kecil bertenaga baterai (sebaiknya diisi ulang) untuk mengganti lilin. Mereka aman, handal dan juga sangat indah.

7. Produk daur ulang – Belilah kertas dan dekorasi daur ulang untuk menyemarakkan hari libur. Kemudian, setelah dipakai Anda bisa menyimpannya untuk liburan mendatang atau membuangnya ke tempat sampah daur ulang untuk mendaur-ulangnya kembali.

Selamat bersenang-senang.


IndoEnergi Home