Aspek Kualitas Pemanas Air Tenaga Surya

Untuk dipasang, sistem pemanas air tenaga surya memiliki persyaratan umum sebagai berikut :

  1. Kolektor diinstal minimal 6 inci di atas tanah. Kolektor ini juga harus mampu menahan kecepatan angin 150 km per jam.
  2. Semua kolektor harus menghadap ke arah matahari yang optimal, kemiring sudut harus tepat untuk memberikan performa terbaik.
  3. Tak boleh ada bayangan yang jatuh pada kolektor dari struktur/tanaman di dekatnya, atau dari kolektor lain di depan atau di barisan belakang.
  4. Di daerah dingin, jaringan pipa air panas harus sepenuhnya terisolasi mulai dari inlet tangki penyimpanan sampai ke pipa pemakaian. Di daerah lain, perawatan juga harus dilakukan untuk menghindari kerugian akibat kehilangan panas pada pipa.
  5. Sistem harus dipasang di titik terdekat dari penggunaan air panas untuk menghindari pipa terlalu panjang & kerugian akibat kehilangan panas yang tinggi.
  6. Bilamana kualitas air buruk, harus digunakan sistem yang berbasis pelat datar dengan penukar panas atau sistem evacuated-tube.
  7. Pengerjaan & estetika sistem harus terlihat baik oleh siapa pun.
  8. Pipa ventilasi udara dan tangki air dingin harus dipasang sesuai dengan yang diperlukan untuk kelancaran fungsi dari sistem air panas.
  9. Tidak boleh ada kebocoran pada tangki/kolektor/pipa.
  10. Sistem cadangan harus dipasang bila terdapat potensi cuaca yang tidak mendukung atau terjadi permintaan air panas yang lebih banyak (misal ada tamu yang datang).


IndoEnergi Home