Ayo Mulai Menggunalan Pemanas Air Tenaga Surya

Air panas surya cocok untuk hampir seluruh rumah tangga. Tentu saja, akses ke sinar matahari yang baik sangat diperlukan, tetapi kebanyakan rumah tangga di Indonesia memilikinya dengan baik. Langkah pertama adalah memastikan.apakah Anda memiliki atap yang Anda yakin mendapat sinar matahari langsung selama beberapa jam sehari, maka langkah selanjutnya adalah survei pergerakan matahari di lokasi Anda. Perusahaan instalasi tenaga surya profesional biasanya memiliki alat untuk menentukan penempatan sistem tenaga surya tersebut. Tapi jika kediaman Anda memiliki akses sinar matahari di atap mulai fajar hingga terbenam matahari, maka tidak ada masalah untuk Anda!

Jika Anda seperti orang-orang kebanyakan, yang sering membuang banyak air. Membuang air panas berarti Anda membuang-buang energi, sehingga tugas berikutnya adalah menghemat penggunaan Anda hingga minimum. Rendahkan tingkat aliran shower, juga keran air, gunakan mesin cuci (pakaian dan piring) secara lebih efisien, dan mengisolasi sistem pipa merupakan langkah awalnya. Perilaku ini juga penting, agar para remaja tidak berlama-lama di kamar mandi dan memboroskan air.

Jadi jika akses matahari di rumah Anda terlihat menjanjikan, dan Anda telah melakukan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi penggunaan air panas, langkah berikutnya adalah menemukan tenaga profesional dengan reputasi yang baik untuk menginstal sistem pemanas surya. Carilah installer dengan pengalaman yang signifikan, yang dapat memberikan referensi baik dari segi bisnis maupun pemakaiannya, dan tentu Anda harus berkonsultasi dengan mereka. Mereka harus bersedia untuk datang ke rumah Anda dan memetakan penggunaan air di rumah Anda, sehingga Anda dapat memperoleh sistem yang benar dan ukuran yang sesuai terhadap kebutuhan Anda.

Tapi, mungkin Anda tipe orang yang mampu menginstal sendiri, dengan keterampilan yang meliputi keterampilan mekanik, pipa, dan kelistrikan. Jika demikian, dan setelah mempelajari dengan serius, Anda mungkin dapat merancang dan menginstal sistem sendiri. Tentu saja, tersedia banyak pilihan komponen dan Anda membutuhkan waktu untuk memilihnya. Kemampuan adalah pertanyaan besar yang hanya Anda sendiri yang bisa menjawabnya.

Memilih ukuran sistem bisa menjadi hal yang cukup mudah. Secara umum, untuk rumah tangga hemat energi, Anda bisa membutuhkan sekitar 15 galon air panas per orang per hari. Dari sana, Anda dapat menentukan berapa banyak kaki persegi kolektor yang Anda perlukan. Jika Anda mendapatkan 5 jam matahari per hari, dan perlu 80 galon air panas, dua buah 4 x 8 kaki kolektor mungkin bisa Anda gunakan. Untuk ukuran tangki penyimpanan, gunakan dengan yang sama atau lebih besar dari penggunaan sehari-hari.

Tentu saja Anda hampir pasti memerlukan cadangan pada sistem dengan menggunakan pemanas air konvensional sehingga Anda akan memiliki cukup air panas bahkan pada periode panjang yang tidak mendapat sinar matahari, atau untuk saat-saat ketika ada tamu yang mengunjungi rumah Anda. Pilihannya adalah jenis pemanas dengan tangki atau tanpa tangki, dan keduanya tersedia untuk yang berbahan-bakar gas atau listrik.


IndoEnergi Home