Cara Kerja Pemanas Tenaga Surya

Kolam renang berpemanas surya
Panas matahari merupakan bentuk energi yang mengalami pertumbuhan penggunaan paling cepat. Pemanas bertenaga surya di rumah juga merupakan bentuk penggunaan energi matahari yang mengalami pertumbuhan. Karena harganya terus menjadi lebih kompetitif, pemanfaatan energi jenis ini adalah cara yang sangat penting untuk mencapai kemandirian energi.

Definisi
Sistem pemanas matahari adalah bagian dari teknologi panas matahari, panas yang dihasilkan oleh energi matahari langsung digunakan untuk memanaskan lingkungan sekitarnya. Hal ini berkebalikan dengan teknologi surya fotovoltaik, yang mengambil manfaat dari foton sinar matahari untuk menghasilkan daya listrik. Keuntungannya, teknologi ini cukup praktis untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan panas rumah tangga. Panas matahari paling sering digunakan untuk memanaskan kolam renang, tetapi juga dapat digunakan untuk memanaskan udara dalam rumah.

Kolektor
Aspek paling penting dari sistem pemanas surya adalah unit kolektor panas matahari, yang menyerupai panel fotovoltaik. Jenis kolektor yang paling umum adalah kolektor plat datar. Kolektor jenis ini ada yang menggunakan glasir atau tanpa glasir. Kolektor tanpa glasir pada dasarnya adalah sebuah kotak terisolasi, dengan pelat absorber hitam yang terbuat dari logam atau polimer. Pada sebuah kolektor berglasir, ditambahkan kaca atau penutup plastik di atasnya. Kolektor surya jenis lainnya adalah komponen yang terdiri dari tabung di-evakuasi (evacuated tube). Tujuannya adalah untuk menciptakan ruang vakum antara tabung kaca dan logam untuk menghilangkan kehilangan panas baik secara konduksi maupun konveksi.

Fungsi
Fungsi dari sistem pemanas matahari adalah untuk mentransfer panas dari kolektor surya ke dalam tangki air konvensional. Air dingin atau cairan di dalam pipa bersirkulasi melewati kolektor surya dan dipanaskan. Cairan dapat mengalir secara pasif melalui sistem, atau dapat dipompa secara aktif. Setelah kembali ke tangki, air panas dapat digunakan untuk kebutuhan manusia.

Tangki Penyimpan
Pemanas air tenaga surya sangat bergantung pada tangki penyimpanan yang terisolasi dengan baik, yang memiliki outlet dan inlet yang terhubung ke dan dari kolektor surya. Ada dua jenis umum: sistem dua tangki yang menggunakan pemanas surya untuk memanaskan air (pra pemanasan) sebelum memasuki pemanas air konvensional, dan satu tangki yang menggabungkan pemanas konvensional dan pemanas matahari dalam sebuah tangki bersama.

Sirkulasi
Sistem sirkulasi dapat bersifat langsung atau tidak langsung. Sistem sirkulasi langsung melewatkan air secara langsung melalui kolektor dan menuju ke rumah. Sistem ini bekerja dengan baik di iklim hangat. Dalam iklim dingin, di mana air dapat membeku, sistem sirkulasi tidak langsung lebih umum dipakai. Pada sistem tidak langsung cairan anti-beku dilewatkan melalui kolektor dan menjadi pentransfer panas, yang kemudian memanaskan air yang akan mengalir ke rumah.


IndoEnergi Home