Jenis-Jenis Pemanas Air Tenaga Surya

Sistem pemanas air tenaga surya mengumpulkan energi dari matahari dan menggunakannya untuk memanaskan air untuk kebutuhan rumah. Sistem ini memungkinkan Anda untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan membantu melindungi lingkungan dari polusi dan pemanasan global. Pertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi, anggaran, konsumsi air rumah tangga, iklim dan desain rumah ketika memilih pemanas air tenaga surya untuk menemukan sistem yang terbaik bagi rumah Anda.

Pemanas Air Tenaga Surya Pasif
Pemanas air surya pasif memiliki kotak kolektor surya dan tangki penyimpanan yang terletak berdekatan satu sama lain. Bagian atas kotak kolektor dilapisi dengan panel surya, yang menyerap energi panas dari sinar matahari. Air domestik masuk ke dalam kotak dan menyerap energi panas ini, kemudian bergerak ke bawah ke dalam tangki penyimpanan melalui serangkaian pipa. Sistem pasif tidak memerlukan pompa atau katup, dan bergantung pada gravitasi dan prinsip-prinsip termodinamika. Pemanas air tenaga surya pasif merupakan pilihan yang efektif dalam zona iklim hangat, dimana pemanas dapat digunakan untuk tiga musim dalam tahun. Selama musim dingin, Anda akan memerlukan pemanas air konvensional atau tankless untuk sebagai cadangan.
Selain sebagai jenis pemanas air tenaga surya yang paling terjangkau, sistem pasif juga merupakan yang paling efisien.

Pemanas Air Tenaga Surya Aktif
Pemanas air tenaga surya aktif bergantung pada serangkaian pompa listrik untuk mengalirkan air panas atau cairan pentransfer panas. Pompa memungkinkan desain sistem menjadi lebih fleksibel dan efisiensi dapat ditambahkan, tetapi ini berarti meningkatkan biaya bagi pemanas air tenaga surya sistem ini. Pompa dapat mentransfer air jarak jauh, sehingga kotak kolektor dan tangki penyimpanan dapat ditempatkan di sudut-sudut rumah.

Pemanas Air Tenaga Surya Langsung
Pemanas air tenaga surya langsung adalah jenis sistem aktif yang langsung mensirkulasikan air melalui kotak kolektor dan membawa kembali ke tangki penyimpanan dengan menggunakan pompa dan katup. Sistem ini tidak memerlukan cairan anti-beku atau cairan pentransfer panas karena air itu sendiri langsung dipanaskan menggunakan energi matahari. Pemanas air langsung tidak dapat digunakan di daerah yang suhunya turun hingga di bawah titik beku karena air bisa membeku di pipa atau kotak kolektor. Sistem pemanas tenaga surya langsung juga tidak boleh digunakan di daerah-daerah dengan pasokan air keras (kaya mineral) atau air asam. Mineral dan kontaminan dalam air dapat menyebabkan korosi pada pipa dan komponen lainnya, yang akan mempersingkat masa pakai sistem.

Pemanas Air Tenaga Surya Tak Langsung
Pemanas air tenaga surya tak langsung merupakan jenis sistem aktif yang menggunakan pompa untuk mentransfer cairan pemindah panas antara kotak kolektor dan tangki penyimpanan. Ketika cairan pemindah panas melewati kotak kolektor, ia menangkap panas dan kemudian membawa panas ke tangki. Cairan pemindah panas yang telah dipanaskan kemudian mengalir ke kumparan penukar panas tembaga (heat exchanger) dalam tangki untuk memanaskan air di sekitarnya. Setelah panas telah diserap oleh air, cairan ini menjadi dingin dan dialirkan kembali ke kotak kolektor untuk mengulangi siklus. Sistem tidak langsung adalah pilihan terbaik untuk zona iklim dingin karena ada sedikit risiko bahwa cairan pentransfer panas ini akan membeku dan merusak sistem.


IndoEnergi Home