Mengapa Harus Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya?

Memanaskan air menggunakan energi matahari bisa memberikan manfaat dalam berbagai cara. Secara umum, ada beberapa alasan untuk menggunakan energi matahari.

Energi Gratis
Menggunakan energi matahari dapat mengurangi ketergantungan Anda pada PLN atau pihak penjual bahan bakar fosil. Hal ini membantu mengurangi ketergantungan negara kita pada sumber energi asing. Energi matahari dapat diandalkan. Selama matahari masih bersinar, kita tetap bisa mendapatkan energi ini. Sebagian orang yang memiliki sistem pemanas air tenaga surya hanya menggunakan pemanas listrik PLN sebagai cadangan, dan kadang-kadang bahkan tidak memerlukannya. Memperoleh energi gratis bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Dampak Lingkungan
Kenyataan menunjukkan sebagian besar energi kita berasal dari pembakaran bahan bakar fosil. Hal ini menyebabkan berbagai macam masalah lingkungan, termasuk menyebabkan perubahan iklim, hujan asam, meratakan bukit untuk mendapatkan batubara, dan efek negatif pada kesehatan di sekitar pembangkit listrik. Penggunaan energi nuklir bisa menjadi pilihan, tetapi menghasilkan byproduct beracun yang merupakan masalah penting bagi banyak orang.

Tapi mengapa harus mengambil risiko lingkungan, bilamana kita dapat mengambil keuntungan dari matahari yang gratis? siap untuk digunakan demi kebutuhan energi kita. Dengan sedikit pengecualian, yaitu kita harus memproduksi peralatan yang dibutuhkan untuk menangkap panas matahari, tidak ada dampak lingkungan dari pemanfaatan energi matahari di rumah kita.

Manfaat Keuangan 
Bila Anda memilih untuk menggunakan tenaga surya untuk mengganti seluruh atau sebagian dari unit yang menggunakan listrik PLN atau gas, Anda bisa memperoleh manfaat keuangan pada tagihan listrik. Penghematannya cukup banyak, bahkan listrik tenaga surya tidak mendapatkan manfaat penghematan seperti halnya yang didapatkan pemanas air tenaga surya. Sangat mudah untuk melihat penghematan 50% sampai 100% pada tagihan energi Anda, membantu sistem untuk menutup investasi awal dalam 5 tahun, dan bahkan 3 tahun. Tergantung pada intensitas energi matahari dan berapa harga bahan bakar/listrik di lokasi Anda.


IndoEnergi Home