Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air tenaga surya menggunakan panas matahari secara gratis untuk menghangatkan air panas domestik (untuk kebutuhan rumah tangga). Sebuah boiler atau pemanas listrik/gas dapat ditambahkan sebagai cadangan untuk menghasilkan air panas ketika energi matahari tidak tersedia.

Manfaat Pemanas Air Tenaga Surya

  • Air panas tersedia sepanjang tahun: sistem bekerja sepanjang tahun, meskipun Anda mungkin perlu memanaskan air dengan sistem cadangan disaat sinar matahari tidak tersedia.
  • Memotong tagihan energi Anda: sinar matahari gratis, jadi setelah Anda membayar untuk instalasi awal, biaya untuk mendapatkan air panas Anda akan berkurang drastis.
  • Mengurangi jejak karbon Anda: air panas matahari didapat secara ramah lingkungan, sistem pemanas menggunakan energi terbarukan dan dapat mengurangi emisi karbon dioksida Anda.

Bagaimana sistem pemanas air tenaga surya bekerja?
Sistem pemanas air tenaga surya menggunakan panel surya, disebut kolektor, dipasang di atap rumah Anda. Alat ini mengumpulkan panas dari matahari dan menggunakannya untuk memanaskan air yang disimpan dalam tangki air panas.

Ada dua jenis panel pemanas air tenaga surya:

  • Evacuated-tube (seperti pada gambar di atas)
  • Kolektor pelat datar, yang bisa dipasang di genteng atau diintegrasikan ke atap.

Pemeliharaan
Biaya pemeliharaan untuk sistem pemanas air tenaga surya umumnya sangat rendah. Sistem pemanas air tenaga surya bisa memiliki garansi hingga lima atau sepuluh tahun dan memerlukan hanya sedikit pemeliharaan. Setelah dipasang, pihak installer harus meninggalkan rincian tertulis menganai ceklist pemeliharaan yang dapat Anda lakukan dari waktu ke waktu, memastikan semuanya bekerja dengan benar.

Mungkin hal yang paling penting yang dapat Anda cek sendiri adalah: apakah terjadi kebocoran? Jika ada kebocoran anti-beku (bahkan jika Anda tidak melihat cairan apapun), Anda akan mencium bau yang kuat. Jika Anda mengetahui hal ini, Anda harus menghubungi pihak installer. Secara umum Anda harus mengawasi apakah sistem berjalan sesuai dengan yang telah dirancang. Jika Anda tidak mendapatkan air panas padahal hari sedang cerah, sekali lagi Anda harus menghubungi pihak installer. Untuk ketenangan hati, beberapa perusahaan suplier/instalasi menawarkan layanan pemeriksaan tahunan.

Sistem Anda harus diperiksa lebih teliti oleh installer terakreditasi setiap 3-7 tahun, atau sebagaimana telah ditentukan oleh installer Anda. Sangat mungkin bahwa dalam periode tertentu anti-beku yang digunakan untuk melindungi sistem Anda perlu diganti karena rusak. Anti-beku akan bekerja dengan lebih baik jika sistem pemanas air tenaga surya digunakan sepanjang tahun dan tidak dibiarkan tidak terpakai selama berminggu-minggu di hari-hari yang panas.

Hal lain yang harus diperiksa adalah pompa. Dalam sistem yang terawat, pompa dapat bertahan hingga sepuluh tahun.

Penghematan
Sistem pemanas air tenaga surya akan cukup banyak menghemat tagihan energi Anda. Jumlah yang bisa dihemat bervariasi antar pengguna.

Penghematan karbon rata-rata sekitar 230kgCO2/tahun ketika mengganti pemanas gas dan 500kgCO2/tahun ketika mengganti pemanas listrik.

Apakah pemanas air tenaga surya tepat untuk rumah Anda?
Apakah Anda memiliki tempat yang cerah untuk menempatkan panel surya?
Anda akan membutuhkan sekitar lima meter persegi ruang di atap dan menerima sinar matahari langsung di siang hari.
Panel tidak harus dipasang di atap: mereka dapat menggunakan frame pada atap datar atau menggantung di dinding.

Apakah sistem air panas Anda saat ini kompatibel dengan pemanas air tenaga surya?
Sistem air panas konvensional biasanya kompatibel dengan pemanas air tenaga surya. Tetapi jika sistem Anda merupakan sistem kombinasi dan Anda tidak memiliki tangki air panas, sistem air panas tenaga surya mungkin tidak kompatibel.
Seorang installer terakreditasi yang kompeten dapat menilai rumah Anda dan membantu Anda memilih sistem yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda.


IndoEnergi Home