Pertanyaan Seputar Pemanas Air Tenaga Surya

Kolektor panel pelat datar
Bagaimana sistem pemanas air tenaga surya bekerja?
Kolektor surya (panel pelat datar atau panel evacuated-tube) dipasang di atap rumah Anda. Di dalam kolektor, cairan anti-beku yang tidak beracun dipanaskan oleh sinar matahari kemudian dipompa untuk melewati koil (pipa melingkar) di dalam tangki air panas, yang memanaskan air di dalam tangki. Air panas ini kemudian siap untuk Anda gunakan di rumah dan cairan anti-beku kemudian dipompa kembali ke kolektor, dimana ia sekali lagi dipanaskan oleh matahari. Cara ini disebut sistem aktif tidak langsung.

Apa perbedaan antara panel PV dan panel panas surya?
Panel PV adalah teknologi yang menggunakan energi matahari untuk menghasilkan listrik. Kolektor surya adalah teknologi yang menggunakan energi matahari untuk memanaskan air.

Berapa banyak panel panas surya yang saya butuhkan?
Untuk memberikan gambaran tentang berapa banyak panel panas surya yang mungkin Anda butuhkan, pihak industri menghitung bahwa rata-rata setiap orang menggunakan 50 liter air panas setiap hari. Oleh karena itu, jika rumah Anda ditempati oleh 4 orang berarti Anda akan membutuhkan 2 buah panel pemanas (panel berukuran rata-rata, yang mampu menyuplai 100 liter air panas) sehingga mampu mengisi tangki air panas berukuran 200 liter.

Dimana saya dapat meletakkan panel panas surya?
Untuk memaksimalkan kinerja sistem, penel panas surya Anda harus ditempatkan pada permukaan yang memperoleh banyak sinar matahari (biasanya di atap) dengan kemiringan 45 derajat ke arah matahari di lokasi yang tidak dibayangi.

Bagaimana bila saya memiliki sistem pemanas konvensional – masih bisakah menggunakan sistem pemanas surya?
Sistem pemanas air konvensional dapat dihubungkan ke sistem pemanas air surya, dengan penambahan tangki baru yang memungkinkan sebuah kumparan ekstra untuk memanaskan air Anda.

Apa perbedaan antara panel pelat datar dan evacuated-tube?
Ada dua jenis utama kolektor panas matahari: panel pelat datar dan evacuated-tube. Panel pelat datar adalah pelat logam tipis yang bertindak sebagai penyerap panas, diposisikan tepat di bawah selembar kaca. Pelat logam ini menyerap panas matahari dan panas kemudian ditransfer ke cairan yang dipompa melalui sistem. Sistem ini kuat, dan tahan lama.
Evacuated-tube adalah dua tabung kaca – yang dikondisikan dalam keadaan vakum kecuali strip logam tipis yang bertindak sebagai penyerap. Vakum ini menyebabkan lepasnya panas konduksi berkurang sehingga perpindahan panas dalam evacuated-tube sangat efisien. Sebaliknya, pelat datar cenderung kehilangan lebih banyak panas, terutama ketika dingin.
Sistem evacuated-tube terdiri dari deretan tabung dan bekerja dengan baik pada iklim dimana tidak selalu ada sinar matahari.
Meskipun evacuated-tube sedikit lebih efisien, mereka lebih rapuh dan mengganti tabung yang rusak bisa sangat mahal. Sedangkan sistem pelat datar sangat kuat - Anda benar-benar dapat berdiri di atasnya tanpa merusak mereka.

Bagaiman bila atap rumah saya sudah tua dan dalam kondisi cukup jelek - masih dapatkah saya menginstal sistem pemanas air tenaga surya di atasnya?
Meskipun sistem pemanas air tenaga surya tampaknya tidak cukup berat untuk menyebabkan masalah struktural, jika atap Anda dalam kondisi jelek maka direkomendasikan agar Anda melakukan survei struktural sebelum melanjutkan pemasangan sistem pemanas Anda. Jika atap Anda membutuhkan perbaikan atau penggantian sangat dianjurkan agar Anda menggabungkan pekerjaan ini dengan pemasangan sistem pemanas air tenaga surya karena hal ini akan membantu Anda mengurangi biaya.

Berapa lama harapan masa pakai dari sistem pemanas air tenaga surya?
Pemanas air tenaga surya bisa mendapatkan garansi 5 tahun dengan harapan masa pakai mencapai 25 tahun.

Pemeliharaan sistem pemanas tenaga surya yang bagaimana yang saya butuhkan?
Perawatan minimal diperlukan untuk menjaga sistem pemanas air tenaga surya tetap dalam operasi yang baik. Namun, sangat direkomendasikan agar sistem Anda diperiksa setidaknya setiap 1-2 tahun untuk memastikan agar sistem Anda mampu melakukan kinerja terbaik. Air/cairan anti-beku yang bersirkulasi dalam sistem perlu ditambah atau diganti dalam interval lima tahun.
Panel tidak perlu dibersihan karena pembersiannya akan dilakukan secara alami oleh hujan dan dibantu oleh sudut kemiringannya.



IndoEnergi Home