Petunjuk Penggunaan Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air energi matahari - juga disebut sistem pemanas air domestik tenaga surya - bisa menjadi cara yang efektif untuk menyediakan air panas di rumah Anda. Mereka dapat digunakan dalam iklim apapun, dan bahan bakar yang mereka gunakan adalah: sinar matahari – gratis!

Petunjuk Penggunaan Pemanas Air Tenaga Surya
Sistem pemanas air tenaga surya memiliki dua komponen dasar, yaitu tangki penyimpanan dan kolektor surya. Ada dua jenis sistem pemanas air tenaga surya: aktif, yang menggunakan pompa dan kontrol sirkulasi, dan pasif, yang tidak menggunakan pompa.

Sistem Pamanas Air Tenaga Surya Aktif
Ada dua jenis sistem pemanas air tenaga surya aktif:
  • Sistem sirkulasi langsung
Pompa mengalirkan air domestik melewati kolektor dan menuju ke rumah. Mereka bekerja dengan baik dalam iklim di mana jarang terjadi pembekuan.

  • Sistem sirkulasi tak langsung
Pompa mensirkulasikan cairan pentransfer panas (anti-beku) melewati kolektor dan penukar panas. Fluida ini kemudian memanaskan air yang kemudian mengalir ke dalam rumah. Sistem ini sangat populer di iklim yang rentan terhadap suhu beku.

Sistem Pemanas Air Tenaga Surya Pasif
Sistem pemanas air tenaga surya pasif biasanya lebih murah dibandingkan sistem aktif, tetapi mereka biasanya tidak efisien. Namun, sistem pasif bisa lebih handal dan dapat bertahan lebih lama. Ada dua tipe dasar sistem pasif:
  • Sistem pasif kolektor-tangki penyimpanan terpadu
Sistem ini bekerja sangat baik di daerah yang suhunya jarang jatuh di bawah titik beku. Mereka juga bekerja dengan baik di rumah dengan kebutuhan air panas yang signifikan baik siang dan malam hari.
  • Sistem thermosyphon
Air mengalir melalui sistem dengan cara air hangat bergerak naik dan air dingin bergerak turun. Kolektor harus dipasang di bawah tangki penyimpanan sehingga air hangat akan naik ke dalam tangki penyimpanan. Sistem ini dapat diandalkan, namun kontraktor harus berhati-hati dengan desain atap karena tangki penyimpanan berat. Mereka biasanya lebih mahal daripada sistem pasif kolektor-penyimpanan terpadu.

Tangki Penyimpanan dan Kolektor Tenaga Surya
Sebagian besar pemanas air tenaga surya memerlukan tangki penyimpanan terisolasi. Tangki penyimpanan surya memiliki outlet tambahan dan inlet yang terhubung ke dan dari kolektor. Dalam sistem dua tangki, pemanas air matahari melakukan pemanasan awal sebelum air memasuki pemanas air konvensional. Dalam sistem satu tangki, pemanas cadangan dikombinasikan dengan penyimpanan surya dalam satu tangki.
Tiga jenis kolektor surya yang digunakan untuk aplikasi perumahan:
  • Kolektor Pelat Datar
Kolektor pelat datar terisolasi dengan glasir, merupakan kotak weatherproofed yang berisi pelat absorber gelap di bawah satu atau lebih penutup kaca atau plastik (polimer). Kolektor pelat datar tanpa glasir - biasanya digunakan untuk pemanas kolam renang surya - memiliki pelat penyerap gelap, terbuat dari logam atau polimer, tanpa penutup atau kandang.
  • Sistem kolektor-penyimpanan terpadu
Juga dikenal sebagai sistem batch, mereka menggunakan satu/lebih tangki hitam atau tabung terisolasi, di dalam kotak glasir. Air dingin awalnya melewati kolektor surya, yang melakukan pemanasan awal. Air kemudian dialirkan ke pemanas air cadangan konvensional, menyediakan air panas sesuai yang diinginkan. Mereka harus dipasang hanya dalam iklim beku-ringan karena pipa luar bisa membeku dalam cuaca dingin yang parah.
  • Kolektor surya evacuated-tube
Sistem ini memiliki barisan tabung kaca transparan paralel. Setiap tabung berisi tabung kaca luar dan tabung penyerap logam yang terhubung pada siripnya. Lapisan sirip ini menyerap energi matahari, dan mencegah kehilangan panas radiasi. Kolektor ini lebih sering digunakan untuk aplikasi komersial.

Sistem pemanas air tenaga surya hampir pasti memerlukan sistem cadangan untuk hari berawan dan saat permintaan meningkat. Pemanas air konvensional biasanya menjadi cadangan dan mungkin sudah menjadi bagian dari paket instalasi sistem pemanas air tenaga surya.

Memilih Pemanas Air Tenaga Surya
Sebelum Anda membeli dan memasang sistem pemanas air tenaga surya, Anda dianjurkan melakukan hal-hal berikut:
  • Memperkirakan biaya dan efisiensi energi dari sistem pemanas air tenaga surya.
  • Mengevaluasi sumber daya sinar matahari di lokasi Anda.
  • Tentukan ukuran sistem yang sesuai.
  • Selidiki peraturan pendirian bangunan di lokasi Anda.
Juga pahami berbagai komponen yang diperlukan untuk sistem pemanas air tenaga surya, termasuk hal-hal berikut:
  • Penukar panas pada sistem pemanasan air tenaga surya
  • Cairan pentransfer panas pada sistem pemanas air tenaga surya.
Memasang dan Memelihara Sistem
Instalasi pemanas air tenaga surya yang tepat tergantung pada banyak faktor. Faktor-faktor ini termasuk sumber daya matahari, iklim, peraturan pendirian bangunan setempat, dan masalah keamanan, karena itu, yang paling baik adalah memanggil kontraktor yang memiliki kualifikasi untuk menginstal sistem pemanas Anda.

Setelah instalasi selesai, perawatan yang baik akan menjamin sistem Anda tetap berjalan dengan lancar. Sistem pasif tidak memerlukan banyak perawatan. Untuk sistem aktif, konsultasikan persyaratan perawatan dengan installer sistem Anda, dan baca panduan manual sistem. Pipa dan komponen lainnya memerlukan perawatan yang sama seperti sistem konvensional. Glasir mungkin perlu dibersihkan pada iklim kering dimana air hujan tidak menyiramnya secara alami.

Pemeliharaan rutin pada sistem yang sederhana dilakukan setiap 3-5 tahun, sebaiknya oleh installer tenaga surya. Sistem dengan komponen listrik biasanya perlu diganti sebagian dalam 10 tahun.
Ketika Anda mencari kontraktor potensial untuk instalasi dan/atau pemeliharaan, ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut:
  • Apakah perusahaan Anda memiliki pengalaman dalam menginstal dan memelihara sistem pemanas air tenaga surya? Pilih perusahaan yang memiliki pengalaman dalam menginstal sistem yang Anda inginkan dan mampu melayani aplikasi-aplikasi yang Anda pilih.
  • Berapa tahun pengalaman yang perusahaan Anda miliki dalam menginstal dan memelihara sistem pemanas air tenaga surya? Semakin banyak pengalaman, semakin baik. Mintalah daftar pelanggan masa lalu yang dapat memberikan referensi.
  • Apakah perusahaan Anda berlisensi atau bersertifikasi? Anda bisa mengkonfirmasi klaim lisensi atau sertifikasi mereka.
Meningkatkan Efisiensi Energi
Setelah pemanas air Anda dipasang dan terpelihara dengan baik, cobalah beberapa strategi hemat energi untuk membantu Anda menurunkan tagihan pemanas air, terutama jika Anda memerlukan sistem cadangan. Beberapa perangkat hemat energi dapat diintegrasikan dengan sistem pemanas air tenaga surya.


IndoEnergi Home