Tips Berkegiatan Ramah Lingkungan di Hari Libur


Saat liburan, wisata alam memang sungguh menyenangkan. Apa yang lebih menyenangkan saat liburan, selain melangkah ke alam dengan hati terbuka, tangan membentang dan mata yang disuguhi keindahan yang masih alami?

Alam memberikan banyak hal pada kita. Dan banyak eco-praktik yang bisa kita lakukan untuk giving back pada mereka. Langkah kecil bahkan sangat membantu.

Di Taman
Melihat deretan rumput dan bunga yang mekar merupakan pokok estetika bagi hampir setiap orang. Namun, cara yang kita tempuh untuk merawat taman bisa menciptakan potensi negatif bagi planet kita. Pendekatan ramah lingkungan seperti, tidak memboroskan air dan menghindari penyemprotan bahan kimia bisa kita ambil. Berikut beberapa ide lainnya:

  • Mengurangi rumput - Mengganti rumput yang butuh perawatan intensif dengan batu taman, sayuran dan/atau tanaman yang tidak butuh banyak air dapat mengurangi limbah dan kerusakan lingkungan.
  • Ganti bahan sintetik – Ganti pupuk kimia Anda yang mahal dengan kompos untuk menyuburkan rumput, taman, semak-semak dan pohon-pohon di taman Anda.
  • Memanfaatkan air hujan – Gentong hujan dapat memberikan air gratis, mengurangi air yang terbuang dan tentu saja mengurangi tagihan air Anda.

Tanah, Air
Mendaki, outing di danau dan laut, atau berkemah di bawah bintang-bintang adalah kegiatan wisata alam yang mungkin harus kita evaluasi kembali, agar kita tetap memberikan kontribusi pada alam dan berkegiatan dengan sadar lingkungan.

  • Anda harus membawa kantong sampah di ransel saat bertraveling, agar Anda tidak meninggalkan sampah apapun di tempat yang Anda kunjungi.
  • Boleh dilihat, boleh dicium, jangan menyentuhnya, apalagi membawa pulang. Mengganggu tanaman atau vegetasi laut, telur atau sarang burung, bisa sangat mempengaruhi habitat alam yang penting.
  • Hormati alam, dan jangan mengganggu satwa liar dengan mengencangkan suara alat musik Anda.
  • Pilih mode transportasi non-motor seperti sepeda, kano, sampan, rollerblade atau skateboard.
  • Ambil sampah, bahkan jika itu bukan kepunyaan Anda. Lupakan ego Anda, bantu membuang sampah ke tempatnya, bahkan bila sampah tersebut bukan milik Anda.

Liburan bisa memberikan semangat baru, harapan baru, kehidupan baru, dan juga cara-cara baru untuk menikmati semuanya. Tinggalkan kebiasaan lama Anda, dan segera mulai gaya hidup baru. Gaya hidup ramah lingkungan.


IndoEnergi Home