Top 5 Manfaat Bersepeda

Diciptakan pada tahun 1817 oleh Baron Van Drais, sepeda telah bermetamorfosis dalam banyak hal mulai dari desain sampai ke teknologi tinggi saat ini: ringan, kuat dan nyaman. Berikut ini adalah top 5 manfaat bersepeda bagi Anda:

1. Mengurangi Jejak Karbon Anda
Dengan efek bahan bakar fosil yang merusak lingkungan, tidak mengherankan bersepeda menjadi salah satu alat transportasi alternatif terbaik. Menurut Environmental Protection Agency (EPA), sebuah mobil yang menempuh jarak sekitar 12.500 mil per tahun akan menghasilkan  11.450 pon karbon monoksida, jumlah yang luar biasa. Hampir setara 1 pon per mil. Hanya dengan mengendarai sepeda ke tempat kerja satu kali per minggu Anda dapat mengurangi jejak karbon hingga sekitar 20% per tahun. Bayangkan jika Anda bersepeda ke tempat kerja setiap hari.

2. Baik untuk Tubuh dan Otak
Bersepeda dapat meningkatkan kesehatan Anda. British United Provident Association melaporkan bahwa bersepeda selama lima belas menit, lima kali per minggu dapat membakar sekitar 11 pon lemak per tahun. Studi lain oleh British Medical Association menunjukkan bahwa bersepeda dua puluh mil per minggu dapat mengurangi ancaman penyakit jantung sebesar 50%. Selain itu, ada banyak korelasi antara depresi dan kurangnya aktivitas. Jika Anda sedang berjuang mengatasi kondisi ini, baik temporer ataupun kronis, ada peluang baik untuk meningkatkan energi dan mengurangi gejala buruk kesehatan dengan bersepeda.

3. Membantu di Tempat Tidur
Mengapa tidak mencoba untuk bersepeda agar kinerja Anda meningkat di tempat tidur? Cornell University melaporkan bahwa kegiatan atletik seperti lari atau bersepeda dapat meningkatkan libido seksual pada pria seolah-olah mereka dua sampai lima tahun lebih muda. Pada wanita pre-menopause, bersepeda beberapa kali per minggu dapat mencegah gejala-gejala ketika perubahan hormonal mulai terjadi. Juga, Harvard University menemukan bahwa pria, lima puluh tahun atau lebih, dapat mengurangi peluang impotensi sebesar 30% jika mereka berkomitmen untuk mengendarai sepeda tiga jam atau lebih per minggu.

4. Meningkatkan Karir
Karena bersepeda merupakan aktivitas fisik yang sempurna, tidak mengherankan bahwa statistik menunjukkan terjadi peningkatan kinerja secara keseluruhan serta komunikasi interpersonal yang lebih efisien di tempat kerja. University of Bristol meneliti 200 orang yang berolahraga sebelum atau saat bekerja (pada istirahat makan siang) dan menemukan bahwa "ini meningkatkan motivasi dan kemampuan untuk mengatasi stres mereka".

5. Koneksi
Bersepeda merupakan cara sempurna untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga. Bersepeda merupakan kegiatan yang semua usia dapat berpartisipasi tanpa menggunakan alat elektronik atau media hiburan. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjaga hubungan baik antar sesama pesepeda, baik dengan sepeda santai atau terlibat dalam perlombaan yang kompetitif.

5 manfaat bersepeda di atas adalah beberapa dari sekian banyak keuntungan mengayuh pedal sepeda Anda. Ia membuat darah Anda mengalir lancar, otak cerah, dan tubuh bugar tanpa memuntahkan asap beracun ke lingkungan. Selamat menikmati kegiatan bersepeda Anda!



IndoEnergi Home