10 Cara Mudah Berbisnis dengan Ramah Lingkungan

Transportasi masal
Mengambil langkah kecil tidak hanya membantu kelestarian lingkungan – namun juga dapat menurunkan biaya dengan membuat kantor Anda lebih efisien dan mengurangi sumber daya yang terbuang. Jadi mulailah membuat kantor atau usaha kecil Anda menjadi ramah lingkungan dengan mengikuti sepuluh langkah sederhana berikut:

1. Mematikan lampu
Menghemat uang bisa dilakukan dengan cara segampang mematikan lampu. Pencahayaan dapat mencapai hingga 22% dari penggunaan listrik di gedung perkantoran. Untuk membantu mengurangi biaya ini, pastikan lampu dimatikan di ruang yang tidak digunakan dan di akhir hari. Bahkan lebih baik, instal sensor gerak dan timer untuk memastikan lampu digunakan secara efisien.

2. Mematikan Alat Elekronik
Alat elektronik seperti komputer, televisi, monitor, dan printer adalah sumber konsumsi energi yang besar lainnya. Ketika ditinggal menyala, komputer desktop menggunakan sampai 250 watt per jam, dan bahkan ketika dimatikan peralatan ini terus menghisap listrik - sebuah komputer yang shut-down akan menggunakan sekitar lima watt listik per jam jika masih tercolok. Kalikan setiap komputer di kantor Anda, dan tentu saja jumlahnya menjadi besar. Jadi, kurangi pemborosan energi dengan memastikan alat elektronik tidak terhubung pada sumbernya bila tidak digunakan.

3. Menghemat Air
Sebagian besar dari kita dapat mengakses air dengan mudah, namun air sebenarnya butuh banyak energi untuk diproses, ditransport, dan dipanaskan di kamar mandi kantor atau dapur, sehingga sangat membantu bila Anda mengurangi pemborosan dengan mendorong penggunaan air yang efisien. Pasang keran aliran rendah dan toilet efisiensi tinggi untuk mengurangi jumlah air yang Anda gunakan. Juga pastikan pipa dan peralatan yang bocor diperbaiki dengan cepat.

4. Daur Ulang
Daur ulang adalah cara sederhana dalam membantu lingkungan di tempat bisnis Anda. Letakkan tempat sampah daur ulang di lokasi yang mudah diakses dan didik karyawan mengenai jenis barang yang bisa didaur ulang. Juga pastikan untuk membeli perlengkapan kantor daur ulang seperti kertas, pena, piring, dan gelas dan salurkan barang elektronik tua seperti komputer dan printer melalui perusahaan daur ulang.

5. Kompos
Aplikasi kompos di kantor mungkin terlihat aneh, tetapi ada beberapa pilihan yang tersedia untuk memanfaatkan bubuk kopi, kulit buah-buahan, dan sisa-sisa makan siang. Jika kantor Anda memiliki ruang luar, sangat mudah untuk memulai membuat kompos sampah luar ruangan, terutama dengan menambahkan sampah halaman. Jika ruang luar tidak tersedia, Anda bisa menghubungi pihak-pihak yang memproduksi kompos untuk mengambil limbah bahan baku kompos dari kantor Anda. Jika Anda ingin mengaplikasikan pengkomposan, lengkapi dapur Anda dengan piring dan alat makan yang terbuat dari plastik biodegradable seperti PLA.

6. Transportasi Masal
Mobil merupakan sumber utama polusi udara, Anda bisa mendorong karyawan Anda untuk menggunakan transportasi masal atau bersepeda ke kantor. Hal ini akan mengurangi emisi karbon dan menghemat uang pada ongkos energi.

7. Pembersih “Hijau”
Pembersih adalah salah satu sumber polusi udara berbahaya, terutama di dalam ruangan. Bebaskan kantor Anda dari senyawa organik volatil yang berbahaya, dan bahan kimia beracun lainnya dengan menggunakan produk pembersih hijau. Carilah pembersih yang dibuat dari jeruk, kedelai, atau enzim.

8. Jadilah Pembeli yang Cerdas
Lengkapi kantor Anda dengan produk hijau. Carilah produk daur ulang kertas seperti tisu dan kertas toilet, produk kayu yang bersertifikat, barang dapur yang biodegradable dan dapat didaur ulang, dan peralatan bersertifikasi hemat energi. Anda juga dapat mengurangi limbah kantor dengan menyimpan barang-barang yang dapat digunakan kembali, termasuk perlengkapan dapur, pena, dan tinta printer.

9. Kurangi Pencetakan Dokumen
Pencetakan dokumen membutuhkan kertas. Untuk membantu mengurangi dampak lingkungan di bisnis Anda, dorong karyawan untuk menghemat kertas dengan mencetak hanya bila diperlukan.

10. Sukarelawan
Buat program kantor untuk bersama-sama membantu proyek amal lokal seperti pembersihan taman atau menanam di kebun. Kerja sukarela adalah cara yang bagus untuk menciptakan keakraban antar karyawan dan membantu masyarakat.



IndoEnergi Home