10 Cara Olahraga Ramah Lingkungan

Kita berolahraga untuk menjaga diri kita tetap bugar dan sehat. Tapi, sedikit dari kita yang menyadari bahwa dalam upaya menjaga diri kita tetap sehat, kita menimbulkan banyak ancaman terhadap lingkungan. Bagaimana kita berharap menjadi sehat secara sempurna jika lingkungan sekitar kita tercemar?

Go green harus menjadi moto bagi setiap orang. Semua kegiatan kita harus mencerminkan kepedulian kita terhadap lingkungan karena efek buruk pada lingkungan secara tidak langsung akan merugikan kita. Olahraga rutin yang kita jalani agar tetap sehat juga harus menjadi kegiatan yang ramah lingkungan.

1. Olahraga outdoor
Dalam rangka untuk mengurangi dampak berbahaya dari olahraga Anda, yang pertama dan yang paling penting yang harus Anda lakukan adalah melupakan peralatan olahraga indoor dan berolahraga di tempat terbuka. Treadmill dan peralatan lainnya memberikan banyak manfaat kesehatan, tetapi apakah Anda pernah menyadari jumlah energi yang mereka konsumsi? Anda akan tetap fit jika Anda melakukan olahraga outdoor seperti bersepeda, berjalan, jogging, berenang atau melakukan olahraga beregu. Jenis olahraga ini juga memberikan manfaat yang besar dan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun. Dengan cara ini Anda dapat membantu dalam menghemat banyak listrik dan uang.

2. Kurangi biaya pakaian
Untuk berolahraga, Anda tidak perlu membeli pakaian mahal. Anda hanya memerlukan sepasang celana training dan t-shirt sederhana, dan sepatu. Tentu saja, berpenampilan menarik saat olahraga merupakan suatu keharusan, jadi cobalah untuk membeli pakaian katun yang nyaman dan sedikit memberi dampak pada lingkungan. Cobalah untuk menggunakan produk organik alami sebanyak mungkin. Bahkan sepatu Anda dapat menjadi eco-friendly. Beli sepatu yang tidak memberi dampak pada lingkungan.

3. Bergabung dengan gym ramah lingkungan
Berolahraga di rumah merupakan ide baik, karena Anda tidak harus mengeluarkan biaya apa pun. Tetapi jika Anda ingin berolahraga di gym, jadilah anggota gym ramah lingkungan yang terdekat dengan rumah Anda. Jika gym di dekat rumah, Anda bisa berjalan atau berlari ke sana. Hal ini akan memberikan keuntungan tambahan, terutama bagi orang yang perhatian terhadap ekosistem seperti Anda. Bergabunglah dengan gym yang mendukung konservasi energi dan air, dan juga mendorong orang untuk menggunakan pembersih dan sabun alami.

4. Gunakan botol air yang dapat digunakan kembali
Berhentilah membeli botol air sekali pakai. Kebiasaan ini akan mengakumulasi banyak limbah plastik yang tidak perlu. Sebaliknya, Anda dapat membawa botol sendiri dan mengisi ulang setiap kali diperlukan. Hal ini akan mengurangi cukup banyak plastik dan membantu lingkungan untuk tetap bersih.

5. Buat camilan sendiri
Cari di internet mengenai resep camilan buatan sendiri yang yummy. Tindakan ini lebih sehat dan akan menghemat uang Anda. Juga, dengan sedikit usaha, Anda dapat menyelamatkan bumi karena mengurangi sampah plastik yang biasa digunakan sebagai pembungkus camilan.

6. Jangan gunakan antikeringat
Anda berkeringat saat berolahraga. Keringat ini membantu tubuh Anda dalam menyingkirkan racun berbahaya. Jika Anda menggunakan antikeringat, Anda benar-benar memblokir jalan pelepasan racun. Tidak hanya itu, antikeringat ini mengandung banyak bahan kimia berbahaya yang menyebabkan kerusakan ekosistem. Bahkan deodoran yang Anda gunakan sehari-hari memiliki bahan kimia yang merusak lingkungan sekitar. Hindarai sebisa mungkin. Anda juga dapat menggunakan deodoran alami yang biasanya diekstrak dari tanaman dan tidak menyebabkan kerusakan apapun.

7. Berbagi peralatan olahraga
Jika Anda benar-benar perlu membeli beberapa instrumen untuk olahraga, merupakan ide baik bila berbagi dengan teman-teman Anda. Dengan cara ini Anda dapat menghemat uang dan mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. Anda dan teman Anda dapat menyesuaikan jadwal latihan kebugaran sehingga Anda berdua sama-sama dapat menggunakan peralatan.

8. Mendaur ulang peralatan olahraga Anda
Jika ada peralatan, DVD atau CD tutorial yang telah Anda beli, tetapi tidak diperlukan lagi sekarang, ide baik untuk mendaur ulang mereka. Hadiahkan atau jual barang-barang tersebutr sehingga mereka dapat digunakan oleh seseorang yang benar-benar membutuhkan. Dengan cara ini Anda akan mengurangi “sampah” di rumah Anda.

9. Cuci handuk Anda
Handuk sekali pakai/tisu dapat menimbulkan banyak limbah kertas. Oleh karena itu, bawa handuk Anda sendiri dan gunakan kembali setelah dicuci. Hal ini akan membantu dalam mengurangi polusi yang disebabkan oleh akumulasi sampah kertas. Mengurangi penggunaan kertas juga akan menghemat pohon.

10. Nikmati kegiatan lain
Selain olahraga, kegiatan lain seperti berkebun dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Menanam pohon, meyiraman dan merawat mereka akan memberikan manfaat seperti berolahraga. Pada saat yang sama, Anda juga dapat menikmati buah-buahan dan sayuran organik, yang baik bagi Anda dan juga bagi lingkungan.

Langkah-langkah ini sama sekali tidak sulit untuk diikuti. Pada kenyataannya, mereka juga akan mengurangi jumlah uang yang Anda belanjakan.

Kita perlu ingat bahwa kita harus menjaga bumi tempat kita hidup.



IndoEnergi Home