5 Cara Untuk Tidur Nyenyak Secara Alami

Kita semua tahu manfaat dari tidur malam yang baik - mendapatkan delapan jam penuh dapat meningkatkan energi Anda, meningkatkan konsentrasi, dan bahkan membantu mengontrol berat badan dan tekanan darah.

Tapi kadang-kadang, sulit untuk mendapatkan tidur yang Anda butuhkan. Mungkin Anda sedang stres karena pekerjaan atau pasangan, tetapi, apa pun alasannya, tidak ada yang lebih menyiksa daripada berbaring terjaga di tempat tidur sambil mendengarkan suara detik jarum jam bergerak perlahan.

Anda mungkin tergoda untuk menyelesaikan masalah ini secara cepat, tapi sebelum Anda mengandalkan obat, cobalah lima tips untuk mendapatkan tidur yang baik yang akan membantu Anda mendapatkan istirahat yang Anda butuhkan dengan cara alami.

1. Jaga rutinitas
Jadwal tubuh kita diatur oleh tarian rumit kimia tubuh: kadar hormon seperti melatonin dan tiroid naik dan turun dalam siklus harian rutin untuk memberitahu tubuh kita ketika kita siap untuk tidur dan kapan waktunya untuk bangun. Pergeseran waktu tidur atau tidur pada jam-jam tak lazim akan mengganggu isyarat hormonal dan membuat tubuh Anda lebih sulit tertidur, jadi cobalah untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi tidak peduli apapun yang terjadi.

2. Gunakan tempat tidur Anda hanya untuk tidur
Anda dapat membantu melatih tubuh Anda mendapatkan tidur malam yang baik dengan membuat tempat tidur Anda hanya sebagai zona tidur: itu berarti Anda tidak membaca, menonton TV, atau bersantai di sekitarnya. Sebaliknya, lakukan ritual sebelum tidur seperti membaca dan mendengarkan musik di ruangan lain dan naik ke tempat tidur hanya bila Anda sudah siap untuk tidur. Demikian pula, jika Anda terjaga di tempat tidur selama lebih dari dua puluh menit, cobalah bangun dan lakukan sesuatu yang santai di luar kamar tidur - ketika Anda berada di tempat tidur tubuh Anda harus mendapatkan pesan bahwa sudah waktunya untuk tidur dan tidak ada yang lain lagi.

3. Buat nyaman
Tentu saja, Anda akan tidur lebih baik ketika Anda merasa nyaman, tapi banyak dari kita yang mengabaikannya. Jadi jika Anda mengalami kesulitan tertidur, coba upgrade kamar tidur Anda. Mulailah dengan kasur organik, yang nyaman dengan kekencangan yang Anda suka, kemudian tambahkan seprai katun organik lembut dan bantal (dan ingat untuk mengganti mereka ketika sudah terasa datar!). Anda juga akan tidur lebih baik jika Anda membuat kamar Anda dingin, gelap, dan tenang, sehingga carilah tirai yang baik untuk memblokir cahaya dan sumbat telinga untuk menutupi suata mitra yang mendengkur dan hewan peliharaan yang sedang aktif.

4. Gunakan alat bantu tidur alami
Meskipun Anda tidak harus bergantung pada bahan kimia untuk tidur di malam hari, kadang-kadang sedikit obat relaksasi alami mungkin dibutuhkan. Melatonin adalah regulator tidur alami bagi tubuh Anda, dan menelan suplemen beberapa jam sebelum tidur adalah cara yang baik untuk membuat tubuh Anda mengantuk. Aromaterapi adalah bantuan tidur alami yang baik lainnya - gunakan aroma santai seperti lavender di lilin, aerosol, atau bantal untuk mengatur suasana hati di kamar tidur Anda.

5. Hindari stimulan
Ini adalah aturan sederhana namun sulit: jauhkan stimulan sebelum tidur. Katakan tidak untuk kopi, soda, dan minuman berkafein lainnya setidaknya enam jam sebelum Anda berencana untuk pergi ke tempat tidur dan jadwalkan olahraga Anda di pagi hari sehingga Anda tidak merasa terlalu segar di malam hari. Kimia lain yang penting untuk dihindari adalah alkohol. Beberapa gelas bir atau anggur akan membantu Anda tertidur dengan cepat, tetapi Anda akan membayar harga yang tinggi nantinya di malam hari: ketika efek minuman luntur, mereka benar-benar akan bertindak seperti stimulan dan mengganggu tidur Anda. Ingat, sedikit usaha di siang hari dapat menciptakan malam yang damai!



IndoEnergi Home