5 Jenis Pekerjaan Entry Level di Industri Minyak dan Gas

Jika Anda sedang mencari industri yang menawarkan banyak kesempatan kerja di masa depan, Anda harus mempertimbangkan untuk melewati masa depan Anda di industri perminyakan.

Di bawah ini Anda akan menemukan daftar pekerjaan entry level di bidang geologi, teknologi, beserta deskripsi pekerjaan, pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk mendapatkan posisi tersebut, serta perkiraan apa yang dapat Anda harapkan dari pekerjaan tersebut.

Engineer-in-Training (EIT)
Lulusan teknik fresh graduate memulai karier mereka di industri minyak dan gas sebagai Engineer-in-Training (EIT) - yang berarti mereka telah menyelesaikan persyaratan akademik mereka tetapi masih bekerja guna mendapatkan pengalaman yang dibutuhkan untuk mendapat lisensi sebagai Professional Engineer (P . Eng.). Biasanya, industri minyak dan gas memungkinkan EIT untuk berotasi di sejumlah bidang dan lokasi yang berbeda dalam organisasi dan operasi tersebut untuk mendapatkan berbagai pengetahuan dan pengalaman saat mereka nantinya bekerja sebagai profesional.

Peran dan tanggung jawab seorang EIT akan berbeda tergantung pada bidang mereka dan jenis rotasi yang mereka selesaikan, tapi EIT dapat berharap untuk bekerja bersama insinyur yang lebih berpengalaman dan pekerja minyak profesional lainnya baik dalam kantor dan di berbagai lapangan kerja dan lokasi yang berbeda, mereka juga memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pelatihan berkelanjutan dan pendidikan inisiatif.

Dibutuhkan gelar empat tahun dibidang teknik. Setelah menjadi profesional, jalur karir EIT sebagai insinyur dalam organisasi segera dimulai.

Geologist-in-Training (GIT)
Geolog di industri minyak dan gas menggunakan informasi yang dikumpulkan dari lubang bor, data geofisika dan geokimia, peta geologi, sampel batuan dan citra penginderaan jauh untuk memutuskan lokasi pengeboran minyak dan gas, dan membantu insinyur untuk mengoptimalkan proses ekstraksi. Geolog berlisensi kebanyakan menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam kantor, tetapi juga dapat bekerja di lapangan di lokasi operasi. Namun, sebagai Geologist-in-Training, lulusan baru cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di lokasi yang memungkinkan eksposur yang lebih besar dalam operasi perusahaan.

Mirip dengan EIT, GIT akan berotasi melewati berbagai fungsi dalam operasi perusahaan dan bekerja bersama geosains dan profesional senior lainnya. Hands-on-training dan pengalaman adalah tujuannya, dengan tanggung jawab yang semakin besar ketika mereka bekerja sebagai ahli geologi profesional.

Persyaratan pendidikan minimal bagi geolog adalah Sarjana Sains di bidang Geologi. Pengembangan profesi berkelanjutan diperlukan untuk tetap up to date dan geolog mungkin diharuskan mengejar pendidikan tambahan untuk mendapatkan peran yang lebih senior.

Catatan: peran serupa seperti Geophysicist-, Geoscientist- dan Geochemist-in-Training juga umum di industri minyak dan gas.

Junior Engineering Technologist
Teknolog merupakan bagian penting dari komponen teknis pertambangan minyak bumi. Teknolog bertanggung jawab untuk semua tahap desain peralatan dan pelaksanaan, termasuk desain, pengujian dan operasi. Peran teknolog juga melibatkan pengumpulan dan bekerja dengan data mentah, dan mereka juga mungkin diperlukan untuk membantu memenuhi kepatuhan pada peraturan daerah.

Teknolog junior biasanya memberikan dukungan teknis kepada, dan diawasi oleh, rekan-rekan insinyur profesional mereka dalam disiplin tertentu, seperti bahan kimia, listrik atau teknik mesin.
Teknoloh harus memiliki ijazah diploma dua atau tiga tahun kuliah di ilmu terapan atau rekayasa.

Field Services Technician
Teknisi lapangan membantu setup, pemeliharaan dan dekonstruksi berbagai jenis peralatan yang digunakan dalam operasi pengeboran dan perminyakan. Peran ini melibatkan menemukan dan mengidentifikasi hambatan dalam sumur dan menggunakan berbagai langkah untuk memecahkannya, menutup sumur tidak aktif dan proaktif merekomendasikan perubahan kondisi untuk memastikan hasil yang aman dan dapat diandalkan.

Peran sebagai teknisi lapangan adalah pilihan yang baik bagi siapa pun yang siap untuk menjalankan pekerjaan outdoor dalam berbagai kondisi. Sebelum pelatihan teknis, mungkin diperlukan ijazah perguruan tinggi atau gelar diploma.

Junior Machine Operator
Seorang operator mesin bertanggung jawab untuk memastikan peralatan migas yang berteknologi sangat maju beroperasi secara efisien dan aman. Pekerjaan ini tidak sesederhana kedengarannya. Meskipun posisi ini melibatkan operasi mesin dan pemantauan (menggunakan berbagai alat pengukur dan instrumen), pekerjaan ini juga memerlukan pengetahuan teknis untuk melakukan penyesuaian dasar dan perawatan rutin mesin.

Dalam rangka untuk dapat bekerja sebagai operator mesin, Anda harus pengalaman di tingkat magang dan memiliki sertifikat dalam bidang mesin di tingkat pasca-sekolah menengah.


IndoEnergi Home