5 Tips Hijau Untuk Kamar Tidur Anda

Kamar  tidur sebenarnya merupakan tempat kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di rumah. Pada kenyataannya, Anda akan menghabiskan sekitar sepertiga dari hidup Anda di tempat tidur! Dan karena tidur nyenyak merupakan bagian penting dari setiap gaya hidup sehat, Anda harus membuat kamar tidur Anda menjadi aman, bersih, dan hijau.

1. Buatlah menjadi nyamanan
Cara tercepat untuk mendapatkan tidur nyenyak adalah dengan membuat kamar menjadi senyaman mungkin, karenanya Anda memang harus memiliki kasur yang tepat dan tempat tidur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Cobalah kasur busa ramah lingkungan atau dengan bed cover wol alami, yang dibuat tanpa plastik atau bahan kimia yang melepaskan VOC (zat mudah menguap). Tentu sangat bermanfaat bagi anda bila membeli sarung bantal katun dan bantal organik sehingga tempat tidur menjadi sejuk, nyaman, dan bebas alergi.

2. Jadilah “berkelanjutan”
Menemukan tempat tidur yang tepat dapat memakan waktu dan mahal, sehingga Anda harus memastikan telah melakukannya dengan benar. Carilah bingkai furniture yang berasal dari hutan yang dikelola secara lestari, dan dibuat tanpa cat atau pernis yang melepaskan VOC. Bagian penting lainnya untuk mendukung gaya hidup berkelanjutan adalah cara Anda membuang kasur bekas - yang mengambil sejumlah besar ruang di tempat pembuangan sampah. Untuk itu carilah perusahaan yang dapat mendaur ulang kasur di lokasi Anda atau tempat-tempat yang menerima sumbangan kasur bekas.

3. Tingkatkan kualitas udara
Dalam semalam Anda menghabiskan delapan jam menghirup udara di kamar tidur Anda, yang berarti Anda harus menjaga udara di sana sebersih mungkin. Perangkat pemurni udara dapat digunakan untuk menghilangkan bahan kimia beracun seperti VOC dan asap serta alergen yang menyumbat hidung dan mengganggu tidur Anda. Anda juga dapat mencegah VOC dengan memilih karpet dan furniture alami yang dibuat tanpa bahan kimia sintetis berbahaya, yang biasa ditemukan di pernis kayu, lem karpet, atau serat plastik.

4. Gunakan hidung Anda
Banyak orang yang sulit terlelap, tetapi sebelum mengunjungi apotek mengapa tidak mencoba obat tidur alami? Lilin dan semprotan aromaterapi yang menggunakan bahan herbal seperti lavender dan chamomile dapat digunakan untuk menenangkan pikiran Anda dan membantu Anda tertidur. Pastikan untuk mebeli penyegar udara alami yang tidak melepaskan VOC dan lilin non-parafin yang berasal dari lebah atau nabati. Anda juga dapat menggunakan minyak esensial untuk membuat aroma di malam hari menjadi menenangkan.

5. Menjaga kebersihan dengan cara ramah lingkungan
Jaga kamar tidur Anda agar tetap bersih menggunakan produk pembersih hijau yang aman dan alami. Gunakan sampo karpet yang ramah lingkungan, pernis kayu alami yang tidak melepaskan bahan kimia beracun ke udara, dan deterjen bebas fosfat yang akan membuat pakaian Anda lembut dan bersih tanpa meninggalkan bahan kimia beracun yang dapat mengiritasi kulit. Ini baik bagi Anda dan lingkungan!


IndoEnergi Home