Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air tenaga surya merupakan metode yang efektif dan ramah lingkungan untuk memanaskan air domestik. Meskipun ada beberapa jenis sistem pemanas air tenaga surya, masing-masing bekerja dengan cara menyerap panas dari matahari dan mentransfer panas ke air. Pemanas cadangan mungkin diperlukan untuk kondisi mendung atau dingin, pemanas surya merupakan cara untuk mendapatkan air panas yang efektif dan dapat diandalkan.

Cara Kerja
Pemanas surya terdiri dari dua bagian utama: tangki penyimpanan dan kolektor surya. Panas yang diserap oleh kolektor digunakan untuk memanaskan air. Di salah satu sistem, air dipanaskan dengan cara dipompa melalui kolektor. Sedangkan pada sistem lainnya digunakan cairan mentransfer panas yang beredar dari kolektor ke tangki penyimpanan untuk memanaskan air.

Sistem Aktif vs Pasif
Sistem aktif menggunakan pompa dan katup untuk mendorong air melewati kolektor surya dan tangki penyimpanan. Sistem pasif tidak memerlukan pompa melainkan menggunakan konveksi alami untuk mengalirkan air. Ketika air dipanaskan, air hangat akan naik dan air dingin akan turun, menyebabkan air akan mengalir melalui sistem.

Sistem Langsung
Ada dua jenis sistem pemanas matahari aktif, langsung dan tidak langsung. Sistem langsung memompa air melewati kolektor surya, dimana ia kemudian dipanaskan. Air panas ini kemudian disimpan dalam tangki atau digunakan secara langsung. Jenis pemanas air tenaga surya ini bekerja dengan lebih baik di iklim yang jarang membeku.

Sistem Tidak Langsung
Sistem tidak langsung berbeda dari sistem langsung, air tidak dipompa melewati kolektor surya agar dapat dipanaskan. Sebaliknya, sistem tidak langsung menggunakan cairan anti-beku untuk mentransfer panas. Cairan dipanaskan oleh kolektor surya, kemudian mengalir melalui penukar panas di dalam tangki penyimpanan, yang pada gilirannya memanaskan air. Cairan lalu melewati tangki dan kembali ke kolektor surya. Sistem ini bekerja dengan baik dalam iklim dingin.

Jenis Kolektor Surya
Ada tiga jenis kolektor surya yang digunakan untuk rumahan. Kolektor pelat datar merupakan kotak terisolasi yang berisi piringan absorber gelap di bawah plastik atau kaca penutup. Kolektor batch, atau sistem kolektor penyimpanan terpadu, mengunakan satu atau lebih tangki hitam di dalam kotak terisolasi.
Air dipanaskan dalam tangki dan disimpan di sana sampai saat digunakan. Karena air dapat berada di dalam tangki untuk jangka waktu lama, air mungkin akan menjadi sangat panas. Sebuah katup pengatur, digunakan untuk mencampur air dingin dan menurunkan suhu jika diperlukan, biasanya dipasang untuk mencegah panas berlebih. Jenis terakhir dari kolektor surya, adalah kolektor tabung ter-evakuasi, yang paling efisien. Sistem ini menggunakan serangkaian tabung kaca untuk mengumpulkan panas matahari. Setiap tabung berisi tabung kaca luar dan logam penyerap dalam untuk memanaskan air. Tabung ini dapat mencegah kehilangan panas dan efektif dalam kondisi mendung.


IndoEnergi Home