Cara Memecahkan Masalah Pada Pemanas Air Tenaga Surya

Meskipun membutuhkan lebih sedikit perawatan dibandingkan pemanas air gas atau listrik konvensional, pemanas air tenaga surya pastinya memerlukan perbaikan ketika berhenti bekerja. Untuk mengatasi masalah pada pemanas air tenaga surya, Anda mungkin akan memperbaiki unit pemanas Anda sendiri, atau setidaknya Anda memerlukan lebih banyak informasi mengenai teknis perbaikan yang perlu dibuat.

Instruksi
  1. Periksa kolektor surya dari kotoran, puing-puing, retak dan bayangan. Kotoran atau puing-puing, atau bayangan dari cabang pohon, dapat mengurangi kemampuan kolektor surya dalam mengumpulkan energi yang cukup untuk memanaskan air. Celah-celah di kaca pada kolektor surya mungkin menimbulkan kelembaban, yang dapat merusak kolektor.
  2. Periksa kontroller dan kabel apabila pompa berjalan terus tanpa kendali, atau tidak berjalan sama sekali. Kontroller dan kabel mudah rusak oleh karat atau lonjakan listrik. Carilah tanda-tanda korosi atau terbakar pada kabel di kontroller itu sendiri.
  3. Bilas sistem dan periksa pengatur tekanan jika terjadi penurunan pada tekanan air. Sangat direkomendasikan untuk memeriksa air apakah terdapat kotoran atau sampah lainnya, karena hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pada pipa.
  4. Amati pompa pada malam hari untuk menentukan apakah katup thermosyphon bekerja dengan benar. Jika pompa terus bekerja dalam siklus hidup - mati pada malam hari, ini dapat mengindikasikan bahwa katup yang memungkinkan air dingin untuk masuk ke tangki penyimpanan mungkin dalam keadaan terjebak, terus terbuka. Hal ini dapat menyebabkan level suhu air  tidak memadai di pagi hari.
  5. Periksa apakah ada pipa atau katup yang bocor/pecah. Air yang membeku pada sistem yang tidak dikeringkan di musim dingin bisa memecahkan pipa atau katup.
  6. Periksa apakah ada udara yang terjebak dalam pipa atau pompa jika sistem berisik saat sedang beroperasi. Membuka sekrup ventilasi pada pompa dapat melepaskan udara berlebih.


IndoEnergi Home