Cara Memperbaiki Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air tenaga surya adalah perangkat yang sangat sederhana dan hanya dibutuhkan keterampilan minimal untuk merawatnya. Kotak pemanas primer dihubungkan oleh PVC tembaga atau pipa jenis lainnya, yang dapat ditambal atau diganti dalam waktu sekitar satu jam. Jika terjadi kebocoran pada sistem pemanas, langkah-langkah ini bisa Anda lakukan:

  1. Tentukan masalah dan telusuri kebocoran ke sumbernya. Pemanas air tenaga surya memiliki banyak cabang pada pipa interior, segel pada pipa dapat pecah dan bocor.
  2. Matikan sumber air pada pemanas air tenaga surya. Hal ini dilakukan untuk mengeringkan sistem.
  3. Ambil pemanas air surya dari dudukannya. Lepaskan masing-masing pipa yang ada di setiap sisinya. Sisa air dapat mengalir keluar ketika kotak tersebut dipindahkan.
  4. Lepaskan pslexiglas bagian atas untuk mendapatkan akses ke pipa di dalamnya. Biarkan pipa benar-benar kering.
  5. Perbaikan koneksi atau pipa yang bocor. Untuk pipa logam atau tembaga, perbaikan sederhana bisa dilakukan dengan memulaskan sealant yang cocok pada lubang atau split. Perbaikan lebih luas mungkin mengharuskan pemotongan dan penggantian bagian-bagian pada pipa. Pipa PVC mungkin akan mengalami kebocoran pada bagian siku, dimana lem yang mengikat antar pipa dapat menimbulkan korosi atau tidak lekat lagi. Untuk memperbaiki pipa melalui penggantian, potong pipa yang bocor dan segel bagian tersebut dengan pipa penyambung yang baru. Beberapa perbaikan mungkin mengharuskan pengelasan untuk menyambung pipa, tetapi hal ini dapat menyebabkan kebocoran di masa depan bilamana hasil pengelasan ini menimbulkan korosi.
  6. Cat bagian pipa yang baru dengan warna hitam untuk menyesuaikan dengan warna pipa yang lainnya.
  7. Taruh kembali kotak pemanas matahari ke lokasi pemasangan awal, hubungkan kembali ke sumber air dan tes fungsi dalam waktu 24 jam. Satu siklus penuh pemanasan dan pendinginan akan menguji keberhasilan perbaikan pada kondisi penggunaan aktual.
  8. Jika tidak berhasil, hubungi pihak-pihak yang lebih profesional.




IndoEnergi Home