Energi Tenaga Manusia: Inovasi di Bidang Energi Hijau

Stasiun Stockholm - memanfaatkan energi panas manusia 
Meskipun manusia masih berjuang untuk membuat, mempopulerkan dan memanfaatkan energi bersih, namun hal ini masih merupakan perjuangan berat. Banyak pula kelompok-kelompok minat khusus yang lebih khawatir lagi mengenai nasib keselamatan planet kita. Inilah sebabnya mengapa beberapa inovator telah mengembalikan pemecahan masalah ke kita sendiri, secara harfiah. Energi yang ditenagai manusia adalah kemampuan untuk memanfaatkan energi yang berasal dari aktivitas manusia tanpa mengganggu manusia itu sendiri.
Saat anggota masyarakat berjalan menuju tempat kerja mereka atau keluar saat makan siang, ada berbagai cara untuk menangkap energi yang dilepaskan oleh mereka. Berikut adalah beberapa contoh termasyhur mengenai energi bersih, kali ini ditenagai oleh manusia.

Japan Railway Feet
Tokyo East Japan Railway Manourachi, pintu keluar utara, pada tahun 2006 terpilih sebagai lokasi percobaan untuk menangkap energi lalu lintas para pejalan kaki. Sekitar 700.000 penumpang berjalan di atas sensor yang dipasang di lantai bawah setiap pembatas pintu. Sensor atau elemen piezoelectric mengkonversi setiap langkah menjadi muatan listrik yang kemudian disimpan dalam generator di dekatnya dan digunakan untuk menghidupkan lampu listrik, papan info dan banyak lagi.

Stockholm Railway Heat
Stasiun kereta api di Stockholm memanfaatkan energi panas dari kerumunan 250.000 orang yang melalui sistem setiap hari. Menggunakan sistem ventilasi khusus, akumulasi panas tubuh dilewatkan melalui penukar panas yang memanaskan sistem air pusat sehingga mengurangi permintaan energi pemanas hingga lima belas persen.

Perangkat Pemurni Air Karya Mahasiswa OSU
Sebagai respon terhadap kompetisi desain mekanik Oregon State University (OSU), mahasiswa teknik menciptakan sekelompok perangkat yang bisa didukung oleh tenaga manusia untuk menghasilkan air minum dari sumber yang tercemar dengan mengubahnya menjadi air bersih. Idenya muncul karena adanya berita ratusan orang terdampar di atap setelah Badai Katrina dengan dikelilingi oleh blok air minum potensial. Profesor OSU, Ping Ge, berkomentar "Perangkat ini berpotensi menyediakan air minum yang aman bagi jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki akses terbatas terhadap air minum, dan juga bisa digunakan dalam situasi darurat."

Keyboard Compaq
Produsen komputer Compaq telah menciptakan prototipe baterai laptop ditenagai keyboard. Dengan menginstal magnet kecil di bawah setiap tombol, energi ditransfer ke kapasitor pada setiap hentakan. Kapasitor mentransfer energi ke baterai komputer untuk memperpanjang energi baterai hingga hitungan jam.

Power Plant internal
University of Texas, Austin, menggunakan energi internal untuk listrik yang ditanamkan di perangkat sensor, seperti alat pacu jantung. Kimiawan telah menemukan bahwa dengan menggunakan enzim glukosa oksidase, elektron dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai sumber energi.

Nano-Generator
Nanoteknologi dibawa ke tingkat yang baru di Georgia Institute of Teknologi (GIT). Para ilmuwan telah menemukan cara untuk memanfaatkan nano-kabel zinc oxide. Ketika helai halus ini dipindahkan atau dibengkokkan, terciptalah energi. Dengan menempatkan mereka pada pakaian atau aplikasi lain, menyalakan ponsel Anda mungkin menjadi jauh lebih mudah. Dr Zhong Lin Wang, GIT, berkomentar, "Perkembangan ini merupakan tonggak sejarah pada produksi barang elektronik portable yang bisa diaktifkan oleh gerakan tubuh tanpa menggunakan baterai atau outlet listrik."

Energi ditenagai manusia adalah cakrawala luas ilmu pengetahuan. Siapa tahu salah satunya merupakan jawaban atas kebutuhan energi kita nanti.



IndoEnergi Home