Instalasi dan Pemeliharaan Pemanas Air Tenaga Surya

Memilih sistem
Desain dan lokasi rumah Anda menentukan sulit-mudahnya menginstal pemanas air tenaga surya, dan juga seberapa baik sistem akan bekerja.

Apakah pemanas air tenaga surya tepat bagi Anda?
Anda memerlukan atap rumah yang:
  • Terkena sinar matahari sepanjang tahun.
  • Cukup besar untuk menampung panel kolektor, yang biasanya berukuran kira-kira satu meter persegi untuk setiap orang di rumah.
  • Dekat lokasi tangki air panas jika memungkinkan.
  • Mampu menopang beban tambahan dari sistem pemanas air tenaga surya (cek ke tukang bangunan)
Dalam beberapa khasus, mungkin saja Anda bisa memasang kolektor surya (panel) di tanah, bukan di atas atap.

Berapa ukuran tangki yang Anda butuhkan?
Ukuran tangki air panas pada sistem yang akan Anda instal perlu dicocokkan dengan penggunaan air panas Anda sekeluarga dan ukuran kolektor surya di atap rumah Anda. Jika tangki Anda terlalu kecil atau terlalu besar Anda akan perlu membayar ekstra untuk menaikkan suhu air ke suhu yang dikehendaki.

Biasanya Anda membutuhkan lebih banyak tangki penyimpanan pada sistem pemanas air tenaga surya dibandingkan dengan sistem listrik biasa.
  • Sebuah tangki penyimpanan listrik standar biasanya akan memiliki kapasitas sekitar 50 liter untuk setiap orang di rumah.
  • Sebuah sistem pemanas air tenaga surya dapat memiliki hingga 100 liter kapasitas tangki penyimpanan per orang.
Tangki air panas standar dapat disesuaikan untuk digunakan dengan kolektor surya, tetapi hanya jika memiliki kapasitas yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan seluruh penghuni rumah.

Tangki khusus pemanas air tenaga surya memiliki tambahan koneksi ke kolektor surya dan lebih banyak elemen pemanas sehingga sistem dapat dikonfigurasi untuk memaksimalkan penggunaan energi matahari tanpa mengorbankan kuantitas output air panas.

Installer panas pemanas air tenaga surya profesional dapat membantu Anda menentukan ukuran tangki yang Anda butuhkan untuk rumah Anda.

Jenis sistem apakah yang tepat untuk rumah Anda?
Efisiensi keseluruhan sistem tergantung pada kinerja masing-masing komponen dan seberapa baik mereka berinteraksi sebagai suatu sistem. Di daerah rawan beku, Anda harus memastikan sistem Anda memiliki perlindungan kebekuan yang cocok. Hal ini penting karena air bisa membekukan kolektor surya.

Suplier biasanya menawarkan paket sistem pemanas air tenaga surya yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga masing-masing komponen berada dalam ukuran yang tepat dan optimal sehingga seluruh sistem dapat bekerja dengan baik.

Instalasi dan perizinan
Setelah Anda memilih sistem pemanas air tenaga surya yang sesuai dengan kebutuhan Anda, tiba saatnya sistem tersebut harus diinstal dengan baik dan dipelihara sehingga Anda mendapatkan performa yang terbaik.

Instalasi harus memenuhi persyaratan dari pemerintah setempat, dan memenuhi ketentuan mengenai pendirian bangunan.

Merupakan tanggung jawab hukum bagi pemilik rumah untuk mendapatkan izin bangunan yang diperlukan. Namun, installer Anda harus membantu Anda menganai hal ini.

Mempertahankan kondisi sistem pemanas air tenaga surya Anda
Sistem Anda memerlukan pemeliharaan dan ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap mendapatkan kinerja yang terbaik. Manual dari produsen harus diikuti untuk setiap langkah pemeliharaan atau persyaratan untuk menjamin sistem tetap bekerja.

Pemeliharaan rutin:
  • Tangki air panas surya harus dipelihara dengan cara yang mirip dengan pemeliharaan tangki air panas listrik normal. Bilas katup pelepas suhu/tekanan pada tangki air panas (jika Anda memilikinya) setiap enam bulan. Anoda pada tangki air panas berlapis kaca harus diganti setiap lima tahun sekali - lebih sering untuk daerah berair keras (kaya mineral/sadah).
  • Cuci kolektor jika mereka kotor
  • Jika sistem menggunakan glikol atau campuran air-glikol, cairan pentransfer panas ini harus diganti secara berkala. Lihat instruksi pabrikan untuk rinciannya.
Juga, secara berkala periksa kolektor Anda untuk hal-hal berikut, dan bilamana terjadi masalah apapun, hubungi suplier/installer Anda:
  • Kebocoran pada kolektor, kaca atau pipa. Kondensasi pada kaca atau isolasi yang basah menunjukkan kemungkinan terjadinya kebocoran.
  • Setiap perubahan warna atau korosi.
  • Indikator pada evacuted-tube akan menunjukkan pada Anda apakah vakum berada dalam kondisi baik atau tidak.
  • Bayangan dan ranting pohon di dekatnya mungkin telah tumbuh dan menaungi kolektor. Setiap air yang mengucur dengan cepat dapat memburuk kinerja permukaan absorber dan isolasi.
Pastikan suplier atau installer Anda memberi petunjuk pengoperasian yang jelas dan rinci ketika mereka menginstal sistem pemanas air Anda.

Sistem pemanas air tenaga surya Anda akan bekerja dengan baik jika:
  • Desain dan jenis sistem cocok dengan lokasi Anda
  • Ukuran sistem sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda, dan
  • Telah terinstal dengan benar.
Jika sistem Anda tidak bekerja sebaik yang Anda inginkan, hubungi kembali suplier yang menjualnya kepada Anda.


IndoEnergi Home