Instalasi Pemanas Kolam Renang Tenaga Surya

Anda dapat mengurangi biaya pemanasan kolam renang secara signifikan dengan memasang pemanas kolam renang tenaga surya. Sistem ini memiliki biaya kompetitif dibandingkan dengan pemanas kolam renang tenaga gas dan pompa panas, dan pemanas tenaga surya juga memiliki biaya operasi tahunan yang sangat rendah.

Memang, pemanas kolam renang tenaga surya adalah sistem yang paling hemat ongkos energi di berbagai jenis iklim.

Cara Kerja
Sistem pemanas kolam renang tenaga surya meliputi:
  • Sebuah kolektor surya - air kolam akan disirkulasikan pada perangkat ini dan dipanaskan oleh matahari.
  • Sebuah filter - menyaring kotoran sebelum air dipompa melalui kolektor.
  • Sebuah pompa - mengalirkan air melalui filter dan kolektor dan kembali ke kolam renang
  • Sebuah katup kontrol aliran - perangkat otomatis atau manual yang mengontrol aliran air kolam melalui kolektor surya.
Air kolam dipompa melalui filter dan kemudian melalui kolektor surya, di sini air dipanaskan sebelum dikembalikan ke kolam renang. Pada iklim panas, kolektor juga dapat digunakan untuk mendinginkan kolam renang selama puncak musim panas dengan mensirkulasikan air melalui kolektor pada malam hari.

Beberapa sistem memiliki sensor dan katup otomatis atau manual untuk mengalirkan air melalui kolektor ketika suhu kolektor cukup tinggi dibandingkan suhu kolam renang. Bila suhu kolektor mirip dengan suhu kolam renang, air hanya disaring melewati kolektor dan dikembalikan ke kolam renang.

Kolektor kolam renang tenaga surya terbuat dari berbagai bahan yang berbeda. Jenis yang Anda gunakan harus tergantung pada iklim dan bagaimana niat Anda untuk menggunakan kolektor. Jika Anda hanya akan menggunakan kolam renang ketika suhu di atas titik beku, maka Anda mungkin hanya memerlukan sistem kolektor tanpa glasir. Kolektor tanpa glasir tidak memiliki penutup kaca (glasir). Mereka umumnya terbuat dari karet atau plastik dengan inhibitor cahaya ultraviolet (UV) untuk memperpanjang umur panel. Karena komponennya murah dan desain sederhana, kolektor tanpa glasir biasanya lebih murah dibandingkan kolektor berglasir. Bahkan jika Anda akan mematikan sistem selama cuaca dingin, kolektor tanpa glasir mungkin lebih efektif dibandingkan memasang sistem kolektor berglasir yang lebih mahal.

Cara Kerja Kolektor Surya
Sistem kolektor berglasir umumnya terbuat dari pipa tembaga di atas plat aluminium dengan penutup kaca. Saat cuaca dingin, sistem berglasir -dengan kolektor penukar panas dan cairan pentransfer panas- menangkap panas matahari lebih efisien dibandingkan dengan sistem tanpa glasir.

Oleh karena itu, mereka dapat digunakan sepanjang tahun di berbagai iklim. Kolektor berglasir juga dapat digunakan untuk memanaskan air panas domestik di sepanjang tahun.

Baik sistem kolektor berglasir dan tanpa glasir harus mencakup perlindungan dari pembekuan jika mereka akan digunakan pada kondisi dingin.

Memilih Pemanas Kolam Renang Tenaga Surya
Biaya sistem pemanas kolam surya biasanya berkisar antara 30 – 40 juta untuk pembelian dan instalasi. Ini akan memberikan Anda payback period antara 1,5 hingga 7 tahun, tergantung pada biaya bahan bakar di lokasi Anda. Mereka juga biasanya lebih tahan lama dibandingkan pemanas kolam renang gas dan pompa panas. Biaya total dan payback period tergantung pada banyak faktor. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli dan memasang sistem pemanas kolam renang tenaga surya, Anda harus melakukan hal-hal berikut ini:
  • Mengevaluasi sumber daya surya di lokasi Anda.
  • Menentukan ukuran sistem yang tapat.
  • Menentukan orientasi dan kemiringan kolektor yang tepat.
  • Menentukan efisiensi sistem.
  • Membandingkan biaya sistem.
  • Mengetahui peraturan bangunan setempat.
Evaluasi Sumberdaya Matahari di Lokasi Anda
Sebelum Anda membeli dan menginstal sistem pemanas kolam surya, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan sumber daya surya di lokasi Anda. Efisiensi dan desain pemanas kolam renang tenaga surya tergantung pada seberapa banyak energi matahari mencapai bangunan Anda.

Sistem pemanas kolam renang tenaga surya menggunakan radiasi matahari yang langsung dan menyebar. Oleh karena itu, bahkan jika Anda tidak tinggal di iklim yang hangat dan cerah, lokasi Anda mungkin masih memiliki sumber daya matahari yang memadai. Pada dasarnya, jika bangunan Anda merupakan daerah yang tidak berbayang, lokasi ini adalah calon yang baik untuk sistem pemanas kolam renang tenaga surya.
Suplier dan installer lokal dapat melakukan analisis mengenai lokasi Anda.

Ukuran Pemanas Kolam Renang Tenaga Surya
Ukuran sebuah pemanas kolam renang tenaga surya melibatkan banyak faktor:
  • Ukuran kolam renang.
  • Panjang musim pemakaian kolam renang.
  • Rata-rata suhu di lokasi kolam renang.
  • Suhu kolam renang yang diinginkan.
  • Sumber daya matahari di lokasi kolam renang.
  • Orientasi dan kemiringan kolektor.
  • Efisiensi Kolektor.
  • Penggunaan penutup kolam renang.
Kontraktor sistem surya akan menggunakan sheet work dan program komputer untuk membantu menentukan persyaratan sistem dan ukuran kolektor.

Pada dasarnya, luas permukaan kolektor surya Anda harus berkisar antara 50% -100% dari luas permukaan kolam renang Anda. Di daerah dingin dan berawan, Anda mungkin perlu meningkatkan rasio antara luas kolektor dan luas permukaan kolam.

Dalam iklim apapun, Anda biasanya dapat memperkecil area kolektor yang dibutuhkan dengan menggunakan cover kolam renang.

Anda juga membutuhkan pompa untuk sistem surya dengan ukuran yang tepat. Jika Anda mengganti sistem pemanas kolam renang konvensional dengan sistem pemanas surya, Anda mungkin memerlukan pompa yang lebih besar dari yang ada saat ini.

Penempatan Kolektor Pemanas Kolam Renang Tenaga Surya
Kolektor dapat dipasang di atap atau di dekat kolam renang yang menyediakan eksposur, orientasi, dan kemiringan ke arah matahari yang tepat. Orientasi dan kemiringan kolektor surya akan mempengaruhi kinerja sistem pemanas kolam renang Anda. Kontraktor Anda harus mempertimbangkan sumber daya surya di lokasi Anda dan ukuran sistem Anda.

Orientasi Kolektor Pemanas Kolam Renang Tenaga Surya
Kolektor pemanas kolam renang tenaga surya harus berorientasi geografis untuk memaksimalkan jumlah energi matahari harian dan musiman yang mereka terima. Secara umum, orientasi optimal untuk kolektor surya di belahan bumi utara adalah selatan, dan sebaliknya. Anda juga harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti orientasi atap (jika Anda berencana untuk menempatkan kolektor di atap Anda), fitur lanskap lokal yang bisa membayangi kolektor harian atau musiman, dan kondisi cuaca lokal (pagi berkabut atau sore berawan), karena faktor ini dapat mempengaruhi orientasi optimal kolektor surya Anda.

Sudut Kolektor
Sudut kemiringan kolektor bervariasi berdasarkan garis lintang lokasi Anda. Anda bisa menggunakan kalkulator sudut surya di sini. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa kolektor yang tidak miring pada sudut yang optimal tidak akan mengurangi kinerja sistem secara signifikan. Oleh karena itu, Anda biasanya dapat memasang kolektor datar di atap Anda, yang mungkin tidak berada pada sudut yang optimal tetapi lebih estetis. Namun, Anda tetap harus memperhatikan sudut atap ketika memperhitungkan ukuran sistem Anda.

Menentukan Efisiensi Pemanas Kolam Renang Tenaga Surya
Anda dapat menentukan efisiensi sistem pemanas kolam renang tenaga surya berbasis pada rating kinerja termal kolektor.

Rating kinerja termal kolektor surya diukur dengan Btu (British thermal unit) per kaki persegi per hari: Btu / (ft2day).

Atau, rating kinerja termal dapat diukur dengan megajoule (MJ) per meter persegi per hari: MJ / (m2hari).

Semakin tinggi angkanya, semakin besar efisiensi pengumpulan energi surya. Namun, karena kondisi cuaca, akurasi instrumentasi, dan kendala kondisi uji lainnya yang dapat bervariasi, rating kinerja termal dari dua kolektor harus dianggap kurang lebih sama jika mereka berada dalam selisih 25 Btu / (ft2hari) antara satu sama lain.

Kolektor surya efisiensi tinggi tidak hanya akan mengurangi biaya operasional tahunan, tetapi juga mungkin memerlukan lebih sedikit luas kolektor persegi untuk memanaskan kolam renang.

Membandingkan Biaya Sistem Pemanas Kolam Renang Tenaga Surya
Sebelum membeli sistem pemanas kolam renang tenaga surya, Anda dapat memperkirakan dan membandingkan biaya penggunaan berbagai tipe kolektor surya yang berbeda. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan potensi penghematan biaya investasi pada jenis kolektor yang lebih efisien, yang mungkin memerlukan lebih sedikit panel kolektor untuk memanaskan kolam renang Anda.

Untuk memperkirakan dan membandingkan biaya, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut:
  • Rating kinerja termal kolektor (Btu / hari).
  • Total jumlah panel kolektor atau pipa pada area yang dibutuhkan untuk memanaskan kolam renang Anda.
  • Jumlah biaya instalasi sistem.
Peraturan dan Persyaratan Bangunan
Seperti pada sistem pemanas air tenaga surya, merupakan hal penting untuk mempertimbangkan peraturan dan persyaratan bangunan lokal untuk pemanas surya.

Instalasi dan Pemeliharaan
Instalasi yang tepat dari sistem pemanas kolam renang tenaga surya tergantung pada banyak faktor. Faktor-faktor ini termasuk sumber daya matahari, iklim, peraturan dan persyaratan bangunan lokal, dan masalah keamanan. Oleh karena itu, sangat baik bagi Anda untuk menggunakan kontraktor profesional untuk menginstal sistem Anda.

Setelah instalasi, memelihara sistem Anda dengan benar akan menjamin sistem ini tetap bekerja lancar selama 10-20 tahun. Konsultasikan dengan kontraktor dan baca manual kepemilikan Anda untuk kebutuhan pemeliharaan sisem. Kolektor Anda akan memerlukan sedikit pemeliharaan jika keseimbangan kimia kolam renang dan sistem penyaringan diperiksa secara teratur. Kolektor berglasir mungkin perlu dibersihkan pada iklim kering yang air hujan tidak tersedia untuk pembilasan secara alami.

Ketika Anda sedang memilih kontraktor untuk memasang dan / atau memelihara sistem, ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apakah perusahaan Anda memiliki pengalaman menginstal dan memelihara sistem pemanas kolam renang tenaga surya?
->Pilih perusahaan yang memiliki pengalaman menginstal jenis sistem yang Anda inginkan dan melayani aplikasi yang Anda pilih.

  • Berapa tahun pengalaman yang perusahaan Anda miliki dalam hal instalasi dan pemeliharaan pemanas surya?
->Semakin banyak semakin baik. Mintalah daftar pelanggan di masa lalu yang dapat memberikan referensi.

  • Apakah perusahaan Anda berlisensi atau sertifikasi?
->Lisensi kontraktor surya diperlukan di beberapa negara. Konfirmasikan lisensi/sertifikat dengan pihak yang mengelurkan lisensi/ sertifikat tersebut.



IndoEnergi Home