Keunggulan Sistem Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air tenaga surya menggunakan energi dari matahari, bukan menggunakan gas atau listrik pada pemanas air konvensional. Sistem pemanas air tenaga surya dapat memenuhi 70 hingga 90 persen kebutuhan rata-rata air panas keluarga. Meskipun Anda mungkin masih memerlukan sistem cadangan, menggunakan tenaga surya sebagai pengganti bahan bakar fosil tidak hanya lebih baik bagi lingkungan, sistem ini dapat pula membantu Anda menghemat uang.

Efisiensi Biaya
Biaya awal pembelian dan pemasangan pemanas air tenaga surya biasanya lebih besar dari sistem pemanas air yang paling konvensional. Seiring waktu, sistem pemanas tenaga surya akan menjadi lebih hemat biaya dibandingkan bahan lainnya. Sistem ini menghasilkan penghematan yang signifikan bila Anda membandingkan pemanas energi matahari dengan pemanas gas atau listrik. Diperkirakan bahwa rata-rata pemilik rumah akan mendapatkan ongkos energi untuk pemanas airnya turun 50 sampai 80 persen setiap bulan setelah menginstal sistem pemanas air tenaga surya.

Ramah Lingkungan
Pemanas air listrik menggunakan listrik yang dihasilkan dan disalurkan ke rumah Anda melalui pembangkit listrik. Sayangnya, sebagian besar pembangkit listrik membakar bahan bakar fosil untuk menciptakan energi panas yang diperlukan untuk menghasilkan listrik. Kegiatan ini menghasilkan polusi udara. Pemanas air gas juga mencemari udara dengan membuang karbon monoksida.

Pemanas air tenaga surya lebih ramah lingkungan karena fakta bahwa mereka tidak mencemari udara ketika digunakan. Bahkan jika Anda tetap menggunakan sistem gas atau listrik sebagai cadangan, menggunakan tenaga surya sebagai sistem utama untuk memanaskan air dapat secara drastis mengurangi jejak karbon keluarga Anda.

Tahan Lama
Bila Anda berinvestasi pada sistem pemanas air tenaga surya, Anda boleh berkeyakinan bahwa investasi Anda akan terbayar. Rata-rata pemanas air matahari dapat bertahan hingga 20 tahun atau lebih. Ini dua kali dari rata-rata masa pakai pemanas air listrik. Terlebih, pemanas air tenaga surya yang berkualitas tinggi dapat bertahan lebih lama lagi. Ada produsen yang mengklaim bahwa sistem pemanas surya mereka yang berkualitas tinggi dapat bertahan selama usia rumah itu sendiri.

Keselamatan
Merupakan hal yang normal bagi peralatan yang ditenagai oleh gas alam untuk mengeluarkan sejumlah kecil karbon monoksida, tapi, pemanas air gas yang tidak mendapatkan oksigen yang cukup dapat mulai mengeluarkan zat beracun ini dalam jumlah yang jauh lebih tinggi. Karbon monoksida sangat berbahaya karena tidak berbau, tidak berwarna dan eksposur tinggi bisa berakibat fatal. Pemanas air tenaga surya tidak memiliki risiko bahaya tersebut pada Anda dan keluarga Anda. Tidak peduli seberapa baik sistem pemanas tenaga surya Anda bekerja, sistem ini tidak akan memancarkan gas beracun ke dalam rumah Anda.



IndoEnergi Home