Kolektor Panas Pada Sistem Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air tenaga surya digunakan oleh pihak industri
1. Kolektor Pelat Datar
Kolektor pelat datar adalah kolektor surya yang paling umum untuk sistem pemanas air tenaga surya rumahan. Kolektor pelat datar standar adalah sebuah kotak logam dengan penutup kaca atau plastik (disebut glasir) dan pelat absorber berwarna gelap.

Kolektor ini memanaskan cairan atau air pada suhu kurang dari 180° F (82° C). Kolektor pelat datar memanaskan cairan yang mengalir melalui tabung di atau berdekatan dengan pelat absorber. Sistem sederhana menggunakan air minum domestik, yang dipanaskan saat melewati kolektor dan kemudian mengalir ke rumah. Pemanas kolam renang tenaga surya juga menggunakan teknologi kolektor pelat datar.

2. Kolektor Evacuated-tube
Kolektor evacuated-tube dapat mencapai suhu yang sangat tinggi yaitu 170° F sampai 350° F (81° C sampai 176° C ), membuat kolektor jenis ini lebih tepat untuk aplikasi komersial dan industri. Namun, kolektor evacuated-tube lebih mahal dibandingkan kolektor pelat datar, dengan biaya satuan luas sekitar dua kali lipat dari kolektor plat datar.

Kolektor evacuated-tube biasanya terbuat dari baris paralel tabung kaca transparan. Setiap tabung terdiri dari tabung kaca bagian luar dan tabung penyerap logam yang melekat pada sirip. Sirip ditutupi dengan lapisan yang menyerap energi matahari dengan baik, tapi memiliki kemampuan menghambat kehilangan panas radiasi. Udara dihilangkan, atau dievakuasi, dari ruang antara tabung kaca dan tabung logam yang membentuk vakum, yang juga menyebabkan sistem tidak kehilangan panas konduktif dan konvektif.

Sebuah desain evacuated-tube model baru diproduksi oleh produsen Cina, Beijing Sunda Solar Energy Technology Co Ltd, yang mendesain fitur vakum antara dua tabung kaca konsentris, dengan lapisan penyerap pada tabung bagian dalam. Tidak ada segel kaca-ke-logam. Jenis kolektor evacuated-tube ini memiliki potensi untuk berkompetisi dalam hal biaya dengan kolektor pelat datar.

3. Sistem Kolektor-penyimpanan Terpadu
Sistem kolektor-penyimpanan terpadu, juga dikenal sebagai sistem batch, terbuat dari satu atau lebih tangki kosong atau tabung dalam kotak kaca terisolasi. Air dingin pertama-tama melewati kolektor surya, yang memberi panas pendahuluan pada air, dan kemudian memasuki pemanas air cadangan konvensional.
Sistem batch ini sederhana, dan dapat diandalkan. Namun, sistem ini hanya dapat diinstal di iklim dengan pembekuan ringan karena kolektor itu sendiri atau pipa luar bisa membeku dalam cuaca yang sangat dingin. Beberapa model terbaru menunjukkan bahwa masalah pembekuan pipa dalam beberapa kasus dapat diatasi dengan menggunakan pipa yang toleran terhadap kebekuan.



IndoEnergi Home