Manfaat Sistem Pemanas Air Tenaga Surya

Manfaat sistem pemanas air tenaga surya sebenarnya akan melebihi investasi awal yang terlihat mahal. Mengingat kondisi bumi kita saat ini, yaitu kelangkaan bahan bakar fosil, maka banyak orang yang mulai mengantisipasi kenaikan ongkos energi dengan teknologi baru tapi terjangkau, berupa panel surya, yang merupakan pilihan yang lebih logis untuk memanaskan air dan ruangan.

Berikut adalah daftar manfaat sistem pemanas air tenaga surya.

1. Energi matahari adalah energi terbarukan. Saat ini telah diakui secara luas bahwa tingkat persediaan bahan bakar fosil tidak akan mampu untuk mendukung semua kebutuhan energi kita untuk jangka waktu yang lama. Kenyataan ini menjadi premis penting agar kita mulai beralih ke sumber energi yang lebih menjanjikan, yang dapat mendukung kebutuhan energi dan peningkatan jumlah penduduk dunia di masa yang akan datang. Matahari dapat dimanfaatkan dan dieksploitasi, dan akan tetap menjadi sumber energi yang relatif tak terbatas.

2. Energi matahari adalah energi bersih. Salah satu manfaat dari sistem pemanas air tenaga surya adalah kurangnya kontribusi terhadap emisi gas rumah kaca. Yang juga perlu dipertimbangkan adalah, dengan teknologi maju peralatan untuk pemanas air tenaga surya bisa bertahan hingga 30 tahun. Akumulasi rongsokan tidak akan separah bila dibandingkan dengan sampah yang ditinggalkan oleh peralatan yang berumur lebih pendek seperti pada pemanas air gas dan listrik.

3. Energi matahari adalah energi gratis. Manfaat sistem air panas tenaga surya tidak melulu diukur dengan uang, meskipun hal ini merupakan salah satu aspek menarik dari tenaga surya. Energi matahari nyaris gratis!

Memang. Biaya investasi awal masih mahal (meskipun situasi pasar terbaru mengindikasikan bahwa peningkatan permintaan kolektor surya kemungkinan akan mendorong harga turun ke tingkat yang sebagian besar rumah tangga mampu membelinya.) Setelah biaya pemasangan pemanas air matahari telah mencapai BEP, rumah tangga akan mendapatkan air panas hampir gratis.

4. Energi matahari dapat diakses, terlepas dari lokasi. Salah satu manfaat lain adalah sistem pemanas air tenaga surya yaitu dapat dipasang di lokasi yang tak memiliki akses ke sumber energi lainnya. Di lokasi terpencil yang tak memiliki instalasi tiang listrik atau harga gas sangat mahal, satu-satunya pilihan bagi rumah tangga adalah dengan memanaskan air melalui panel surya.

Kolektor surya juga akan memberikan manfaat maksimal di tempat-tempat yang secara alami mendapat sinar matahari berlimpah. Namun kolektor surya tidak dapat segera memberi keuntungan lebih (pay back) di daerah yang tidak mendapatkan cukup banyak sinar matahari. Setidaknya, pemanas air tenaga surya dapat dilengkapi dengan pemanas gas alam atau listrik untuk mensuplai air panas di hari-hari mendung atau cuaca membekukan.

Sudah siap untuk memasang sistem pemanas air tenaga surya di rumah Anda?



IndoEnergi Home