Mengapa Memilih Kasur Organik?

Sungguh menakjubkan, pada satu waktu, sebelum Revolusi Industri, membeli makanan organik, pakaian organik dan banyak lainnya adalah hal yang biasa. Saat ini, semua tampaknya berjalan mundur karena masyarakat telah menyerah pada kuantitas di atas kualitas. Barang-barang organik sudah menjadi barang mewah.

Mengapa harus membeli kasur organik? Anda menghabiskan antara 2000-3000 jam di tempat tidur per tahun. Jadi,  mengapa Anda harus membahayakan diri begitu lama, sedangkan Anda bisa memanfaatkan setiap detik untuk mendapatkan tidak hanya suasana yang nyaman tapi juga sehat?

Kasur VOC (Volatile Organic Compounds)
Manufaktur secara konvensional seperti pemakaian bahan kimia tahan api untuk kasur tidak memperhitungkan efek risiko kesehatan yang mengerikan, yaitu pelepasan gas beracun yang menyertainya.

Sejak tahun 1960-an, kasur telah mengandung banyak aditif VOC seperti poliuretan, phthalates, formaldehida, benzena, polybrominated diphenyl ethers (PBDE), naftalena, pestisida dan banyak lagi. Penulis Sleep Safe in a Toxic World , Walter Bader, bahkan melakukan tes sendiri dengan mengirimkan kasur ke laboratorium dan menemukan 61 emisi VOC. Dia berkomentar, "Kasur seperti rokok pada tahun 1930-an, benar-benar tidak diregulasi, dan semua orang berpikir mereka aman."

Apakah Semua Ada di Organik
Beberapa orang mungkin tidak merasa bahwa 'pelepasan gas beracun' yang terakumulasi cukup untuk menyebabkan terjadinya kerusakan tubuh. Namun kenyataannya, PBDE yang sekarang sudah jarang digunakan pernah ditemukannya dalam darah dan ASI ditambah mengganggu kesehatan tiroid serta perkembangan otak. Ahli lingkungan dan kesehatan, PhD epidemiologi, Devra Lee Davis mengungkapkan, "Meskipun jumlah yang dihirup sangat kecil, paparan akan terus bertambah." Membeli kasur organik tidak mengakibatkan 'pelepasan gas beracun' dan bahkan dapat bersaing dengan bahan kimia tahan api. Wol, dan rayon dibuat dengan silika terhidrasi. Wol merupakan yang terbaik karena sulit untuk terbakar, penyebaran api kecil, dapat dipadamkan sendiri dan tidak meneteskan atau memancarkan asap beracun jika dibakar. Kelembaban juga berkurang secara signifikan karena wol mencegah penumpukan jamur yang dapat tumbuh pada bahan sintetisa. Karet lateks alam tahan terhadap alergi yang disebabkan tungau debu dan katun organik efisien menyerap kelembaban dari tubuh sehingga membuat tidur menjadi lebih nyaman. Kebanyakan kasur organik hypoallergenic, tahan serangga, antimikroba, bebas kimia dan tahan api.

Pahlawan Lingkungan
Dampak lingkungan produksi kasur organik sungguh signifikan. Namun, jika Anda membelinya, berhati-hatilah dan pastikan Anda mendapatkan produk yang benar-benar organik karena ada perusahaan yang menawarkan hanya sebagian kecil kualitas organik. Anda bisa memberi manfaat pada lingkungan dengan cara: Menggunakan produk yang tidak merusak bumi, tidak menggunakan pupuk dan pestisida beracun, tidak menggunakan hormon tambahan dan praktik pengumpulan wol dengan kejam; menggunakan sumber daya terbarukan seperti karet; bersifat ramah lingkungan; tidak melepaskan gas beracun; dan tidak menggunakan pemutih.

Jika kira-kira sepertiga dari hidup Anda dihabiskan di tempat tidur, mengapa tidak memilih kasur organik?



IndoEnergi Home