Minyak Lavender sebagai Pengusir Serangga

Minyak lavender merupakan salah satu minyak yang paling populer dan paling banyak digunakan dalam praktek aromaterapi. Minyak ini populer karena diyakini memiliki sejumlah sifat penyembuhan dan bersifat lembut. Berbagai jenis minyak lavender tersedia, jadi pastikan bahwa Anda tahu jenis minyak lavender yang Anda gunakan. Minyak lavender dapat digunakan sebagai pengusir serangga dan diterapkan dalam berbagai cara. Konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum menggunakan minyak lavender sebagai pengusir serangga.

Jenis Lavender
Lavender yang sebenarnya, Lavandula angustifolia, adalah minyak lavender yang paling umum digunakan untuk aromaterapi. Jenis lavender lain termasuk diantaranya adalah Lavandula latifolia, Lavandin, Lavandula x intermedia dan stoechas lavender. Menurut Julia Harga dalam The Illustrated Encyclopedia of Essential Oils, baik minyak Lavandula latifolia dan Lavandin memiliki khasiat yang serupa dengan Lavandula angustifolia. Namun, Patricia Davis, dalam "Aromaterapi: An A-Z," menulis bahwa minyak stoechas lavender terlalu beracun untuk digunakan dengan aman sebagai aromaterapi.

Kandungan
Minyak lavender diyakini memiliki sejumlah sifat terapeutik. Lawless menulis bahwa lavender bersifat analgesik, antiserangga, antiseptik dan menenangkan. Sifat penyembuhan pada lavender cocok untuk mencegah gigitan serangga dan mengurangi efek gigitan dan sengatan serangga.

Pengusir Serangga
Menurut Davis, minyak lavender telah digunakan sebagai pengusir serangga selama berabad-abad. Lavender digunakan di masa lalu untuk melindungi pakaian dan linen dari kutu ngengat dan serangga lainnya. Davis menyarankan untuk menggunakan minyak lavender sebagai pencegah gigitan nyamuk dan serangga menggigit lainnya.

Minyak lavender juga mencegah penyebaran infeksi yang disebabkan oleh gigitan serangga dan mengontrol gatal dan peradangan yang sering dikaitkan dengan gigitan serangga. Valerie Ann Worwood, dalam The Complete Book of Essential Oils and Aromatherapy, menulis bahwa minyak lavender juga membantu mengontrol kutu, lalat hitam, kumbang hitam, ngengat putih dan lalat.

Cara Menggunakan
Gunakan minyak lavender dalam bentuk lotion; minyak campur, seperti minyak bunga matahari, atau semprotkan sebagai penolak serangga. Meskipun minyak lavender merupakan salah satu minyak esensial yang dapat dioleskan ke kulit, tidak dianjurkan untuk melakukannya tanpa konsultasi dengan profesional kesehatan yang berkualitas. Davis menyarankan pencampuran minyak lavender dengan jeruk atau minyak kayu putih untuk digunakan sebagai pengusir serangga.

Perhatian
Minyak lavender, secara umum, lembut dan tidak beracun. Sangat cocok untuk digunakan oleh anak-anak dan orang tua. Minyak ini juga dapat digunakan pada wanita hamil. Sebelum menggunakan minyak lavender sebagai pengusir nyamuk, konsultasikan terlebih dahulu dengan profesional kesehatan yang berkualitas, karena keadaan masing-masing individu mungkin berbeda satu sama lain.



IndoEnergi Home