Panduan Menentukan Lokasi dan Arah Panel Surya

Panel surya adalah jantung dari sistem tenaga surya. Mereka juga merupakan bagian dari sistem PV yang memerlukan biaya terbesar. Ada 3 hal dasar yang perlu diperhatikan saat berencana untuk menginstal panel surya Anda. Mereka adalah:

Lokasi Panel Surya
- Yaitu menentukan tempat panel surya harus diinstal dan orientasi panel surya.

Kemiringan Panel Surya
- Yaitu menentukan kemiringkan panel, dan itu tergantung pada pada garis lintang dan bujur rumah Anda.

Sistem Pelacak Surya (solar tracker)
- Yaitu mengarahkan posisi panel Anda untuk melacak matahari guna memperoleh energi maksimum.

Hal-hal berikut merupakan langkah demi langkah yang harus diikuti ketika memasang panel surya:

Lokasi Instalasi Panel Surya
Panel surya harus terkena sinar matahari maksimum untuk efisiensi yang lebih baik. Biasanya mereka dipasang di atap sehingga mereka terkena cahaya matahari maksimum. Mereka juga dapat dipasang pada tiang atau langsung di tanah.

Panel surya yang dipasang di tanah merupakan bentuk instalasi yang paling sederhana tetapi membutuhkan banyak ruang. Meskipun sangat umum, panel surya yang dipasang di atap memiliki kelemahan yaitu sulit untuk dipelihara. Meskipun panel surya bebas perawatan, membersihkan atau memperbaiki panel surya di atap bisa menjadi tugas yang sulit. Ketinggian panel surya yang dipasang di tiang dapat diatur sehingga pemeliharaan menjadi lebih mudah.

Jadi ketika merencanakan untuk memasang panel surya, pertimbangkanlah aspek perawatan dan ruang tambahan yang dibutuhkan untuk instalasi array panel.

Mengenai arah orientasi panel surya, apabila Anda di sebelah selatan katulistiwa, maka arahkan panel surya Anda ke arah utara. Sebaliknya, apabila Anda berada di sebelah utara katulistiwa maka arahkan panel surya Anda ke arah selatan. Cek di sini mengenai arah panel surya berdasarkan posisi Anda:

Kalkulator Arah Panel Surya

Kemiringan Panel Surya
Panel surya harus miring dengan sudut tertentu sehingga mereka terkena sinar matahari maksimum. Mereka harus menghadap selatan untuk belahan bumi utara atau menghadap utara di belahan bumi selatan.

Metode yang paling sederhana adalah memiringkan panel surya Anda secara tetap (fixed) dan meninggalkan mereka tanpa diganggu lagi. Tapi memiringkan panel sesuai dengan musim dan posisi matahari akan memberikan hasil yang lebih baik.

Untuk wilayah Indonesia, kota kota yang terletak di sekitar garis khatulistiwa, solar panel akan lebih efisien jika diposisikan pada sudut 20-30 derajat dari tanah. Cek di sini mengenai kemiringan panel surya berdasarkan lokasi Anda:

Kalkulator Kemiringan Panel Surya

Pelacak Surya
Sistem pelacakan surya adalah perangkat untuk terus melacak matahari dan menjaga panel surya di sudut yang tepat. Pelacak surya bergerak mengikuti matahari menggunakan motor stepper dan sensor cahaya.


IndoEnergi Home