Pedoman Memilih Sistem Pemanas Air Tenaga Surya

1. Kolektor pelat datar merupakan sistem berbasis logam dan memiliki masa pakai lebih lama dibandingkan dengan sistem evacuated-tube, karena evacuated-tube terdiri dari tabung kaca yang rentan pecah.

2. Sistem evacuated-tube 10% -20% lebih murah dibandingkan dengan sistem kolektor pelat datar. evacuated-tube bekerja lebih baik di daerah dingin dan menghindari masalah pembekuan pada suhu di bawah nol. Sistem kolektor pelat datar juga bekerja dengan baik bila menggunakan cairan anti beku pada temperatur di bawah nol, namun tentu saja lebih mahal.

3. Pada tempat-tempat yang airnya merupakan air keras (kaya mineral/sadah) dan memiliki kandungan klorin yang lebih tinggi, harus diinstal sistem kolektor pelat datar dengan penukar panas (heat exchanger) karena hal ini akan menghindari pengendapan scaling pada tabung tembaga kolektor surya yang dapat memblokir aliran air serta mengurangi kinerja sistem. Sistem kolektor evacuated-tube tidak menghadapi masalah tersebut.

4. Untuk rumah dengan satu kamar mandi dan memiliki 3 sampai 4 anggota keluarga, sistem dengan kapasitas 100 liter air panas per hari cukup memadai. Untuk kamar mandi yang lebih banyak, kapasitas yang dibutuhkan akan meningkat karena terjadi kerugian hilangnya panas pada pipa dan penggunaan air yang lebih banyak. Umumnya kapasitas ditentukan berdasarkan banyaknya air panas yang dibutuhkan untuk mandi di pagi hari.

5. Biaya sistem pemanas air tenaga surya tidak meningkat secara linear dengan peningkatan kapasitas, melainkan turun secara proporsional jika kita menggunakan sistem dengan kapasitas yang lebih tinggi. Pemasangan isolasi pipa air panas bisa membutuhkan biaya tambahan jika jumlah kamar mandi lebih dari satu.



IndoEnergi Home