Pemanas Kolam Renang Tenaga Surya

Bagan pemanas kolam renang tenaga surya
Salah satu isu penting bagi pemilik kolam renang adalah cara untuk memanasan kolam renang mereka. Ada banyak cara untuk memanaskan kolam renang, baik indoor maupun outdoor. Salah satu cara yang ramah lingkungan adalah dengan menggunaan energi matahari dan pemanas air tenaga surya untuk memanaskan air kolam renang dan memberikan suhu air yang nyaman.

Proses Pemanasan Air Tenaga Surya
Pemanasan air dengan menggunakan tenaga surya telah digunakan secara luas di banyak wilayah di dunia dan dalam hal ini berarti kita telah mengambil manfaat dari energi alternatif/energi hijau. Air dipanaskan dengan menggunakan energi panas matahari untuk di rumah atau kebutuhan komersial. Salah satu kebutuhan akan pemanas air tenaga surya adalah untuk kolam renang.

Idenya sederhana. Kolektor surya mengumpulkan energi panas matahari dan melalui teknik tertentu -yang terus berkembang dari waktu ke waktu- air dipanaskan baik secara langsung maupun tidak langsung, dan disimpan dalam tangki penyimpanan air panas untuk digunakan ketika dibutuhkan. Untuk kolam renang, tidak ada tangki penyimpanan air panas karena air panas langsung dialirkan ke kolam renang, yang bertindak sebagaimana tangki penyimpanan.

Proses Pemanasan Kolam Renang
Memanaskan kolam renang Anda dengan energi  matahari merupakan solusi yang paling efektif bila dibandingkan dengan metode tradisional lainnya, seperti dengan menggunakan bahan bakar fosil. Energi panas matahari adalah energi yang gratis dan merupakan salah satu sumber energi hijau terbarukan.

Menggunakan pemanas air tenaga surya untuk kolam renang Anda berarti Anda mengurangi biaya operasional, baik itu untuk kolam renang keluarga, kolam renang umum atau bahkan pusat olahraga renang profesional.

Sistem Pemanas Kolam Renang Tenaga Surya
Sistem pemanas kolam renang tenaga surya terdiri dari 3 komponen dasar: Kolektor surya atau panel surya, pompa dan filter. Komponen keempat yang biasanya digunakan adalah katup kontrol aliran yang mengontrol aliran air ke dan dari panel otomatis atau secara manual.

Proses ini sederhana. Pompa menyedot air dingin dari kolam dan mendorongnya melewati filter. Semua kotoran disaring dan air dingin bersih dialirkan ke panel yang biasanya terletak di atap rumah atau teras . Air dipanaskan ketika melewati panel/ kolektor panas matahari. Ketika air sudah cukup panas, katup terbuka dan air mengalir ke dalam kolam menaikkan suhu air di kolam renang.

Tergantung pada lokasi, suhu kolam renang bisa ditingkatkan hingga mencapai suhu yang diinginkan dengan memanfaatkan sinar matahari selama beberapa jam. Perlu dicatat, bahwa suhu air yang nyaman untuk kolam renang lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan air panas lainnya seperti untuk mencuci dan mandi sehingga dibutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk meningkatkan suhu air ke tingkat yang nyaman dengan tepat.

Kolektor surya terbuat dari berbagai macam bahan yang berbeda, dan penggunaan panel yang tepat tergantung pada lokasi gerografis dan iklim. Kita dapat memilih panel tanpa glasir untuk digunakan didaerah beriklim sedang dan panel glasir untuk digunakan di daerah beriklim dingin. Harga berbagai jenis panel berbeda, panel glasir lebih mahal daripada yang tanpa glasir.

Memilih Sistem Pemanas Kolam Renang Tenaga Surya
Harga sistem pemanas kolam renang tenaga surya berkisar antara 25 juta – 45 juta rupiah, termasuk instalasi. Keuntungannya, dibandingkan penggunaan sistem berbahan bakar fosil, dicapai pada pemakaian 2 sampai 7 tahun tergantung pada berbagai parameter untuk masing-masing negara dan lokasi kolam renang.

Sistem pemanas kolam renang tenaga surya merupakan investasi yang dirancang untuk bertahan selama bertahun-tahun, dan lebih banyak keuntungan yang dapat dicapai dibandingkan pemanas berbahan bakar fosil konvensional.

Karena sistem ini merupakan suatu investasi, kita harus memastikan bahwa kita telah menetapkan kriteria tertentu dalam menyeleksi berbagai sistem pemanas tenaga surya, sehingga kita dapat memilih sistem yang optimal untuk kolam renang kita.

Kriteria dan pedoman pembelian sistem pemanas kolam renang tenaga surya adalah sebagai berikut:
  • Berapa banyak sumber daya matahari yang tersedia di lokasi - berapa banyak intensitas sinar matahari yang kita miliki.
  • Tentukan ukuran yang tepat, mengikuti desain kolam renang.
  • Tenentukan orientasi dan kemiringan kolektor surya.
  • Tentukan efisiensi sistem berdasarkan spesifikasi pabrikan.
  • Bandingkan biaya, biaya awal dan biaya pemakaian, pada basis yang sama.
  • Pastikan kesesuaian terhadap peraturan dan regulasi lokal.

Salah satu kriteria wajib adalah suplier dan installer merupakan perusahaan terpercaya dengan tenaga kerja yang terlatih.

Evaluasi keuangan harus dilakukan selama minimal 7 tahun yang merupakan payback period maksimum sistem pemanas kolam renang tenaga surya. Metode yang biasanya digunakan untuk analisis keuangan adalah evaluasi Net Present Value, NPV.

Sistem pemanas kolam renang tenaga surya  tidak hanya mengurangi biaya dan pengeluaran kita, tetapi juga berperan dalam membantu ketahanan energi kita, karena energi matahari adalah sumber energi hijau terbarukan, dan memberi dampak pada lingkungan dengan mengurangi emisi CO2 ke udara.



IndoEnergi Home