Pemilihan Lokasi Pemanas Air Tenaga Surya

Sistem pemanas air tenaga surya adalah cara sempurna untuk memanaskan air secara berkelanjutan dan efisien. Memanfaatkan radiasi dari matahari, sistem pada umumnya dapat memenuhi kebutuhan 50 sampai 70% air panas tahunan bagi Anda. Namun, lokasi dari suatu sistem akan memainkan peran penting terhadap kinerja dan efisiensi.

Untuk membantu Anda mengevaluasi dan mengkonfirmasi apakah lokasi Anda cocok atau tidak untuk pemanas air tenaga surya, berikut adalah pedoman yang bisa Anda ikuti:
  • Untuk mendapatkan kinerja terbaik, sistem pemanas Anda harus ditempatkan pada permukaan yang menghadap langsung ke matahari (biasanya di atap) dengan kemiringan 45 derajat ke arah matahari..
  • Sistem pemanas air tenaga surya adalah salah satu teknologi yang menyediakan air panas. Sistem pemanas air konvensional dapat digabungkan ke sistem pemanas surya, dengan menggunakan sebuah kumparan ekstra untuk memanaskan air Anda.
  • Sistem pemanas air tenaga surya ideal untuk pemanasan kolam renang. Ukuran panel panas surya dapat disesuaikan untuk memenuhi setiap ukuran kolam renang, mulai dari kolam renang indoor atau outdoor hingga untuk kolam renang pusat rekreasi berskala besar.
  • Meskipun sistem pemanas air tenaga surya biasanya tidak cukup berat untuk menyebabkan masalah struktural, jika atap rumah Anda dalam kondisi tidak baik maka direkomendasikan agar Anda melakukan survei struktural sebelum melanjutkan pemasangan sistem pemanas air Anda. Jika atap Anda membutuhkan perbaikan maka sebaiknya dilakukan pada waktu yang bersamaan dengan pemasangan sistem pemanas air tenaga surya Anda untuk menghemat biaya.
  • Lebih baik untuk memasang sistem pemanas Anda pada bagian belakang atau samping rumah/bangunan dan tidak pada sisi yang menghadap publik, ini untuk menghindari masalah tata-ruang kota.
  • Tidak setiap lokasi membutuhkan izin perencanaan, tapi sangat direkomendasikan agar Anda memeriksa perizinan pemerintah setempat terlebih dahulu sebelum melanjutkan proyek Anda. 



IndoEnergi Home