Pengertian LEED: Sertifikasi Rumah & Bangunan Ramah Lingkungan

Di Amerika Serikat dan sejumlah negara lain di seluruh dunia, sertifikasi LEED merupakan standar yang diakui untuk mengukur ”keberlanjutan” sebuah bangunan. Mendapatkan sertifikasi LEED adalah cara terbaik bagi Anda untuk menunjukkan bahwa proyek bangunan Anda benar-benar "hijau."

Sistem rating LEED - dikembangkan dan dikelola oleh US Green Building Council, berbasis di Washington DC, koalisi nirlaba dari pemimpin di industri bangunan - dirancang untuk mempromosikan desain dan praktek konstruksi yang meningkatkan profitabilitas sekaligus mengurangi dampak negatif lingkungan oleh bangunan dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan penghuni.


Apa manfaat dari sertifikasi LEED?
Sertifikasi LEED, yang mencakup proses komisioning pihak ketiga yang ketat, menawarkan bukti menarik untuk Anda, klien Anda, teman-teman Anda dan masyarakat luas bahwa Anda telah mencapai tujuan lingkungan dan bangunan Anda  memiliki kinerja sebagaimana ia dirancang. Mendapatkan sertifikat memungkinkan Anda mengambil keuntungan dari meningkatnya jumlah insentif dari pemerintah lokal, dan dapat membantu meningkatkan minat pers dalam proyek Anda.

Sistem penilaian LEED menawarkan empat tingkat sertifikasi untuk konstruksi baru - Certified, Silver, Gold dan Platinum - yang sesuai dengan poin dari lima kategori desain hijau: lokasi yang berkelanjutan, efisiensi air, energi dan atmosphere, bahan dan sumber daya, dan kualitas lingkungan dalam ruangan. Standar LEED mencakup konstruksi baru dan proyek-proyek komersial renovasi besar, proyek interior dan operasional bangunan yang ada.

Bagaimana seseorang dapat memiliki sertifikasi LEED?
Website LEED, US Green Building Council, menyediakan tools untuk profesional bangunan, termasuk:

  • Informasi tentang proses sertifikasi LEED.
  • Dokumen LEED, seperti checklist dan panduan referensi. Standar bangunan yang sudah berdiri atau dalam pembangunan untuk jenis proyek berikut:
        - Konstruksi komersial baru dan proyek renovasi besar (LEED-NC)
        - Operasional bangunan yang sudah ada (LEED-EB)
        - Proyek komersial interior (LEED-CI)
        - Proyek inti dan sel (LEED-CS)
        - Rumah (LEED-H)
        - Pengembangan lingkungan ketetanggaan (LEED-ND)

  • Daftar proyek bersertifikat LEED.
  • Direktori profesional LEED-terakreditasi.
  • Informasi tentang lokakarya pelatihan LEED.
  • Kalender konferensi industri bangunan hijau.

Tips untuk Mendapatkan Sertifikat LEED


Menetapkan target lingkungan yang jelas. Sebelum memulai tahap desain proyek Anda, putuskan tingkat sertifikasi LEED apa yang Anda tuju dan sesuai dengan anggaran keseluruhan perusahaan. Juga pertimbangkan target sertifikasi yang lebih tinggi - sebuah tujuan "antara" - untuk merangsang kreativitas.

Tetapkan anggaran yang jelas dan memadai. Tingginya tingkat sertifikasi LEED, seperti Platinum, memang membutuhkan pengeluaran tambahan dan harus dianggarkan dengan baik.

Konsisten pada anggaran dan tujuan LEED Anda. Sepanjang proses desain dan pembangunan, pastikan seluruh tim proyek Anda terfokus pada keseimbangan tujuan LEED Anda terhadap anggaran. Jaga integritas lingkungan dan ekonomi dari proyek Anda di setiap kesempatan.

Menggunakan life-cycle value saat Anda melakukan value-engineering proyek Anda, pastikan untuk memeriksa investasi “hijau” Anda dalam hal pengaruh mereka atas biaya keseluruhan umur bangunan. Sebelum Anda memutuskan untuk memotong beberapa item, pertama-tama lihat hubungannya dengan fitur lain untuk melihat apakah hal itu akan membantu menjaga Anda mencapai sinergi penghematan uang, serta memberikan kredit poin untuk LEED. Banyak fitur hemat energi yang memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran atau menghapus penggunaan peralatan lain, atau mengurangi biaya total modal dengan payback period segera atau dalam beberapa bulan operasi. Sebelum memulai, tetapkan tujuan Anda pada value-enginering untuk life-cycle bangunan.

Menyewa profesional LEED-terakreditasi. Ada banyak arsitek, konsultan, insinyur, pemasar produk, profesional lingkungan dan industri bangunan yang memiliki pengetahuan mengenai bangunan hijau dan sistem serta proses penilaian LEED - dan dapat membantu Anda dalam memenuhi tujuan LEED Anda. Para profesional dapat menyarankan cara untuk memperoleh kredit poin LEED tanpa biaya tambahan, mengidentifikasi cara mengimbangi biaya-biaya tertentu dengan penghematan di titik lain dan melihat peluang untuk sinergi dalam proyek Anda.



IndoEnergi Home