Pertimbangan Untuk Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya

Kelebihan Pemanas Air Tenaga Surya
Manfaat yang diberikan pemanas air tenaga surya cukup banyak. Pertama, Anda akan menghemat uang untuk tagihan listrik Anda. Kemungkinan besar, biaya penggunaan pemanas air listrik Anda akan dihemat setidaknya hingga setengah. Berapa banyak Anda akan menghemat tergantung pada iklim di mana Anda tinggal.

Kemudian Anda juga akan menurunkan tingkat polusi yang Anda keluarkan. Penurunan penggunaan energi tradisional sebanyak 50 persen berarti penurunan emisi CO2 sebanyak 50 persen pula. Jadi memasang pemanas air tenaga surya akan mengurangi jejak karbon dari air panas Anda hingga setengahnya. Pada saat yang sama, Anda menghemat pemakaian bahan bakar fosil dengan aplikasi yang menggunakan sumberdaya terbarukan, yang sangat mudah diterapkan.

Karena banyaknya manfaat yang didapat dari penggunaan pemanas air tenaga surya, ini berarti meningkatkan nilai jual rumah Anda. Jadi Anda pada akhirnya akan mendapatkan kembali berapa pun uang yang Anda investasikan ke dalam sistem pemanas tenaga surya ketika Anda menjual rumah Anda kembali.

Karena sinar matahari gratis, hanya dibutukan biaya operasional yang sangat murah untuk mengubah energi matahari menjadi air panas di rumah Anda, ini bila Anda menginstal sistem secara profesional.

Kekurangan Pemanas Air Tenaga Surya
Kelemahan utama pemanas air tenaga surya adalah biaya awalnya. Anda dapat menurunkan biaya dengan menginstal atau membangun sistem pemanas sendiri, tetapi kebanyakan orang akan membutuhkan para profesional untuk memasangnya, karena pekerjaan ini biasanya berhubungan dengan atap.

Sangat penting untuk diingat, Anda akan memperoleh kembali uang yang Anda investasikan pada sistem pemanas tenaga surya. Tapi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menutup investasi di muka tergantung pada lokasi tempat tinggal Anda, berapa banyak air panas yang Anda gunakan, dan harga listrik. Jika Anda tinggal di sebuah tempat yang sangat cerah, menggunakan banyak air panas, dan biaya gas atau listrik naik setiap tahun, Anda akan bisa menghemat lebih banyak dan Anda dapat mengembalikan biaya investasi awal hanya dalam beberapa tahun. Beberapa kekurangan lainnya termasuk:

  • Suhu: Jika Anda tinggal di lokasi yang sangat dingin, model pemanas langsung (batch, thermoshyphon, dan langsung aktif) mungkin tidak tersedia untuk Anda karena risiko pembekuan.
  • Arah menghadap rumah: Untuk pemasangan yang efisien, Anda harus memiliki lokasi pemasangan dengan paparan sinar matahari yang cukup, tempat tinggal di kota mungkin tidak memenuhi syarat.
  • Kualitas air: Jika air di rumah Anda sangat keras (kaya mineral/sadah) atau asam, Anda mungkin tidak bisa menggunakan sistem aktif. Air keras atau asam dapat menimbulkan korosi pada sistem sirkulasi air.
  • Kebutuhan daya: Karena sistem aktif mengandalkan mesin bertenaga listrik, mereka tidak akan bekerja bila terjadi pemadaman listrik.
  • Peraturan membangun: Di beberapa daerah, seperti di daerah yang rentan terhadap gempa bumi, ada batas berat beban yang ketat untuk peralatan yang dipasang di atap. Pemanas air tenaga surya mungkin terlalu berat.

Seperti sistem tenaga surya pada umumnya, pemanas air tenaga surya mungkin ideal atau mungkin tidak ideal untuk situasi Anda. Tapi sistem ini memang menawarkan beberapa manfaat yang signifikan, yang bisa membuatnya sepadan dengan usaha Anda lakukan untuk membuatnya bekerja.



IndoEnergi Home