Sepeda Motor Listrik: Terra Motors A4000i dilengkapi Aplikasi iPhone

Sepeda motor listrik Terra Motors A4000i
Seiring dengan perkembangan fungsi smartphone dan popularitas skuter listrik, sangat natural bila pada akhirnya kita melihat kemunculan skuter listrik dengan fitur integrasi smartphone. Contoh terbaru adalah escooter cerdas dan MINI Scooter E, meskipun belum tersedia di pasaran hingga tahun depan, karena masih dirancang sebagai sebuah konsep. Namun, pendahulunya sudah datang, Terra Motors dari Jepang telah mengumumkan ketersediaan A4000i yang menggunakan aplikasi iPhone.

Skuter 2-penumpang ini memiliki layar LCD kecil di konsol depan, sedangkan sebagian besar ruang yang biasanya untuk menempatkan seperangkat instrumen menjadi dudukan bagi dock iPhone. Pengendara dapat menempatkan iPhone mereka (Model 3G atau lebih tinggi) dalam wadah itu, secara mendatar. Dengan menghubungkan ke layanan Terra berbasis cloud, sebuah aplikasi mampu memberikan informasi real-time seperti konsumsi daya dan baterai yang tersisa, juga statistik pasca-perjalanan seperti durasi, jarak, kecepatan rata-rata / maksimum, dan konsumsi daya.

Tersedia pula fitur berbasis lokasi, seperti sistem navigasi.

Skuter itu sendiri menggunakan motor-pada-roda di belakang, didukung oleh baterai 48-volt/40-Ah lithium  yang bisa dilepas. Menurut klaim pihak perusahaan, pengisian baterai dari 0 hingga 100 persen dapat dilakukan dalam 4,5 jam, dan akan menjamin skuter dapat dikendarai sejauh sekitar 65 km (40 mil), tergantung pada penggunaan dan kondisi. Pengendara dapat menempuh sekitar 50.000 km (31.069 mil), sebelum baterai perlu diganti. Menurut perusahaan, sebagian besar baterai e-skuter bertahan hanya sekitar seperlima dari jumlah tersebut.

Kecepatan maksimum A4000i adalah 65 km / jam (40 mph), dan beratnya 118 kg (260 lb).

Terra Motors berencana untuk meluncurkan skuter terutama di negara-negara Asia seperti Cina, di awal November 2013 ini. Harga diperkirakan di pasar Jepang sekitar ¥ 450.000, yakni sekitar US $ 4.500 (45 juta rupiah). Model sepeda motor listrik A4000 yang lebih murah (yang tidak memiliki integrasi smartphone) juga akan tersedia, meskipun harganya belum ditentukan.

Perusahaan berharap akan menjual 100.000 unit pada akhir 2015.


IndoEnergi Home