Tempat Memasang Pemanas Air Tenaga Surya

Suplier pemanas air tenaga surya Anda tentunya memiliki keahlian untuk memberikan rekomendari tempat dan sistem yang tepat bagi Anda. Namun, sebelum membuat keputusan akhir, mari melihat kembali pertimbangan dalam memilih tempat bagi sistem pemanas air tenaga surya Anda.

Idealnya, tempat pemasangan harus tetap tidak terbayangi setidaknya 80 persen dari jam 9:00-03:00. Untuk unit yang bersiufat musiman, periode pada musim panas sangat penting. Bayangan dapat berasal dari rumah Anda sendiri, dari pohon atau semak di sekitar rumah Anda, dan dari bangunan atau pohon-pohon tetangga.

Jika pemanas air tenaga surya akan digunakan selama bulan-bulan di musim dingin, perhitungkan bahwa bayangan akan lebih panjang selama musim dingin, karena posisi matahari akan semakin ke bawah.

Pada siang di bulan-bulan musim dingin (wilayah non tropis), pohon atau bangunan yang tingginya enam meter dapat menghasilkan bayangan sepuluh meter atau lebih, yang mungkin secara signifikan menaungi kolektor yang dipasang di tanah atau di dinding rumah Anda.

Penting untuk dicatat, bahwa di banyak tempat tidak ada hukum yang mencegah tetangga mendirikan bangunan atau menanam sesuatu yang bisa menaungi kolektor Anda.

Untuk mengurangi kehilangan panas, semua tempat pemasangan harus memungkinkan pipa kolektor terisolasi dapat melewati atap atau dinding, yang paling baik adalah titik yang berdekatan dengan kolektor. Pipa-pipa harus bisa melalui lemari, ruang di dinding atau lantai, juga ke ruang bawah tanah. Pipa yang dipasang di bagian luar rumah harus dilapisi dengan jaket untuk melindungi isolasi dari degradasi ultraviolet, yang menyebabkan meningkatnya kerugian akibat kehilangan panas, dan memastikan instalasi tidak mengurangi  estetika rumah. Beberapa sistem menggunkan  pipa yang menggabungkan pipa suplai air, pipa air panas dan kabel-kabel menjadi satu bundel, sehingga membuat instalasi jauh lebih mudah.

Akhirnya, periksa bahwa ada peraturan daerah di wilayah Anda yang mungkin membatasi penempatan kolektor surya Anda.

Di beberapa daerah mungkin juga diperlukan izin bangunan. Installer Anda harus dapat membantu Anda dengan isu-isu ini.


IndoEnergi Home