Tips Pemanas Kolam Renang

Menggunakan pemanas kolam renang berarti kolam renang akan dapat digunakan pada saat cuaca dingin/ iklim dingin. Menggunakan sistem pemanas listrik atau gas untuk melakukan hal ini cukup mahal - tetapi tentu saja ada alternatifnya. Energi matahari dapat ditangkap dengan berbagai cara dan dimanfaatkan untuk menghangatkan air di kolam renang Anda.

Tips Mengemat Energi Untuk Kolam Renang

Tutupi Kolam Renang
Penguapan adalah penyebab utama hilangnya panas dari kolam renang. Air yang menguap membawa panas, meninggalkan air dingin di kolam. Dengan menutupi kolam renang, Anda dapat menghindari kehilangan panas ini.

Beberapa penutup kolam renang merupakan isolator yang baik dan dapat mengurangi biaya pemanasan hingga 75%. Untuk penutup sederhana payback periode dapat dicapai dalam sekitar 2,5 tahun. Beberapa memiliki gelembung transparan dan bertindak seperti rumah kaca - mereka membiarkan panas matahari masuk untuk memanaskan air, tapi menghambatnya untuk keluar dengan mudah. Teknik ini dapat meningkatkan suhu air dengan beberapa derajat.

Menutupi kolam renang juga membantu untuk mencegah kotoran masuk ke kolam renang, pertumbuhan alga menjadi lambat dan menghindari bahan kimia yang digunakan di kolam renang rusak karena sinar matahari.

Mengisolasi Bagian Bawah Kolam Renang Anda
Jika bagian-bagian (lantai dan sisi kolam) yang mengelilingi kolam renang Anda lebih dingin dari suhu air, panas akan lepas. Anda dapat mencegah hal ini dengan mengisolasi bagian bawah dan sisi kolam renang di tempat-tempat yang memungkinkan.

Beberapa kontruksi kolam renang komersial, baik kecil maupun besar, sudah memasukkan komponen isolasi dalam proyeknya.

Catatan: jumlah panas yang hilang ke zat padat (lantai dan sisi kolam) biasanya jauh lebih sedikit dari jumlah yang hilang ke udara.

Tips Lain
  • Meskipun Anda memerlukan tempat-tempat yang teduh di dekat kolam renang untuk perlindungan UV, kolam renang tidak akan menyerap panas matahari jika mereka berada dalam naungan.
  • Ketika Anda membangun kolam beton, pertimbangkan untuk membuat strip selebar 20-50cm dicat hitam di sekitar sisi kolam renang tepat di bawah permukaan air untuk memberikan pemanasan pasif.

Menutupi Lingkungan Kolam Renang
Membangun rumah kaca atau penutup kaca di atas kolam renang akan menjaga kolam renang dari angin dan hujan, dan juga akan meningkatkan suhu udara di dalam. Udara yang panas akan menghangatkan air.
Bahkan ketika Anda sedang tidak menggunakan kolam renang, daerah di kolam renang akan menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai.

Pilih kaca atau plastik yang mengurangi paparan sinar ultraviolet – overexposure sinar ini dapat menyebabkan kanker kulit. Struktur ini juga akan mengurangi kerusakan akibat UV pada komponen-komponen plastik di lingkungan kolam renang.

Pemanas Kolam Renang Tenaga Surya

Ada berbagai sistem pemanas kolam renang tenaga surya yang tersedia.

Sistem ini perlu tambahan biaya untuk beroperasi - biaya utama adalah listrik untuk pompa. Selama masa pakai sistem, total biaya akan lebih murah dibandingkan sistem yang menggunakan gas atau listrik. Pemanas tenaga surya juga lebih baik bagi lingkungan dibandingkan pemanas gas atau listrik.

Namun, suhu air lebih sulit untuk dikontrol dengan sistem pemanas tenaga surya. Pemeliharaan rutin diperlukan untuk memastikan kerja pemanas yang efisien dan berkesinambungan.

Sistem Pipa Plastik Hitam
Pipa plastik hitam bisa memperoleh panas jika dibiarkan di bawah sinar matahari. Sistem pipa plastik hitam dapat dipasang di atap, pagar kolam, atau frame di mana mereka dapat menyerap sinar matahari. Air dipompa dari kolam melalui pipa, dipanaskan, dan kemudian ditransfer kembali ke dalam kolam.

Untuk menaikkan suhu kolam renang hingga 3-8° C, Anda memerlukan pipa plastik dengan luas area setidaknya setengah dari besar kolam itu sendiri.

Angin menyebabkan sistem ini kehilangan panas, sehingga menutupi pipa-pipa dengan kaca atau plastik, dan melakukan isolasi di bawahnya dapat meningkatkan efisiensi.

Ada beberapa sistem yang menggunakan prinsip ini. Sistem ini harus dirancang khusus untuk kolam renang Anda, karena setiap situasi berbeda.

Panel Surya
Panel surya mirip dengan yang digunakan pada pemanas air (minum) tenaga surya. Tapi Anda akan memerlukan panel yang lebih banyak dibandingkan yang Anda perlukan untuk sistem pemanas air tenaga surya. Luas panel bisa sangat besar, sehingga mencari tempat untuk menempatkan mereka bisa menjadi suatu tantangan. Atap rumah mungkin bisa menjadi pilihan terbaik.

Anda akan membutuhkan pompa untuk men-sirkulasi air. Konsultasikan pada suplier/installer mengenai sistem pemanas surya ini untuk memastikan Anda mendapatkan laju aliran air panas yang memadai untuk kolam renang Anda.

Jenis sistem ini lebih mahal dibandingkan sistem pipa plastik hitam, namun dapat memberikan lebih banyak panas. Selain itu, tidak akan terjadi banyak kehilangan panas akibat angin.

Panel surya mungkin lebih tepat untuk kolam renang sekolah, kolam renang umum atau komersial (hotel).

Instalasi dan implementasi
Sistem pemanas air kolam renang tenaga surya perlu dirancang oleh seseorang yang mengerti bagaimana cara kerjanya dan mengenali kebutuhan spesifik Anda.

Instalasi sistem di atap harus mengakomodasi kontraksi pipa di bawah sinar matahari. Jika pipa tidak dipasang dengan benar, hal ini dapat menyebabkan kebocoran di atap. Juga, sebuah sistem yang dipasang di atap harus mampu menahan angin kencang yang mungkin terjadi.

Pompa perlu dipasang oleh installer profesional.

Persyaratan Pendirian Bangunan
Sistem pemanas kolam renang tenaga surya biasanya membutuhkan persetujuan pendirian bangunan dari pemerintah daerah.



IndoEnergi Home