10 Cara Mempersiapkan Lahan Taman / Kebun Anda

Berikut adalah sepuluh hal yang dapat Anda lakukan sebelum menanam benih pertama kali ke dalam tanah untuk memastikan taman/kebun Anda tumbuh dengan subur dan aman.

1. Pembersihan Awal
Pangkas pohon dan semak-semak mati , bersihkan daun, cabang, dan rumput mati yang bisa menghadang pertumbuhan baru. Dan pastikan setiap sampah yang Anda kumpulkan dibuang langsung ke tumpukan kompos!

2. Daun
Taruh beberapa inci mulsa alami seperti jerami atau serpihan kayu di sekitar tanaman keras untuk mengurangi kehilangan air, meminimalkan fluktuasi suhu di dalam tanah, dan mencegah gulma.

3. Mengumpulkan Air
Hemat pemakaian air dengan menyediakan gentong hujan atau kumpulkan air bilas dari wastafel dan kamar mandi di rumah Anda. Dengan cara ini Anda akan memiliki banyak persediaan air ketika tanaman baru Anda perlu diairi dan Anda tidak akan harus menggunakan air (yang didapat dengan jalan energi-intensif) yang berasal dari keran Anda.

4. Manfaatkan Barang-barang Bekas Pakai
Kebun adalah tempat yang tepat untuk menggunakan kembali hal-hal yang mungkin Anda harus buang. Karton telur dan wadah makanan plastik bisa dipakai untuk menumbuhkan bibit, dan Anda dapat memanfaatkan koran untuk digunakan sebagai mulsa.

5. Kompos
Kompos merupakan pupuk terbaik, sehingga kompos harus disiapkan sebelum Anda mulai menggarap taman Anda. Campur kompos dengan tanah di kebun Anda sebelum Anda menanam sayur/bunga/pohon untuk memastikan tanaman Anda tumbuh kuat sepanjang musim.

6. Siapkan Pestisida Alami
Daripada menggunakan pestisida kimia beracun, coba semprotkan pestisida alami untuk menghalau serangga. Minyak esensial seperti peppermint, eucalyptus, dan cengkeh merupakan penghalau serangga yang baik.

7. Gunakan Pembersih Hijau
Gunakan desinfektan alami berbasis cuka untuk membersihkan gunting pemangkasan dan alat-alat lain untuk mencegah penyebaran infeksi.

8. Periksa Pengairan Anda
Selang tetes membuat tugas penyiraman menjadi mudah dan efisien dengan meneteskan air langsung ke tanah.

9. Mengenali Tanaman Lokal
Ketika Anda memilih benih dan biji, cobalah untuk berfokus pada spesies asli daerah Anda. Semak lokal, bunga, buah, dan sayuran akan menyesuaikan dengan kondisi taman/kebun Anda sehingga membuat mereka lebih mampu menangani kondisi kimia tanah, kadar air, dan serangan hama dan penyakit. Mereka juga cenderung tidak akan menjadi masalah bagi ekosistem lokal Anda jika mereka berkembang biak di luar halaman Anda.

10. Mengusir Burung
Anda dapat menggunakan orang-orangan sawah, jaring, atau kucing untuk menakut-nakuti burung agar menjauh dari benih yang baru ditanam. Anda bisa juga menggantung lonceng angin reflektif di sekitar kebun – menggunakan lampu berkedip dapat menakut-nakuti burung yang paling berani sekalipun.



IndoEnergi Home