5 Langkah Follow Up Wawancara Kerja

Menyelesaikan wawancara kerja dapat menjadi saat yang melelahkan. Mencari pekerjaan, mengisi formulir aplikasi, menulis resume dan surat pengantar membutuhkan usaha yang signifikan. Anda telah menginvestasikan energi yang signifikan untuk mendapatkan kesempatan wawancara kerja. Setelah wawancara selesai, Anda perlu tetap berusaha sedikit lebih lanjut. Ikuti tips berikut mengenai kegiatan efektif pasca-wawancara. Usaha ekstra yang akan sangat berharga.

Langkah 1 - Kirim Catatan Terima Kasih
Sebuah catatan terima kasih pasca wawancara dapat membuat kesan baik bagi pewawancara Anda. Tidak hanya membuat Anda mudah diingat, ini adalah kesempatan tambahan bagi Anda untuk menjual diri. Selalu kirim catatan pribadi untuk setiap orang yang mewawancarai Anda dalam waktu 24 jam setelah wawancara. Sertakan nama mereka, nyatakan kembali minat Anda pada posisi dan berterima kasih atas kesempatan untuk diwawancarai. Kirim surat pendek, misalnya:

"Yth Ibu Ani Yudhayana, Terima kasih untuk wawancara hari ini, yang merupakan kesempatan berbicara yang baik dengan Anda. Diskusi kita membuat Saya sangat tertarik pada posisi ini. Saya percaya saya bisa mencapai kinerja yang sangat baik di Perusahaan XYZ dan saya sungguh bersemangat untuk segera memulai. Saya berharap untuk mendengar jawaban dari Anda segera. Hormat saya, Budi Raharja "

Anda dapat mengirim catatan terima kasih dalam berbagai format. Anda bisa membeli kartu ucapan, surat resmi, atau bahkan email. Tulisan tangan rapi menambahkan sentuhan pribadi, tetapi jika tulisan tangan Anda berantakan, sebaiknya Anda mengetik catatan terima kasih Anda.

Tips: Dapatkan kartu nama pewawancara sebelum Anda meninggalkan wawancara. Follow up akan lebih mudah ketika Anda melengkapinya dengan nama orang (dan ejaan yang benar), alamat jalan, nomor telepon dan email.

Langkah 2 - Membuat Follow-Up Panggilan Telepon
Panggilan telepon follow up harus dilakukan dalam waktu kurang lebih lima hari setelah wawancara. Nyatakan bahwa Anda masih tertarik pada posisi tersebut dan tawarkan informasi lebih lanjut jika diperlukan.

Jika Anda terhubung ke pesan layanan, gunakan script telepon dasar ini:

"Halo Ibu Ani. Saya Budi Raharja. Saya masih sangat tertarik pada posisi Manajemen yang saya diwawancarai di hari Kamis lalu. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut, silakan beritahu saya. Saya akan menerimanya secara langsung. Saya bisa dihubungi setiap saat pada 0815 123 456 xxx. Saya berharap untuk mendengar jawaban dari Anda segera. Terima kasih sebelumnya. "

Tentu saja, jika Anda mendapat jawaban langsung, Anda dapat bercakap langsung secara alami.

Langkah 3 - Terus mencari
Bahkan jika Anda sangat yakin wawancara Anda sukses, teruslah melamar pekerjaan sampai Anda pasti mendapatkannya. Jika Anda berhasil, Anda mungkin memiliki kesempatan dua tawaran pekerjaan untuk dipilih! Ini tentunya lebih baik dibandingkan tidak ada tawaran pekerjaan sama sekali. Tetaplah membuka peluang Anda dan terus mengirimkan resume Anda ketika Anda melihat peluang baru.

Langkah 4 – Menilai Tawaran Pekerjaan
Jika Anda cukup beruntung untuk mendapatkan tawaran pekerjaan tersebut, Anda mungkin akan diberitahu melalui telepon. Di tengah kegembiraan Anda, ingatlah untuk memeriksa tawaran pekerjaan Anda. Sebelum Anda menerimanya, konfirmasikan tawaran tersebut meliputi gaji dan tunjangan yang disepakati. Setelah Anda menerima tawaran tersebut, Anda akan diberi instruksi lebih lanjut. Anda juga dapat menerima formulir SDM, seragam (jika diperlukan) dan, tentu saja, pemberitahuan tanggal masuk.

Langkah 5 - Menangani Penolakan
Jika Anda membuat follow up panggilan telepon hanya untuk mendapatkan kenyataan bahwa Anda tidak berhasil, jangan merasa berkecil hati. Sebaliknya, tulis pesan terima kasih akhir. Nyatakan bahwa Anda sangat berterima kasih atas kesempatan untuk diwawancarai. Sarankan perusahaan agar terus menyimpan file resume Anda dan meminta untuk dipertimbangkan untuk setiap posisi baru yang mungkin akan tersedia.

Perlu diketahui, banyak perusahaan tidak memberitahukan pelamar mengenai hasil akhir proses lamaran kerja. Jika Anda tidak mendengarnya dalam jangka waktu yang wajar, jangan menunggu. Investasikan energi Anda untuk mengejar kesempatan kerja baru.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak hal yang harus dilakukan setelah wawancara selesai. Saran yang paling penting adalah untuk terus mengambil tindakan. Jangan berpuas diri, dengan asumsi bahwa tawaran pekerjaan akan datang dengan mudah. Berburu pekerjaan adalah permainan kompetitif, sehingga teruslah bertindak secara aktif.


IndoEnergi Home