Cara Membuat Kompos

Membuat kompos adalah cara sederhana untuk mempercepat proses alami pembusukan sampah. Kompos atau tumpukan sampah yang dipelihara dengan benar dapat menciptakan keadaan yang sempurna - termasuk suhu, kadar air yang tepat, dan keseimbangan nutrisi - agar organisme seperti bakteri, jamur, dan cacing dapat memecah bahan organik menjadi CO2, air, dan biomassa. Inilah cara alam untuk mengubah buangan dari dapur dan sampah di halaman menjadi tanah yang kaya nutrisi.

Persiapannya mudah - yang Anda butuhkan adalah tumpukan sampah dan limbah organik. Anda dapat membuang hampir semua jenis sampah dari dapur atau halaman Anda, termasuk sisa makanan, makanan basi, bubuk kopi, produk kertas, potongan rumput, atau daun. Meskipun begitu ada beberapa jenis sampah yang harus ditambahkan dengan hati-hati. Ini termasuk lemak seperti minyak goreng dan produk hewani seperti daging dan kotoran hewan peliharaan. Bahan ini memang biodegradable, tetapi tumpukan kompos rumahan tidak akan memiliki cukup panas untuk mengurai mereka, yang dapat menyebabkan kompos berbau dan dapat menarik hama dan penyakit. Juga hindari pengomposan yang mungkin mengandung bahan kimia jahat, seperti kertas dengan tinta mengkilap atau abu briket batubara.

Pertimbangan lain adalah - keseimbangan nutrisi dalam kompos Anda. Organisme yang melakukan proses pengomposan memerlukan keseimbangan karbon, ditemukan dalam limbah coklat seperti kertas, serbuk gergaji, atau daun, dan nitrogen, yang ditemukan dalam limbah hijau seperti sisa makanan dan potongan rumput. Tumpukan kompos yang baik akan memiliki campuran bahkan coklat dan hijau. Setelah sampah telah dikumpulkan di tempat sampah, simpan tumpukan dalam keadaan basah, tapi tidak terlalu basah, dan aduk secara teratur. Dalam rentang waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan, semua remah roti, kantong teh dan bahan lain akan berubah menjadi pupuk kaya nutrisi untuk digunakan di halaman atau kebun Anda.

Anda juga dapat melakukan pengomposan bahkan jika Anda tidak memiliki halaman luar. Tersedia wadah kompos sampah indoor kecil dan nyaman dengan filter built-in untuk mencegah bau. Beberapa kota juga memiliki pengusaha kompos komersial atau industri yang menerima limbah rumah tangga. Jika Anda tidak dapat melakukan pengomposan di rumah Anda, kumpulkan sampah Anda di tempat sampah dapur, kemudian hubungi pengusaha kompos di kota Anda. Pengomposan komersial mampu mencapai suhu yang tidak dapat dicapai oleh proses pengomposan rumahan, jadi mereka juga cocok untuk item biodegradable yang lebih sulit untuk diproses, seperti bioplastik dan produk daging.

Sasaran yang bisa Anda capai:

  • Cobalah melakukan pengomposan di rumah Anda. Coba komposter luar ruangan, komposter dapur, atau komposter cacing.
  • Jika Anda tidak bisa melakukan proses pengomposan di rumah, kumpulkan sampah organik di dalam kantong biodegradable, kemudian antarkan ke pihak industri kompos lokal.
  • Carilah produk seperti kantong sampah dan peralatan makan sekali pakai biodegradable yang bisa diolah menjadi kompos.


IndoEnergi Home