Jenis Kompos yang Terbaik untuk Anda

Kompos cacing
Pengomposan adalah cara yang bagus untuk mengubah sampah rumah tangga menjadi pupuk kaya nutrisi, tetapi banyaknya pilihan proses pengomposan yang bisa diterapkan dapat mempersulit kita untuk menjatuhkan pilihan. Untuk membantu Anda memutuskan metode pengomposan yang tepat, kami memberikan panduan untuk berbagai jenis pengomposan yang paling umum, seperti berikut ini:

Tumpukan Kompos
Tumpukan kompos adalah cara paling sederhana untuk membuat kompos. Yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan daerah di halaman dan menumpuk sampah organik Anda. Anda harus memulai dengan lapisan ranting atau dahan untuk memungkinkan terjadinya aliran udara di sekitar tumpukan Anda, dan Anda mungkin perlu terpal untuk mempertahankan tingkat kelembaban yang tepat.

Tumpukan kompos sangat baik jika Anda memiliki banyak sampah halaman yang harus dibuang, terutama jika sampah tersebut tidak cocok dengan segala macam wadah kompos. Tumpukan kompos dapat mengganggu, ini jika Anda berencana untuk menyertakan sampah dapur, yang mungkin menarik perhatian binatang seperti tikus, anjing, dan kucing. Dan juga bila tumpukan cukup kecil, bisa menyulitkan untuk mempertahankan suhu tinggi yang diperlukan untuk dekomposisi sampah, sehingga Anda akan mendapatkan kompos yang memiliki bau yang kuat. Di beberapa wilayah Ada keharusan untuk menutup tumpukan kompos, periksa peraturan ini untuk daerah Anda.

Wadah Tunggal
Wadah tunggal adalah jenis kompartemen untuk halaman yang paling umum dan mudah digunakan. Pikirkanlah berapa banyak sampah organik rumah tangga yang Anda hasilkan sehingga Anda dapat menemukan wadah cukup besar, misalnya komposter 50 galon, dan pastikan yang Anda pilih memiliki tutup yang aman untuk menghindari gangguan binatang dan lubang ventilasi untuk membiarkan oksigen masuk .

Juga, cari wadah yang mempermudah Anda untuk dapat menambahkan sampah baru dan menganginkannya bila diperlukan. Carilah wadah plastik 100% daur ulang.
Perlu diingat, menambahkan materi baru secara teratur akan mendinginkan tumpukan dan memperlambat dekomposisi, yang berarti proses pengomposan dapat berlangsung 3-8 bulan untuk mendapatkan kompos yang sudah jadi. Unit kompos sampah wadah tunggal sangat sempurna untuk rumah tangga yang menghasilkan sampah organik dengan jumlah sedang dan tidak ingin mencurahkan terlalu banyak waktu untuk pemeliharaan.

Multi-kompartemen
Jika Anda akan menambahkan sampah pada kompos sampah Anda secara teratur tetapi tidak ingin memperlambat proses dekomposisi, kompos sampah multi-kompartemen merupakan apa yang Anda cari. Tempat sampah ini dirancang memiliki kompartemen terpisah untuk kompos dalam berbagai tahap pembusukan sehingga Anda mendapatkan kompos dalam ukuran perbagian kompartemen. Cara ini akan memungkinkan Anda untuk menguraikan kompos lebih cepat, dan pada saat Anda mengisi kompartemen terakhir, prose pengomposan di bagian yang pertama telah selesai. Jika Anda memiliki banyak limbah organik, Anda dapat juga membeli beberapa unit kompos sampah wadah tunggal, yang juga memungkinkan Anda untuk melakukan proses pengomposan bertahap.

Wadah yang Bisa Berputar
Seperti namanya, wadah ini dapat berputar untuk membantu mempercepat aerasi kompos dan dengan demikian mempercepat dekomposisi. Wadah ini dapat menghasilkan kompos jadi dalam sebulan atau lebih, tapi biasanya ukurannya lebih kecil daripada kompos sampah reguler dan perlu sering diputar agar bekerja dengan baik. Pilih wadah berputar jika Anda membutuhkan kompos dalam ukuran kecil dengan cepat.

Kompos Cacing (atau vermicomposting)
Menggunakan cacing adalah cara lain untuk mempercepat proses pengomposan. Kompos cacing memerlukan sampah khusus dengan ventilasi yang tepat untuk menjaga cacing sehat dan lincah. Pastikan untuk menggunakan cacing merah (Eisenia foetida atau Lumbricus rubellus) dan bukan cacing taman biasa, yang tidak akan bertahan pada suhu tinggi dalam kompos sampah. Setelah cacing siap, Anda dapat menambahkan sampah organik yang sama dengan yang Anda gunakan pada wadah lainnya, meskipun kadang-kadang cacing bekerja lebih baik pada bahan hijau seperti kulit sayuran dalam volume tinggi. Dan sebagai bonus, cacing akan melakukan proses aerasi untuk Anda, sehingga tidak perlu khawatir untuk membolak-balik kompos. Kompos cacing merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan kompos berkualitas tinggi dengan cepat.

Pengomposan Indoor
Jika Anda tidak memiliki akses ke ruang luar, masih ada pilihan yang tersedia untuk membuat kompos dengan mudah, seperti dengan menggunakan komposter indoor. Karena dekomposisi terjadi dengan cepat, kompos cacing juga dapat dilakukan di dalam ruangan. Ada juga tempat kompos sampah yang dirancang untuk digunakan dalam ruangan. Tempat sampah ini lebih kecil dan biasanya memiliki filter untuk mencegah bau.


IndoEnergi Home