Manfaat Memilih Tanaman Asli Lokal

Baik Anda merupakan newbie atau telah mahir dalam bercocok tanam sayuran atau bunga favorit, memilih tanaman untuk lanskap baru di kebun selalu menjadi hal yang menarik. Mungkin Anda sedang mencari tanaman yang cocok untuk tempat yang teduh atau mungkin Anda sedang mencari jenis tomat yang cocok bagi Anda, tapi ada faktor penting lain yang tidak banyak dipertimbangkan oleh kita ketika berbelanja bibit: dari mana bibit tersebut berasal? Globalisasi telah membawa tanaman dari seluruh bucu dunia ke halaman rumah kita, dan seringkali akan mendatangkan masalah.

Jadi lain kali jika Anda sedang mencari bibit, pikirkan mengenai tiga alasan untuk memilih tanaman asli lokal.

1. Mereka membutuhkan lebih sedikit perawatan
Tanaman tertentu lebih cocok untuk beberapa jenis lingkungan dibandingkan yang lainnya. Sangat masuk akal, karena setiap spesies tanaman telah berevolusi untuk cocok dengan sempurna ke lingkungan asli mereka. Kaktus akan menghemat air, legum dapat memanfaatkan tanah miskin-nitrogen, dan pohon buah (yang tidak cocok di cuaca dingin) dapat memanfaatkan sinar matahari tropis yang kuat untuk tumbuh secara energi-intensif dan menghasilkan buah yang lezat. Jadi jika Anda ingin membuat pekerjaan Anda lebih mudah, mengapa tidak memilih tanaman yang cocok secara alami untuk kebun Anda? Spesies asli akan berkembang dengan baik pada suhu setempat, kondisi tanah, dan ketersediaan air, yang berarti semua perdu Anda, bunga, sayuran, dan pohon akan membutuhkan lebih sedikit perawatan dari Anda.

2. Anda akan menghindari spesies invasif
Pengenalan spesies non-lokal telah mendatangkan malapetaka pada ekosistem di seluruh dunia dengan menggusur spesies asli – contoh adalah eceng gondok yang menyingkirkan spesies lokal di berbagai sungai/danau. Sayangnya, banyak spesies invasif ini pertama kali diperkenalkan sebagai tanaman hias untuk lanskap dan dari sana dapat merambah ke alam liar. Anda dapat berperan serta untuk memproteksi agar tanaman invasif tidak mengganggu daerah Anda dengan mencari tanaman asli untuk kebun Anda.

3. Anda akan membantu dalam melestarikan spesies lokal
Ancaman spesies invasif dikombinasikan dengan kerusakan habitat telah membuat masalah bagi keberadaan tanaman asli, tapi Anda dapat membantu menjaga keragaman spesies lokal dengan memilih spesies asli untuk kebun/halaman Anda. Karena, kebun telah lama menjadi salah satu cara yang paling penting untuk melestarikan spesies tumbuhan lokal yang mulai langka. Dengan kebun Anda, Anda dapat membantu sudut kecil dunia tetap hijau dan sehat .

Dimana menemukan tanaman asli: tempat terbaik untuk mencari tanaman asli adalah pada pembibitan lokal yang bisa menyarankan pada Anda mengenai tanaman terbaik untuk daerah Anda. Banyak negara yang juga telah memiliki website mengenai tanaman asli dan panduan berkebun yang akan membantu Anda dalam mencari bibit lokal untuk lanskap kebun/taman dengan sempurna.



IndoEnergi Home