Meeting Sebelum Kerja

Meeting sebelum kerja merupakan alat industri yang penting untuk membantu pekerja terfokus dan memberikan kesempatan pada mereka untuk mencari tahu situasi di sekitar lokasi. Kegiatan ini sangat berguna untuk melacak hal-hal yang dapat berubah dengan cepat di tempat kerja, terutama selama fase konstruksi tetapi juga selama operasi yang sedang berlangsung. Hal ini memungkinkan pekerja dan supervisor untuk:
  • Mengidentifikasi bentrok jadwal kerja atau pelatihan.
  • Memantau dan mengkomunikasikan potensi bahaya dan masalah keamanan.
  • Melacak kemajuan produksi atau konstruksi.
  • Mencari informasi tentang apa yang akan di lakukan
Apa sebenarnya meeting sebelum kerja itu?
Hampir semua jenis pekerjaan tambang meminta Anda untuk mengambil bagian dalam meeting di awal setiap shift. Biasanya meeting akan dilakukan di tempat yang telah disepakati di lokasi kerja. Ini bisa berarti di ruang tertentu atau di samping tempat penyimpanan perangkat Anda. Kegiatan ini juga bisa dilakukan di area kerja atau di samping mesin. Dan mungkin akan berubah dari waktu ke waktu karena pekerjaan terus berkembang, terutama selama periode konstruksi. Pertemuan mencakup semua awak pekerja Anda, mulai dari ukuran staf 2-3 orang  hingga sebanyak 25-30 orang. Pertemuan akan dipimpin oleh pemimpin yang kompeten atau supervisor.

Pentingnya Meeting Sebelum Kerja
Perusahaan pertambangan berusaha keras untuk memastikan pekerja mereka tetap up to date dengan informasi terbaru dan paling relevan mengenai pelatihan, keselamatan, dan produktivitas. Meeting di awal kerja memainkan peran penting dalam hal ini. Ini berfungsi tidak hanya sebagai forum untuk perencanaan kegiatan di lokasi sehari-hari, tetapi juga sebagai layanan penyediaan informasi industri dan lokasi kepada para pekerja.

  • Masalah Keamanan Lokasi
Kesehatan dan keselamatan merupakan fokus utama di semua sektor industri pertambangan. Tidak mengherankan banyak diskusi dalam meeting sebelum kerja berfokus pada isu-isu keselamatan. Hal ini umumnya termasuk membaca semua laporan di tempat kejadian (kecil atau besar) pada hari sebelumnya. Meeting ini juga akan mencakup fokus keselamatan harian yang menyoroti jenis bahaya tertentu di lokasi dan menangani risiko yang terkait dan teknik kontrol.
  • Insiden Keamanan Serius di Industri
Selain menangani isu-isu keselamatan di lokasi yang spesifik, meeting sebelum kerja sering mencakup diskusi tentang insiden serius yang terjadi di situs lain di dalam negeri atau di seluruh dunia. Biasanya yang menjadi isu utama adalah insiden besar yang melibatkan potensi cedera serius atau kematian. Penting untuk membahas masalah tersebut secara teratur karena hal ini dapat membantu untuk mencegah terulangnya kejadian serupa.
  • Isolasi Lokasi
Isolasi merupakan bagian penting dari sistem keamanan lokasi, tetapi juga salah satu penyebab utama bentrokan jadwal kerja. Untuk alasan ini, sangat penting agar pekerja diberi informasi yang akurat dan up-to-date tentang masalah aksesibilitas lokasi setiap hari. Pekerja dapat memberitahukan supervisor dan manajer proyek setiap terjadi potensi bentrokanan jadwal, yang kemudian dapat diselesaikan melalui prioritas dan negosiasi.
  • Pelatihan
Pelatihan adalah proses yang berkelanjutan dalam industri pertambangan, khususnya selama tahap konstruksi karena bahaya baru akan selalu muncul. Sesuatu yang sederhana seperti pengenalan kimia baru  bisa memerlukan pelatihan keselamatan yang baru. Meeting sebelum kerja digunakan sebagai alat untuk mengingatkan pekerja mengenai persyaratan pelatihan baru dan melacak yang telah dan belum selesai.
  • Skrining Obat dan Alkohol
Meskipun rutinitas skrining obat dan alkohol berbeda pada setiap lokasi, meeting sebelum kerja sering kali merupakan salah satu waktu dilakukannya pengujian acak obat dan alkohol secara rutin. Hal itu karena meeting sebelum kerja adalah satu-satunya saat seluruh tenaga kerja dikumpulkan dalam kelompok yang mudah dikelola. Berhati-hatilah, pengujian obat dan alkohol secara acak juga dapat dilakukan setiap saat, dan pasti akan dilakukan sebagai bagian dari tes medis.
  • Informasi Produksi & Progres
Statistik produksi dan laporan kemajuan sering kali merupakan fitur penting dari meeting sebelum kerja. Terutama selama tahap konstruksi, informasi ini dapat memberikan panduan mengenai jumlah waktu sampai pekerjaan selesai.

Meeting sebelum kerja tidak hanya penting untuk informasi resmi dan teknis, tapi juga merupakan waktu bagi pekerja untuk membuat kontak dan mendiskusikan masalah pribadi dan industri yang penting.

Meeting sebelum kerja - Kontribusi Anda
Melakukan meeing sebelum kerja setiap pagi mungkin terdengar membosankan dan berulang-ulang, tapi hal ini juga merupakan kesempatan penting bagi Anda untuk menyampaikan informasi, pendapat dan pengamatan ke atasan dan rekan-rekan Anda. Jadi apa hal-hal yang mungkin Anda ingin utarakan? Berikut ini adalah beberapa contoh:
  • Bahaya yang Anda sadari.
  • Masalah dan pertanyaan mengenai produktivitas.
  • Menanyakan cuti Anda.
  • Mengubah shift atau kru.
  • Masa depan Karyawan.
  • Lelucon dan diskusi umum.

Penting untuk diingatkan bahwa meeting sebelum kerja adalah waktu untuk menerima informasi dan diberitahu apa yang harus dilakukan, tetapi juga waktu untuk mengangkat isu-isu dan masalah dari dada Anda.
Tujuan meeting ini adalah untuk mendapatkan awal kerja yang baik, sehingga bercanda dan diskusi santai dapat dilakukan, dengan tidak mengalihkan perhatian dari isu-isu penting.



IndoEnergi Home