Penyaringan Air: Cara Mendapatkan Air Bersih dengan Benar

Filter air reverse osmosis
Banyak bahaya tersembunyi pada sistem air keran. Meskipun tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya, air keran/ ledeng merupakan subjek yang harus kita pertimbangkan. Salah satu solusi termudah untuk keselamatan air keran adalah dengan menyaring air. Selain itu, meminum air keran yang disaring dapat mengurangi sejumlah besar limbah yang tidak perlu, sebagaimana yang kita ketahui - botol air mineral terus menyesaki planet kita.

Keselamatan
Mengacu ke USA, perlindugan terhadap air publik di negara Paman Sam ini mencakup:
  • Pemberitahuan kepada publik mengenai risiko darurat kontaminan kesehatan langsung.
  • Laporan keyakinan konsumen tahunan terhadap kontaminan.
  • Kemitraan negara-daerah dalam hal penegakan peraturan.
  • Disinfeksi pasokan air permukaan.
  • Perlindungan air bawah tanah.
  • Dana upgrade sistem air.
  • Penilaian kerentanan lanjutan.

Kontaminan Air
Banyak kontaminan yang dapat menembus sistem penyaringan, namun sebagian besar tidak dianggap hal yang mengancam kehidupan dengan segera. Akumulasi seumur hidup kontaminan ini merupakan cerita lain. Ada dua jenis kontaminan, alamiah dan sebab manusia.

Alamiah –termasuk diantaranya adalah mikroorganisme dari tanah dan satwa liar, nitrit dan nitrat yang berasal dari tanah, dan kadmium, arsenik, krom, timah, dan selenium, logam berat yang larut dari batuan bawah tanah.
Sebab Manusia - Pupuk dan pestisida, limbah industri, logam berat dari pertambangan dan konstruksi, kotoran manusia dan hewan dari septic tank dan pertanian, limbah rumah tangga termasuk diantaranya tembaga, timah, oli motor, cat, produk pembersih dan bahkan residu dari obat resep.

Banyak kontaminan ini yang disaring atau diolah di perusahaan air minum sebelum mereka dialirkan ke gelas Anda. Namun, jumlah jejak dan polutan ini masih dapat ditemukan. Menurut teori, dan dalam beberapa kasus yang telah didokumentasi, akumulasi minum air keran dapat menyebabkan masalah pada pencernaan dan juga tantangan yang lebih serius seperti gangguan perilaku.

Menggunakan Penyaring Air
Minum air keran masih menyenangkan dan jauh lebih murah daripada air kemasan sekali pakai, bilamana sudah di saring dengan baik. Ada berbagai macam pilihan penyaring air di berbagai tingkatan harga yang berbeda. Yang paling mahal adalah penyaring air portabel, seperti botol air dengan filter mini di tutupnya atau unit kontainer di kulkas. Anda bisa pula memilih unit plastik atau stainlessteel di bawah meja, hidroponic de-chlorinator atau unit reverse osmosis.

Apapun yang Anda pilih akan jauh lebih baik daripada langsung mengambil dari air keran atau memilih minuman galon bermerek yang boros uang.

Filter air merupakan sumber daya yang berharga, jadi gunakan sebaik mungkin.


IndoEnergi Home