Riset Sebelum Wawancara Kerja

Mungkin hal terburuk yang dapat Anda lakukan dalam Wawancara adalah mengajukan pertanyaan pada hal-hal yang Anda harusnya sudah tahu apa jawabannya. Jika perusahaan sudah menayangkan daftar berbagai produk mereka secara online, Anda hanya akan mempermalukan diri sendiri dengan bertanya "Apa saja produk yang Anda jual?" Cheklist penelitian pra-wawancara berikut ini akan mencegah rasa malu tersebut dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.
Tujuan Anda adalah untuk menunjukkan latar belakang pengetahuan yang baik, sehingga pewawancara melihat Anda peduli tentang perusahaan yang Anda lamar dan terkesan karena Anda telah mengambil inisiatif untuk mempersiapkan diri secara baik.

Checklist Penelitian Esensial

Minimal, Anda harus meninjau informasi publik yang tersedia tentang Perusahaan. Untuk memberi manfaat ekstra pada saat wawancara, perluas upaya Anda dengan mencari tahu mengenai orang-orang penting dan juga industri yang terkait. Gunakan daftar berikut untuk membimbing Anda.

Perusahaan
Kebanyakan informasi yang Anda butuhkan akan tersedia pada website perusahaan, tapi jangan berhenti hingga di situ. Pastikan Anda googling nama perusahaan untuk mendapatkan setiap artikel yang berkaitan dengan perusahaan tersebut dan Anda harus tahu tentangnya.
• Produk dan Layanan. Apakah produk dan layanan utama perusahaan tersebut? Apa yang mereka tuju? Permasalahan apa yang sedang mereka pecahkan?
• Misi Perusahaan. Pernahkah Anda membaca dan memahami misi perusahaan tersebut? Bagaimana nilai-nilai Anda sendiri bila disejajarkan dengan nilai-nilai perusahaan?
Pelanggan Utama. Siapa pelanggan utama perusahaan tersebut? Apakah kontrak telah diamankan dengan pelanggan utama?
Pesaing Utama. Perusahaan mana yang menjadi pesaing langsung dan apa ancaman yang mereka hadapi?
Sejarah terkini. Perubahan apa yang telah perusahaan tersebut alami dalam 12 bulan terakhir? Apakah produk baru akan dirilis? Apakah ada perubahan signifikan dalam manajemen atau struktur perusahaan?
Tantangan. Apakah tantangan yang dihadapi bisnis saat ini?
• Prospek. Dapatkah Anda menemukan informasi tentang prospek jangka pendek dan jangka panjang perusahaan tersebut? Apa rencana mereka untuk 12 bulan ke depan?
• Informasi Keuangan. Dapatkah Anda menemukan laporan tahunan perusahaan tersebut? (Catatan: Jika peran Anda adalah bagian keuangan atau manajerial, Anda harus membaca laporan kuartalan terbaru.)
• Informasi Terkini. Pernahkah Anda membaca semua siaran pers atau artikel berita yang berkaitan dengan Perusahaan? Pastikan Anda tahu sebanyak mungkin informasi terkini tentang perusahaan tersebut.

Orang Penting
Langkah berikutnya adalah melakukan penelitian mengenai orang-orang penting melalui Google, Facebook dan Linked In. Lakukan penelitian orang penting di perusahaan dan kumpulkan informasi latar belakang mereka sebelum wawancara. Secara khusus, selidiki pewawancara Anda dan karyawan manajerial perusahaan.
• Pewawancara Anda. Tanyakan terlebih dahulu siapa yang akan mewawancarai Anda. Jika mungkin, pelajari nama-nama pewawancara Anda dan apa peran mereka. Ini bertujuan untuk memahami bagaimana peran Anda berkaitan dengan mereka. Apakah mereka akan menjadi bos atau rekan kerja? Apakah Anda akan memberi laporan kepada mereka?
• Orang lain di Dalam Ruangan. Jika orang lain akan hadir di ruang wawancara, cari tahu pula nama dan peran mereka. Meskipun mereka mungkin tidak menjadi orang yang mengajukan pertanyaan, mereka mungkin memiliki suara yang signifikan dalam keputusan "ya atau tidak" untuk mempekerjakan Anda.
• Manajemen Perusahaan. Selalu lakukan penelitian mengenai personel manajemen Perusahaan. Jika pewawancara menyebutkan nama CEO Perusahaan, Anda pasti tidak ingin bertanya "siapa dia?" Gunakan situs web perusahaan untuk melakukan penelitian tentang siapa yang mendirikan Perusahaan, yang merupakan CEO saat ini dan siapa yang kemungkinan besar akan menjadi bos Anda dalam posisi pekerjaan Anda.

Industri
Penting bagi Anda untuk setidaknya memiliki pemahaman yang luas mengenai industri yang dijalankan perusahaan tersebut. Baca artikel berita terkini dan telusuri situs-situs pemain kunci di industri tersebut. Inilah yang harus dicari:
Peristiwa dan Berita Terkini. Apa peristiwa penting yang mempengaruhi industri Anda sekarang? Bagaimana peristiwa ini secara langsung mempengaruhi perusahaan tersebut? Apa pendapat Anda tentang berita tersebut?
Sejarah. Sangat baik bila Anda memiliki gambaran mengenai sejarah industri Anda. Kapan industri ini lahir? Apa katalis untuk perubahannya? Kapan periode booming-nya? Apakah industri ini sedang dalam masa pertumbuhan atau penurunan?
Teknologi Saat Ini. Teknologi apa yang digunakan oleh perusahaan dari waktu ke waktu? Setidaknya Anda memiliki pemahaman dasar mengenai teknologi yang Anda mungkin tidak akrab dengannya.
• Jargon Industri. Pastikan Anda mengetahui jargon industri, termasuk nama produk, perangkat lunak, peralatan, teknologi dan prosedur. Jika Anda menemukan sebuah kata pada website perusahaan Anda yang tidak akrab, pastikan untuk mencari dan menghafal maknanya.

Alat Penelitian Efektif

 Internet membuat penelitian pra-wawancara yang mudah. Sebuah pencarian di Google dapat dengan cepat menayangkan berita, profil media sosial, artikel, forum diskusi industri dan banyak lagi. Tentu saja, tidak ada tempat yang lebih baik untuk memulai selain situs perusahaan terebut. Pastikan Anda membaca setiap halaman situs website, luangkan waktu untuk memahami setiap informasi yang mereka putuskan untuk dibagikan ke publik.
Untuk melengkapi riset online Anda, di sinilah Anda harus mencari:
• Jaringan Profesional Anda. Pernahkah Anda bekerja dengan seseorang yang tahu mengenai orang-orang di perusahaan tersebut? Apakah Anda tahu seseorang yang telah bekerja dalam posisi yang sama, atau industri sejenis? Konsultasi dengan orang yang berpengalaman dapat memberikan jawaban denagn cepat dan mantan rekan biasanya lebih dari senang bila diajak chatting.
PJTKI Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan informasi tentang pewawancara Anda pada website Perusahaan, coba minta bantuan PJTKI Anda. Personil Badan Ketenagakerjaan sering bekerja dengan pihak industri selama bertahun-tahun dan mungkin dapat menjawab pertanyaan Anda tentang orang-orang, termasuk nama dan peran pewawancara dan manajemen personil.
Departemen SDM Perusahaan. Jangan takut untuk menghubungi departemen HR dari perusahaan yang mungkin akan mempekerjakan Anda. Sangat wajar bila Anda bertanya tentang orang-orang dalam organisasi, terutama berkenaan dengan posisi yang diiklankan. Anda mungkin ingin bertanya siapa yang akan menjadi bos Anda, atau berapa banyak orang yang akan berada di tim Anda.
Selain internet dan telepon, penelitian tradisional masih merupakan cara terbaik mendapatkan informasi untuk wawancara Anda. Gunakan perpustakaan umum, publikasi industri, jurnal, majalah dan surat kabar untuk menggali info.

Teliti Diri Anda Sendiri!

Dalam dunia berbasis Internet saat ini, sagat penting untuk meng-googling diri Anda sendiri sebagai bagian dari penelitian pra-wawancara Anda. Anda harus selalu beranggapan bahwa pihak perusahaan akan meneliti nama Anda secara online. Anda harus meninggalkan jejak digital online yang positif. Pertama, double-cek, sehingga tidak ada kesan negatif yang dapat ditemukan. Kedua, ciptakan citra profesional yang solid menggunakan platform pilihan Anda di media sosial.

Ringkasan

Ikuti checklist di atas untuk menyelamatkan diri dari kemungkinan terperangkap saat wawancara, sekaligus memberdayakan diri sehingga wawancara dapat berhasil. Penelitian pra-wawancara dengan cermat dan seksama akan membantu Anda mengurangi gugup dan membuat lebih percaya diri. Jangan membuang kesempatan. Berjalanlah ke ruang wawancara dengan dilengkapi latar belakang pengetahuan. Anda akan menegakkan kepala dan bahu di atas kandidat lainnya yang kurang siap.


IndoEnergi Home